Mother&Baby Indonesia
Lakukan 7 Cara Ini untuk Tunjukkan Rasa Cinta pada Anak

Lakukan 7 Cara Ini untuk Tunjukkan Rasa Cinta pada Anak

Banyak aspek yang akan membentuk kepribadian Si Kecil. Salah satunya adalah perhatian serta rasa cinta dari orang tua kepada dirinya. Namun menunjukkan rasa cinta kepada anak tidak melulu dilakukan dengan cara membelikan berbagai mainan atau mengajaknya berlibur ke luar negeri.

Ada banyak cara bagi Moms untuk bisa memperlihatkan kepada Si Kecil betapa Anda mencintai dan menyayanginya, seperti berikut ini:

1. Meluangkan Waktu untuk Saling Bertukar Cerita

Anda mungkin sering berada di rumah bersama Si Kecil. Tapi apakah kebersamaan tersebut memang berkualitas atau sekadar mengutamakan kuantitas saja? Jangan hanya bertemu dengan Si Kecil, tapi berkomunikasi jugalah dengannya.



Luangkan waktu khusus untuk saling bertukar cerita. Biarkan Si Kecil curhat dan jangan menghakimi saat ia bercerita. Sesi bercerita ini tidak hanya membuat Anda lebih mengenal dunia anak, tapi juga membuat anak mau menaruh kepercayaan penuh terhadap Anda. Ia akan menganggap orang tuanya adalah tempat paling pas untuk meminta pendapat atau sekadar berkeluh kesah.

2. Menemani saat Melakukan Kegiatan yang Disukai Anak

Si Kecil suka membaca? Atau dia suka menggambar? Moms dan Dads, yuk duduk bersama sambil menemani buah hati membaca, menggambar, bermain, atau melakukan kegiatan lain yang ia sukai. Tunjukkan kepada Si Kecil bahwa Anda tertarik dengan apa yang dilakukannya, misalnya dengan bertanya “Kamu sedang menggambar apa?” atau “Kenapa kamu melukis pemandangan?”. Tetap jalin komunikasi selama menemani Si Kecil melakukan hobinya tersebut.

3. Membuat Makanan Kesukaan

Tidak perlu mengajaknya ke restoran, Anda juga bisa lho, membuat sendiri makanan favorit Si Kecil. Hal ini menunjukkan bahwa Anda juga mau berusaha untuk menyediakan makanan yang memang disukai buah hati Anda. Kalau perlu, ajak Si Kecil berbelanja bahan makanan dan mengolahnya bersama-sama.



4. Melibatkannya dalam Musyawarah

Anak juga ingin dianggap penting lho, Moms. Dengan kata lain, anak ingin agar pendapatnya juga diperhitungkan. Jadi, jangan ragu untuk melibatkannya dalam musyawarah saat mengambil keputusan sederhana, misalnya ke mana tujuan wisata Anda selanjutnya atau sekadar mau makan apa malam ini.

5. Memaafkan Kesalahan Si Kecil

Seperti Anda, Si Kecil juga bisa melakukan kesalahan. Saat itu terjadi, Anda perlu berbesar hati untuk memaafkannya, apalagi jika kesalahan tersebut dilakukan tanpa disengaja. Namun memaafkan bukan berarti Anda bersikap cuek setiap kali anak melakukan kesalahan. Memberikan nasihat atau mungkin menerapkan konsekuensi atas kesalahan tersebut tetap diperlukan agar anak bisa belajar dari pengalamannya itu.

6. Mengenal Rutinitas Anak

Tidak sedikit orang tua yang tidak mengetahui rutinitas Si Kecil. Padahal mengetahui seluk beluk kehidupan anak adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Anda memberikan perhatian kepadanya. Mengetahui apa saja kegiatan sehari-hari Si Kecil atau mengenal siapa saja teman dekatnya merupakan tanda bahwa Anda mencintai dan peduli terhadap kehidupannya.

7. Sering Memeluk

Ya, sentuhan menjadi cara paling jitu untuk menunjukkan rasa cinta kepada anak. Anda bisa memeluknya, mencium, atau sekadar menggenggam tangan Si Kecil karena kebiasaan ini merupakan salah satu cara untuk menghangatkan dan mempererat hubungan kekeluargaan. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   rasa cinta