Mother&Baby Indonesia
10 Tips agar Anak Mau Pakai Baju Tanpa Drama

10 Tips agar Anak Mau Pakai Baju Tanpa Drama

Tak sedikit orang tua yang merasa kesusahan saat memakaikan baju pada balita. Ya, memakaikan Si Kecil baju bisa menjadi hal yang cukup menantang bagi kebanyakan Moms, apalagi ketika Si Kecil sudah bisa menolak untuk dipakaikan baju atau justru malah bersikeras memilih sendiri pakaian yang mau ia kenakan.

Nah, untuk memudahkan Moms saat memakaikan baju pada Si Kecil, coba ikuti beberapa tips berikut ini yang membuat Si Kecil ingin mengenakan bajunya tanpa drama!

1. Biarkan Ia Memilih Bajunya Sendiri

Di usia balita, terkadang Si Kecil sudah bisa menentukan pilihannya sendiri. Dengan punya pilihan sendiri, ia seakan merasa punya kekuatan atau otoritas dalam suatu hal. Karena itu, tak ada salahnya membiarkan Si Kecil memilih baju yang ingin ia kenakan.



Akan tetapi, untuk mengantisipasi Si Kecil salah memilih outfit-nya, misalnya tidak sesuai dengan waktu, tempat atau acara yang ingin dikunjungi, Moms bisa membatasi pilihan baju yang akan ia kenakan. Tentunya pilihan yang Moms berikan juga sudah ia setujui sebelumnya. Jadi, apa pun yang nanti Si Kecil pilih, ia akan tetap senang mengenakan baju yang dipakai.

2. Lomba Pakai Baju

Balita sangat suka berkompetisi. Anda bisa membuat sesi memakai baju menjadi perlombaan yang seru bagi Si Kecil. Anda bisa menantang seberapa cepat ia bisa mengenakan bajunya. Atau saat Si Kecil berhasil melakukan tantangan memakai celana sendiri, Anda bisa membiarkannya memilih kaus kaki yang ia ingin kenakan nanti.

3. Nyanyikan Lagu

Anak-anak sangat menyukai lagu. Lewat lagu, Si Kecil akan mempelajari pelajaran baru dan mengingat hal yang penting. Jadi tak ada salahnya jika Moms membuat lagu pendek untuk dinyanyikan ketika sesi memakai baju tiba.

4. Berikan hadiah

Tak perlu memberikan hadiah yang mahal atau mewah saat Si Kecil mau mengenakan pakaiannya tanpa drama, Moms bisa memberikan bonus waktu lebih banyak untuk ia bermain atau memberikan camilan favoritnya.

5. Ajak Si Kecil Belanja Baju

Sesi memakai baju akan terasa makin menyenangkan saat Si Kecil dibebaskan memilih baju yang ingin ia pakai. Nah, mengajaknya berbelanja dua atau tiga pakaian bisa membuat Si Kecil dengan senang hati mengenakan pakaian yang telah ia pilih, sekaligus meringankan stres Anda ketika sesi memakaikan baju Si Kecil tiba di pagi hari.



6. Alihkan Perhatian Mereka

Cara yang mudah, Moms bisa memanfaatkan gadget dan memutarkan konten video anak-anak untuk membantu Anda saat memakaikan baju Si Kecil.

7. Memakai Baju Bersama-sama

Moms, Anda adalah sosok panutan bagi Si Kecil. Maka berikan contoh cara berpakaian setiap hari dan jadikan sesi berpakaian ini menjadi aktivitas bersama.

8. Buat Sesi Berpakaian Menjadi Pertunjukan yang Menyenangkan

Biarkan Si Kecil bebas mengekspresikan dirinya saat memakai baju dengan membuat sedikit pertunjukan kecil selama sesi berpakaian. Moms bisa bermain-main dengan warna dan meminta ia memilihkan warna pakaian favoritnya. Atau Anda juga bisa mengadakan pesta dansa bersama Si Kecil sambil berpakaian.

9. Pastikan Pakaiannya Masih Muat

Saat mengenakan pakaian yang tidak nyaman, tentu Moms sebagai orang dewasa mudah untuk melepaskannya dan memilih mengenakan pakaian yang lain. Tapi lain halnya dengan Si Kecil. Apalagi jika ia belum lancar bicara. Maka pastikan apakah pakaian Si Kecil masih muat di tubuhnya sebelum sesi mengenakan pakaian menjadi kacau karena Si Kecil terlanjur ingin mengenakan baju yang telah sempit tersebut.

10. Pilih Ruang Khusus untuk Memakaikan Si Kecil Baju

Hal ini bertujuan agar Si Kecil tidak mudah kabur saat dipakaikan baju, Moms. Anda bisa memakaikan bajunya di kamarnya, di toilet, atau sambil mendudukkannya di kursi maupun tempat tidur. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak pakai baju sendiri