Mother&Baby Indonesia
Kenapa Bayi Takut pada Orang Tak Dikenal? Ini Alasannya

Kenapa Bayi Takut pada Orang Tak Dikenal? Ini Alasannya

Moms, saat melihat seorang bayi yang menggemaskan, tentunya kita ingin sekali ya, bisa berinteraksi dengan mereka. Di awal, mungkin Anda akan mencoba menyapanya, kemudian Anda memperlihatkan ekspresi wajah yang lucu untuk membuat bayi itu terkesan dan tertawa.

Terkadang pada beberapa kesempatan, hal yang Anda lakukan mungkin akan berhasil membuat bayi tersebut terhibur dan ingin berinteraksi dengan Anda. Namun ada saatnya apa yang Anda lakukan itu justru membuat Si Kecil merasa takut berinteraksi dengan kita yang masih asing baginya.

Nah, mungkin Anda penasaran mengapa sih, Si Kecil takut pada orang asing? Kemudian, kapan sebenarnya Si Kecil mulai takut berinteraksi dengan orang asing? Simak penjelasannya berikut ya, Moms!



Kapan Bayi Merasa Takut pada Orang Asing?

Dilansir laman Romper, Kelly Luu, M.D., FRCPC, dokter anak di The Kids Clinic, Vancouver, mengatakan biasanya anak dapat menunjukkan ketakutan terhadap orang asing sejak usia 4 hingga 6 bulan. Tetapi biasanya ini akan paling jelas terlihat saat mereka berusia sekitar 9 hingga 10 bulan.

Sementara itu, Ann McKitrick, M.S., pendiri situs parenting Nurtured Noggins serta seorang spesialis anak usia dini, mengatakan pada usia sekitar 8 bulan, bayi bisa mulai gelisah, berkaca-kaca, bahkan sedikit panik bila mereka tidak dapat melihat orang terdekatnya di sekitar mereka, dan itu biasanya adalah ibunya.

“Tetapi untungnya pada usia tersebut, mereka sedang mulai belajar merangkak. Jadi bayi Anda akan mencoba mencari Anda saat ia tak melihat Anda di dekatnya,” jelas McKitrick.

Kecemasan atau ketakutan bayi Anda dengan orang asing ini sebenarnya bisa dipahami dalam konteks budaya. Luu mengatakan bayi akan sering melihat dan menafsirkan ekspresi orang tua mereka untuk mengetahui apakah situasi saat itu aman atau ada bahaya yang dirasakan.

Reaksi bayi tersebut mungkin merupakan respons atau model perilaku orang tua terhadap orang asing yang biasa diperlihatkan pada bayi. Ini juga bisa menjadi perilaku adaptif untuk menjaga keamanan anak saat mereka menjelajahi lingkungannya dengan cara yang aman dan terjamin.



Mengapa Si Kecil Takut pada Orang Asing?

Alasan bayi Anda takut pada orang asing sebenarnya sulit untuk diketahui. Namun menurut McKitrick, seringkali ini disebabkan oleh cara orang asing tersebut mendekati mereka. Sebaiknya saat melihat bayi berada di dekapan atau pangkuan orang tuanya, orang asing harus tetap menjaga jarak dan biarkan bayi yang berusaha mendekati mereka.

Tentunya hal tersebut membutuhkan waktu, tetapi ini akan lebih membuatnya bersikap hangat dan ramah pada orang asing nantinya. Karena pada dasarnya bayi membutuhkan waktu untuk menilai kenalan barunya dan memutuskan bagaimana ia ingin bersikap menghadapi orang asing tersebut.

Takut akan orang asing juga menjadi bagian dari tonggak perkembangan normal seorang anak. “Ini menjadi tanda perkembangan intelektual ketika anak-anak belajar mengenali lingkungan mereka dan belajar membedakan apa yang familiar dan apa yang baru untuknya,” ujar Luu.

Bonusnya, McKitrick dan Luu sepakat bahwa ketakutan bayi pada orang asing ini dikarenakan ia memiliki keterikatan yang sehat dengan orang tuanya dan menunjukkan bahwa ia mungkin memiliki ikatan atau bonding yang kuat.

Kapan Fase Takut pada Orang Asing Menghilang?

Biasanya ketakutan bayi pada orang asing ini bisa menghilang antara usia 2 atau 3 tahun. Tetapi Luu mengungkapkan fase ini terkadang bisa berlanjut hingga masa balita pada banyak anak. Meski demikian, Moms tidak perlu khawatir, kecuali saat ketakutan tersebut justru mengganggu kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan teman sebaya atau saat mengikuti kegiatan. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi takut orang asing