Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 7 Manfaat Baik Alpukat untuk MPASI Bayi Anda

Moms, Ini 7 Manfaat Baik Alpukat untuk MPASI Bayi Anda

Saat memasuki masa MPASI, Moms disarankan untuk memperkenalkan berbagai jenis buah dan sayuran pada Si Kecil. Nah, salah satu jenis buah yang baik untuk bayi Anda adalah alpukat. Buah yang satu ini tidak hanya lezat karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut, tetapi juga merupakan buah yang padat nutrisi.

Kandungan Nutrisi Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin seperti B, K, C, E, dan mikronutrien seperti kalium, fosfor, dan selenium. Kandungan lemak yang ada dalam alpukat antara lain adalah asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, dan lemak jenuh. Namun, meski alpukat mengandung lemak jenuh, buah ini tidak mengandung kolesterol dan rendah natrium.



Manfaat Alpukat untuk Bayi

Selain kaya akan nutrisi, alpukat juga memiliki sederet khasiat kesehatan untuk bayi Anda. Beberapa manfaat tersebut di antaranya:

1. Mendukung pertumbuhan fisik dan mental bayi

Alpukat mengandung banyak lemak yang dapat membantu pertumbuhan mental dan fisik pada bayi. Di masa pertumbuhannya, Si Kecil membutuhkan asupan lemak agar otak mereka berkembang dengan baik. Nah, alpukat yang diketahui mengandung lemak sehat dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, nutrisi yang terkandung pada buah alpukat dapat membantu perkembangan sistem saraf pusat dan memastikan pertumbuhan optimal bayi Anda.

2. Mendukung perkembangan bayi secara keseluruhan

Selain mengandung lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik untuk tubuh, alpukat juga mengandung sejumlah mineral. Kandungan mineral yang banyak terdapat dalam alpukat, seperti fosfor, kalium, magnesium, kalsium, natrium, dan besi, serta sedikit selenium, mangan, tembaga, dan zinc, penting untuk perkembangan bayi Anda secara keseluruhan.



3. Mendukung perkembangan proaktif bayi

Bila Si Kecil mengonsumsi alpukat yang kaya akan vitamin seperti vitamin B1, B2, Niacin, folat, B6, dan asam pantotenat, ini bisa mendukung dan memfasilitasi perkembangan proaktif bayi Anda.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan E dalam alpukat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki kondisi kulit Si Kecil.

5. Menurunkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari

Alpukat diketahui bebas dari natrium dan kolesterol, sehingga ini bisa menurunkan risiko masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung saat Si Kecil dewasa kelak. Selain itu, alpukat yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba juga dapat melindungi bayi dari masalah kesehatan umum dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Menangkal radikal bebas

Alpukat mengandung banyak antioksidan yang dapat mengontrol produksi radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini juga bisa menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh bayi.

7. Baik untuk kesehatan hati

Konsumsi alpukat dapat melancarkan pencernaan bayi dan baik untuk kesehatan hati secara keseluruhan. Tak heran bila konsumsi alpukat dianjurkan untuk anak-anak yang baru sembuh dari penyakit, seperti penyakit kuning dan hepatitis.

Kapan sebaiknya Moms mulai berikan alpukat sebagai menu MPASI bayi Anda? Anda bisa berikan buah yang mengandung lemak sehat ini sejak Si Kecil berusia 6 bulan. Namun sesuaikan cara penyajiannya dengan usia bayi ya, Moms. Untuk bayi usia 6-8 bulan, sajikan alpukat dengan tekstur lembut dan masih cair, kemudian lebih kental saat Si Kecil sudah berusia 9 bulan ke atas.

Anda bisa berikan alpukat yang sudah dilumatkan dengan halus lalu suapi dengan sendok untuk anak, atau Anda juga bisa mengombinasikan alpukat dengan makanan lain yang juga menyehatkan buat Si Kecil. Jadi, yuk, berikan alpukat untuk MPASI bayi Anda, Moms! (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: alpukat,   bayi,   mpasi