Mother&Baby Indonesia
5 Bahan MPASI yang Sering Bikin Bayi Kembung

5 Bahan MPASI yang Sering Bikin Bayi Kembung

Rewel, mudah menangis, dan nafsu makannya pun bisa berkurang! Ya, begitulah kalau perut bayi sedang kembung. Apa sih, yang memicu perut kembung pada bayi? Salah satu pemicu utamanya adalah makanan yang ia konsumsi, Moms. Ada beberapa jenis makanan yang sering memicu bayi kembung. Mau tahu apa saja? Read on, Moms!

Makanan Asin

Moms pasti sudah tahu kalau MPASI anak di bawah 1 tahun sebaiknya tidak diberikan garam dan gula tambahan. Selain karena fungsi ginjalnya belum sempurna, makanan asing juga memicu perut bayi kembung. Maka agar lebih aman, kurangi pemberian MPASI kemasan untuk Si Kecil karena mungkin mengandung sodium, yang bisa memicu perut kembung.

Produk Susu

Aneka produk susu atau dairy products memang sehat dan enak untuk orang dewasa dan anak, namun bagi bayi di bawah 1 tahun, mencerna produk susu bukan hal yang mudah, lho. Hal ini semakin parah jika anak Anda ternyata mengalami intoleransi laktosa. Pemberian MPASI yang mengandung produk susu bagi bayi bisa memicu perut kembung, sakit perut, dan bahkan diare, Moms.



Mengutip Moms.com, produk susu juga kerap menjadi alasan utama anak buang angin (kentut) lebih sering dari seharusnya. Bahkan jika bayi Anda tidak mengalami intoleransi laktosa, mereka bisa lebih mudah kembung dan pencernaannya tidak nyaman jika diberikan produk susu.

Gluten

Banyak anak yang langsung kembung dan sakit perut jika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, terlebih jika anak tersebut masih di bawah 1 tahun. MPASI mengandung gluten juga bisa menyebabkan anak mengalami konstipasi, diare, dan masalah pencernaan lainnya. 



Komponen utama dalam makanan yang mengandung gluten adalah gliadin, sejenis protein yang sulit dicerna di saluran cerna bayi. Gliadin ini adalah jenis protein yang memecah mikrovili di dinding saluran cerna, dan ketika villi terpecah, maka tidak bisa menghasilkan enzim yang diperlukan untuk mencerna gluten. Nah, agar ini tidak terjadi pada bayi Anda, hindari pemberian MPASI yang mengandung gluten ya, Moms.

Legum

Legum adalah tanaman dari keluarga Fabaceae, seperti kembang kol, kubis, brokoli, asparagus, seledri, dan ketimun. Jenis tanaman ini memang dikenal sebagai sumber karbohidrat, namun tubuh bayi ternyata masih sulit untuk mencernanya. Akhirnya, lagum terfermentasi di saluran cerna dan menghasilkan gas berlebih. Kalau sudah begini, perut bayi jadi kembung dan tidak nyaman, Moms.

Apel

Buah yang satu ini memang enak dan memiliki banyak manfaat untuk anak. Namun jika Si Kecil terlihat jadi lebih sering kembung setelah makan apel, maka sebaiknya Moms jangan sering-sering memberinya MPASI yang berbahan apel. Apel memilih kadar sorbitol dan fruktosa yang tinggi, keduanya bisa mengganggu saluran cerna anak. Sebagai gantinya, pilih buah yang juga tinggi nutrisi seperti pisang dan beri-berian yang tidak menyebabkan kembung pada bayi Anda. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: mpasi,   bayi,   nutrisi,   kesehatan,   bayi kembung