Mother&Baby Indonesia
5 Cara Mudah Kenalkan Nama-nama Hewan pada Anak

5 Cara Mudah Kenalkan Nama-nama Hewan pada Anak

Rasa ingin tahu yang dimiliki anak membawanya selalu penasaran pada banyak hal. Salah satunya adalah hewan yang sering Si Kecil lihat secara langsung, seperti kucing, anjing, burung, ayam, dan serangga, atau hewan lain yang ia lihat di tv maupun saat diajak ke kebun binatang, seperti gajah, monyet, harimau, hingga penguin.

Banyaknya jenis dan nama hewan mungkin saja membuat anak kesulitan dalam mengenal semuanya. Nah, menyambut Hari Satwa Nasional yang jatuh pada 5 November ini, M&B memberikan cara mudah yang bisa Moms terapkan untuk mengenalkan berbagai hewan kepada Si Kecil sebagai berikut:

1. Membaca Buku tentang Hewan

Di usia batita, anak sudah bisa mendengarkan cerita serta mengenal banyak bentuk. Memberikannya buku mengenai hewan pun bisa menjadi tahap awal mengajarkan Si Kecil tentang berbagai nama hewan hingga fakta unik dari hewan tersebut. Untuk mempermudah Moms, pilih buku dengan jenis pop-up bentuk hewan serta memanfaatkan alfabet untuk menyebutkan namanya.



2. Menonton Video

Agar Si Kecil dapat melihat bentuk hewan dengan lebih jelas, Moms bisa mengajaknya untuk menonton video mengenai hewan melalui gadget atau channel tertentu di televisi. Namun, pastikan untuk membatasi screen time saat mengajak anak menonton video tersebut ya, Moms.

3. Memberikan Boneka

Selain menonton video, Anda juga bisa memberikan boneka berbentuk hewan tertentu pada Si Kecil. Tak hanya mengenal bentuk dan nama, tetapi Moms bisa mencontohkan suara dari hewan tersebut. Jelaskan juga padanya bahwa anjing yang menggonggong atau ikan paus dengan suara melengkingnya merupakan caranya untuk berkomunikasi dengan hewan sejenisnya.



4. Mengunjungi Kebun Binatang

Di fase new normal, beberapa kebun binatang sudah bisa dikunjungi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Meski hanya melihat dari dalam mobil, Si Kecil tentu sudah bisa bertemu langsung dengan hewan-hewan tersebut. Pengalaman visual sekaligus penjelasan dari orang tua pada anak secara langsung ini akan membuat anak lebih cepat mengerti dengan tampilan fisik serta perilaku hewan tersebut.

5. Memelihara Hewan

Moms dan Dads juga bisa memilih untuk memiliki hewan peliharaan di rumah. Hal ini tentu menjadi sarana yang pas untuk mengenalkan sekaligus membuat Si Kecil belajar empati pada hewan tersebut. Namun, pastikan Anda tetap menjaga kesehatan hewan tersebut dan tahu dengan jelas cara merawatnya agar tidak membahayakan anak.

Dari cara-cara tersebut, Anda tentu perlu menyesuaikan kembali dengan gaya belajar Si Kecil. Memahami anak lebih jauh juga akan semakin memudahkan Anda dalam mengajarkan Si Kecil pada banyak hal, termasuk pengetahuan tentang hewan-hewan. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   nama hewan