Mother&Baby Indonesia
Mengenal MPASI Naturopati untuk Tumbuh Kembang Optimal Bayi

Mengenal MPASI Naturopati untuk Tumbuh Kembang Optimal Bayi

Makanan pendamping ASI menjadi satu hal yang sangat perlu diperhatikan untuk tumbuh kembang bayi. Mulai dari bahan, menu, serta waktu pemberian, semua akan memengaruhi tumbuh kembang Si Kecil. Karenanya, Moms diharapkan bisa memberikan MPASI yang bukan cuma tepat tapi juga disukai anak agar ia selalu sehat dan tumbuh kembangnya optimal.

Sebagai cara mengontrol menu MPASI, Moms bisa terapkan pemberian makanan berdasarkan ilmu naturopati. Ini bisa dikatakan sebagai metode untuk mencegah atau mengembalikan kesehatan fisik dan mental secara maksimal, serta dengan cara yang lebih natural. Nah, agar tak keliru dalam melakukannya, simak pembahasan berikut ini.

Paham Fungsi MPASI

Seperti diketahui bahwa MPASI yang bisa diberikan sejak Si Kecil berusia 6 bulan ini akan mendukung tumbuh kembangnya, mulai dari mengenal rasa, tekstur, bau, serta stimulasi motorik dan kognitif. Pemberian MPASI dari yang lembut hingga keras pun harus dilakukan secara bertahap.



Namun terlepas dari hal tersebut, menu yang dipilihkan juga akan memengaruhi kesehatan anak. Jadi, terlepas dari fungsinya untuk mengenyangkan perut, MPASI juga membantu menjaga imunitas Si Kecil sehingga ia tidak mudah sakit.

Karena itu, Debby Jean-Marie, pakar naturopati dan pendiri Root of Life menjelaskan bahwa MPASI tidak bisa diberikan secara sembarangan. “Apakah mereka akan suka makan sayur? Apakah mereka akan suka makanan sehat? Itu akan tercermin dari MPASI,” tambahnya, dilansir dari Parenstory.

Pilihan MPASI Naturopati


Dijelaskan lebih dalam bahwa cara hidup sehat ala naturopati bisa dipakai dalam banyak hal. Anda bisa mengubah gaya hidup, seperti program diet dan mengonsumsi suplemen tambahan. Penggunaan rempah-rempah alami dan mengurangi produk kimia pun dapat membantu proses detokfikasi hingga mengurangi atau membantu mengatasi stres.

Dari penjelasan ini, maka MPASI untuk Si Kecil bisa berasal dari bahan alami yang dapat Moms buat sendiri. Yang terpenting, menu tersebut sudah memenuhi minimal empat kuadran gizi, seperti lemak, protein, serat, karbohidrat, hingga vitamin. Untuk membantu Moms, berikut pilihan makanan sebagai MPASI naturopati yang bisa diberikan pada anak:

Susu organik (raw milk) yang mampu membangun dinding lambung bayi, menciptakan sistem imun, dan memastikan asimilasi yang optimal dari nutrisi yang diterima bayi. Di dalamnya terkandung protein, lemak, dan karbohidrat. 

Kuning telur menjadi sumber kolin, lemak, dan arachidonic acid untuk pertumbuhan kognitif bayi. Selain itu, ada juga vitamin A, D, dan asam folat dengan kandungan cukup tinggi.

Alpukat merupakan sumber lemak sehat untuk diberikan kepada bayi, salah satu alasanya karena mudah dicerna.

Liver (hati) kaya akan nutrisi, mulai dari kolin, lemak, dan arachidonic acid, mineral, serta vitamin B6 dan B12. Untuk pilihan terbaik, Moms bisa berikan hati ayam, turkey (ayam kalkun), bebek, serta angsa yang juga memiliki vitamin A,D, dan K2.



Tulang sumsum mengandung lemak sehat dan nutrisi untuk darah.

Telur ikan memang memiliki aroma yang cukup amis sehingga Si Kecil kurang menyukainya. Untuk menyiasati, Moms bisa mencampurnya dengan yoghurt atau makanan dengan tekstur creamy.

Cod liver oil atau minyak hati ikan juga kaya akan vitamin A dan D.

Blueberry menjadi yang pas untuk MPASI dengan kandungan antioksidan dan flavonoid yang sangat sehat untuk kesehatan mata, otak, serta sistem kandung kemih bayi.

Brokoli juga memiliki antioksidan, serta kalsium, serat, dan folat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Ubi merah yang sangat kaya akan serat, vitamin C, potasium, dan beta karoten.

Labu dengan kandungan beta karoten yang tinggi serta mudah dicerna Si Kecil.

Kembang kol dan kale.

Jadi, sudah siapkah Moms memberikan MPASI naturopati untuk maksimalkan tumbuh kembang Si Kecil? (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   mpasi,   mpasi naturopati