Mother&Baby Indonesia
Menyiapkan MPASI yang Mudah dan Bergizi untuk Si Kecil

Menyiapkan MPASI yang Mudah dan Bergizi untuk Si Kecil

Menginjak usia 6 bulan, bayi Anda telah lulus ASI eksklusif dan kini tiba waktunya untuk mengenalkan Si Kecil pada makanan pendamping ASI (MPASI). Tentunya Moms ingin memberikan yang terbaik buat Si Kecil, kan? Untuk itu, MPASI homemade bisa menjadi pilihan Anda, karena terbuat dari bahan-bahan alami dan segar serta terjaga kebersihannya.

Meskipun begitu, menyiapkan MPASI homemade memang bukan perkara gampang ya, Moms. Ada banyak hal yang harus disiapkan, mulai dari menu, bahan-bahannya, hingga alat untuk mengolah MPASI. Banyak ibu baru yang merasa kerepotan karena harus menghadapi cara mengolah MPASI bayi yang lumayan rumit.

Slow Cooker, Permudah Tugas Moms Siapkan MPASI Bayi

Nah, salah satu alat untuk membantu mempermudah tugas Anda dalam membuat MPASI sekaligus menyediakan santapan yang lezat dan bergizi bagi Si Kecil adalah slow cooker. Ya, buat Moms yang sedang mempersiapkan MPASI bagi bayinya, slow cooker menjadi alat masak yang wajib dimiliki.



Slow cooker sendiri merupakan alat masak elektrik yang biasa digunakan untuk memasak makanan dalam waktu yang lama dengan suhu yang relatif rendah. Keberadaan slow cooker ini sangat meringankan tugas Moms, pasalnya Anda bisa memasak sambil mengerjakan banyak hal lainnya. Jadi, Moms tidak perlu lagi harus menunggu proses memasak selesai dan waktu yang ada pun bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan lain serta melanjutkan aktivitas sehari-hari hingga makanan selesai dimasak.

Keunggulan memasak dengan slow cooker adalah nutrisi dan kandungan vitamin bahan-bahan yang dimasak tidak akan rusak. Proses pematangan dengan suhu rendah membuat kandungan nutrisi tersebut tidak hilang dan tetap terjaga kualitasnya. Oleh karena itu, alat ini cocok digunakan untuk memasak MPASI bergizi buat bayi. Umumnya, slow cooker digunakan untuk membuat makanan bayi seperti sup, bubur, dan nasi tim.

Slow Cooker Andalan Moms untuk Membuat MPASI

Ingin memiliki alat ini untuk mempermudah tugas Anda menyiapkan MPASI, Moms? BabySafe memiliki aneka tipe slow cooker, di antaranya adalah BabySafe Digital Slow Cooker 1,2 L untuk membantu membuat MPASI Si Kecil.


BabySafe Digital Slow Cooker 1,2 L dilengkapi dengan tombol digital, sangat praktis digunakan untuk membuat makanan bayi seperti sup, bubur, nasi tim dan membuat kaldu. Wadahnya menggunakan bahan keramik berkualitas untuk menghasilkan cita rasa yang lebih enak.

Dengan slow cooker ini, Moms bisa tentukan waktu memasak yang diinginkan: 2, 3, dan 4 jam, disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah proses memasak selesai, mesin secara otomatis akan berlanjut ke proses menghangatkan (Keep Warm). Mudah dan praktis untuk mempersiapkan aneka makanan sehat bernutrisi untuk Si Kecil.

Tidak hanya itu, Moms. slow cooker ini juga punya sejumlah keistimewaan lain. BabySafe Digital Slow Cooker 1,2 L aman untuk Anda dan Si Kecil, karena sudah tersertifikasi oleh European Safety Standard, terbuat dari material yang bebas dari Bisphenol-A (BPA Free) dan Food Grade. Selain itu, sesuai namanya, produk ini punya kontrol waktu digital sehingga mengatur waktu memasak jadi sangat mudah untuk Anda.

Untuk memasak makanan, Moms cukup lakukan 3 langkah mudah ini:

1. Masukkan air dan bahan makanan ke mangkok keramik (Maks. 80% dari kapasitas mangkok).

2. Tekan tombol "Timer" dan pilih waktu memasak sesuai kebutuhan (tersedia dalam waktu 2, 3, dan 4 jam).

3. Setelah proses masak selesai, tombol secara otomatis akan pindah ke "Keep Warm" selama 6 jam.

Sedangkan untuk menghangatkan makanan, Moms cukup tekan tombol "Keep Warm/Cancel" dan proses menghangatkan akan berlangsung selama 6 jam.

Kreasi Menu dengan BabySafe Digital Slow Cooker 1,2 L

Memasak dengan BabySafe Digital Slow Cooker 1,2 L akan menjadi pengalaman menarik buat Moms, karena Anda bisa berkreasi menciptakan berbagai macam menu MPASI untuk bayi Anda tanpa perlu merasa kerepotan lagi saat membuatnya.

Nah, salah satu menu yang bisa Anda coba buat untuk Si Kecil adalah Bubur Ikan Dori. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini, Moms. Si Kecil pasti suka!


Bubur Ikan Dori



Bahan-bahan:

• 50 gr beras putih, cuci bersih

• 500 ml air kaldu ayam

• ½ siung bawang putih, cincang halus

• ½ ruas jahe, cincang halus

• 10 gr wortel, potong dadu

• ½ sdt lada (opsional)

• ½ sdt garam (opsional)

• 20 gram ikan dori, potong dadu

• 1 sdt daun bawang, cincang

Cara Membuat:

1. Masukkan beras, air kaldu ayam, bawang putih, wortel, lada dan garam ke dalam mangkuk keramik.

2. Tekan tombol “Timer”, pilih “3h” untuk waktu memasak selama 3 jam.

3. Setelah 1 jam, masukkan ikan dori. Masak kembali hingga waktu habis.

4. Tambahkan irisan daun bawang, sajikan hangat.

Nah Moms, dengan BabySafe Digital Slow Cooker 1,2 L, menyiapkan MPASI jadi sangat menarik dan mudah, bukan? Dan yang juga penting, MPASI untuk Si Kecil tetap terjamin nutrisinya. Selamat menyiapkan MPASI buat buah hati Anda, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik, BabySafe)



Tags: bayi,   mpasi,   makanan bayi,   membuat mpasi,   slow cooker,   babysafe digital slow cooker