Mother&Baby Indonesia
6 Hal yang Tidak Diperlukan Bayi di Tahun Pertamanya

6 Hal yang Tidak Diperlukan Bayi di Tahun Pertamanya

Ketika usia kehamilan makin mendekati waktu persalinan, momen menanti Si Kecil makin terasa menyenangkan dan menegangkan ya, Moms. Moms dan Dads tentu ingin menyambut kehadiran Si Kecil dengan maksimal, maka menyiapkan atau berbelanja berbagai barang perlengkapan bayi menjadi suatu aktivitas yang paling mengasyikkan.

Walau begitu, sebenarnya ada beberapa hal yang belum diperlukan atau tidak akan sering dipakai oleh Si Kecil di tahun pertamanya, Moms. Nah, untuk menghemat budget dan daripada terlanjur mubazir, Moms bisa simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui beberapa perlengkapan bayi yang tak perlu Anda beli di masa-masa awal kehadiran buah hati Anda.

1. Sepatu Bayi




Walau menggemaskan, sepatu tidak benar-benar dibutuhkan oleh Si Kecil di tahun pertamanya. Selain karena anak Anda belum bisa berjalan, sepatu bayi malah dapat membuat Si Kecil jadi merasa tak nyaman. Dikutip dari Today’s Parent, para ahli merekomendasikan agar bayi bisa belajar berjalan tanpa alas kaki sehingga otot-otot kakinya bisa berkembang dengan optimal.

2. Crib Bedding Set


Selain karena harganya yang tak murah, tempat tidur bayi bisa berbahaya bagi Si Kecil. Health Canada, institusi kesehatan federal Kanada, tidak merekomendasikan penggunaan crib atau tempat tidur khusus bayi karena berisiko tercekik, tersedak, atau terjepit.

3. Meja Khusus Ganti Popok


Memang meja khusus untuk mengganti popok dapat menjadi furnitur yang menggemaskan di dalam kamar Si Kecil. Tapi sebenarnya, Moms bisa mengganti popok Si Kecil di kasurnya atau di atas karpet dengan changing mat, kok. Selain itu, tanpa meja khusus ini Moms bisa jadi lebih fleksibel untuk menggantikan popok Si Kecil.



4. Baby Food Maker


Dengan adanya kompor dan blender, sebenarnya Moms tak perlu memiliki baby food maker di rumah. Selain itu, dengan harganya yang cukup mahal, penggunaan baby food maker jika dihitung-hitung hanya akan dipakai sebentar. Jadi, cukup sayang untuk dibeli ya, Moms.

5. Baby Walker


Menurut banyak ahli, baby walker tidak benar-benar dibutuhkan oleh bayi. Memang bisa membantu di kala Moms sedang hectic, tapi Si Kecil sebenarnya tidak benar-benar membutuhkannya. Penggunaannya pun tetap perlu diawasi oleh orang tua. Jadi mengapa tidak bonding bersama Si Kecil sembari membantunya belajar berjalan, Moms?

6. Mainan


Di 3 bulan awal kehidupannya, Si Kecil tidak butuh mainan, Moms. Di masa ini ia masih berusaha beradaptasi dengan dunia di luar rahim Anda. Ketika Si Kecil sudah agak besar, mainan akan sangat penting bagi pertumbuhannya. Tapi ini tak berarti Moms perlu beli banyak mainan, karena mainan buatan sendiri atau barang-barang di rumah, seperti botol berisi beras, punya fungsi yang sama seperti mainan kebanyakan. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik, Ebay)



Tags: bayi,   perlengkapan bayi