Mother&Baby Indonesia
7 Persiapan Melahirkan Secara Islam, Bumil Perlu Tahu

7 Persiapan Melahirkan Secara Islam, Bumil Perlu Tahu

Bagi sebagian Moms, persalinan merupakan proses yang mendebarkan. Anda tentunya menginginkan proses kelahiran Si Kecil ke dunia berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah. Nah, buat Anda Moms yang beragama Islam, berikut ini ada beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan agar persalinan bisa berjalan lancar. Yuk, praktikkan tahapan persiapan melahirkan secara Islam ini agar Anda lebih tenang dan nyaman dalam menghadapi persalinan.

1. Memperhatikan Nutrisi

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam proses persiapan melahirkan dalam Islam, adalah memperhatikan asupan nutrisi ibu. Moms perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar tubuh tetap fit dalam melalui proses persalinan yang terkadang bisa berlangsung panjang dan melelahkan. Salah satu makanan yang dianggap bisa menambah tenaga Moms yang akan melalui proses melahirkan adalah kurma.

2. Memperbanyak Membaca Ayat Al-Qur'an, Berdoa, dan Berzikir

Dalam Islam, membaca Al-Qur'an, berdoa, dan berzikir merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan, terutama saat akan melewati masa-masa penting dalam hidup agar prosesnya bisa berlangsung dengan lancar termasuk saat akan melahirkan.



Ada sejumlah doa yang dapat diamalkan ketika Moms akan menjalani proses persalinan, antara lain membawa surat al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Surat Maryam. Moms juga dianjurkan untuk memperbanyak istigfar dan membaca salawat Nabi sambil memohon pertolongan pada Allah SWT agar proses persalinan berjalan lancar, dan ibu beserta anak tetap terjaga kesehatannya.

Baca juga: Doa untuk Melancarkan Proses Persalinan

3. Menjalani Proses Melahirkan sebagai Ibadah

Kehamilan merupakan anugerah yang diberikan Allah SWT kepada seorang wanita. Karena itu, niatkan menjalani kehamilan dan persalinan sebagai ibadah. Wanita yang menjalani proses kehamilan dan persalinannya dengan keikhlasan dan menganggapnya sebagai ibadah, maka insya Allah akan mendapatkan rahmat serta pertolongan Allah SWT.



4. Tidak Banyak Mengeluh

Saat hamil dan melahirkan, sebagian ibu mungkin merasakan kesusahan serta sakit yang luar biasa. Namun alangkah baiknya jika segala rasa yang tidak menyenangkan tersebut dianggap sebagai suatu kenikmatan. Sesungguhnya, rasa sakit yang dialami ibu saat melahirkan merupakan penggugur dosa-dosanya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengeluh. Lebih baik jika Anda ganti keluhan dengan istigfar hingga menemukan ketenangan batin.

5. Memperbanyak Mendengarkan Bacaan Al-Qur'an

Selain beristigfar, cara lain untuk menenangkan diri sekaligus memberikan stimulus yang baik bagi ibu maupun janin yang berada di dalam kandungan adalah dengan memperbanyak mendengarkan bacaan Al-Qur'an. Dads bisa membantu dengan cara membacakan ayat-ayat suci Al-Qur'an sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan untuk menghadapi proses persalinan.

6. Memohon Doa Restu

Sebelum menjalani proses persalinan, ada baiknya Anda juga memohon doa restu dari orang-orang terdekat, khususnya suami dan kedua orang tua. Dengan restu dan doa dari mereka, maka diharapkan proses kelahiran Si Kecil bisa berjalan dengan lancar.

7. Berserah Diri

Setelah segala usaha dan amalan dilakukan, langkah terakhir adalah berserah diri kepada Allah SWT. Pasrah kepada takdirnya membuat Anda lebih tenang dalam menjalani segala sesuatunya, Moms. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu melahirkan,   persalinan,   melahirkan secara islam