Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Aplikasi untuk Pantau Perkembangan Kehamilan

Rekomendasi Aplikasi untuk Pantau Perkembangan Kehamilan

Hamil di era digital modern saat ini, boleh dibilang Anda sangat beruntung, Moms. Bagaimana tidak, saat ini semua informasi, termasuk kehamilan, sangat mudah didapat dan diakses lewat internet. Berbagai aplikasi pun bermunculan dengan pemberian informasi. Moms tinggal membukanya hanya dengan sekali klik, kapan pun dan dimana pun Anda berada.

Saat Moms ingin menghitung usia kehamilan, Anda hanya tinggal mengambil gadget dan mengunduh aplikasi yang akan menunjukkannya secara akurat. Saat Moms ingin mengetahui apa yang sedang terjadi dengan janin, hal tersebut bisa langsung dicari tahu melalui aplikasi yang memang diciptakan khusus untuk bumil.

Nah, untuk membantu Moms menjalani masa kehamilan dengan mudah dan menyenangkan, berikut ini M&B merekomendasikan sejumlah aplikasi kehamilan buat Anda jadikan sebagai panduan. Yuk, segera unduh aplikasi-aplikasi berikut ini, Moms!



1. Hallobumil

Hallobumil merupakan aplikasi interaktif pertama di Indonesia yang mendampingi Moms melewati masa persiapan kehamilan, kehamilan, dan tumbuh kembang anak. Hallobumil memberikan informasi dengan gaya yang unik, seolah-olah Moms diajak mengobrol oleh Si Kecil mengenai tumbuh kembangnya sejak di dalam kandungan sampai Si Kecil lahir ke dunia. Dengan menggunakan gaya bahasa sehari-hari, Moms dapat merasakan kehadirannya sebagai teman tepercaya dari hari ke hari.

Berbagai fitur utamanya, seperti Status Harian, Kalender Kesuburan, Timeline Kehamilan, Timeline Perkembangan Anak, hingga Tracker Menyusui dan Tracker Pertumbuhan Si Kecil akan sangat membantu Anda menjalani kehamilan dengan mudah dan menyenangkan.

2. Teman Bumil

Perjalanan menjadi seorang ibu adalah fase yang penuh dengan cerita dan tantangan. Dimulai dari perjalanan untuk menjalani program hamil, melewati masa kehamilan selama 40 minggu, hingga mendampingi proses tumbuh kembang anak. Masa berharga tersebut tentunya akan lebih mudah jika didampingi oleh sumber informasi yang tepercaya.

Teman Bumil dilengkapi dengan konten untuk memantau tumbuh kembang anak hingga 5 tahun, tips seputar parenting, serta beragam fitur baru yang up to date dan modern. Beragam fitur baru dalam aplikasi ini dirancang untuk menjadi teman terbaik bagi setiap ibu dalam setiap fase, yaitu program hamil, kehamilan, hingga parenting dan merawat Si Kecil.

3. BukuBumil

Aplikasi ini dapat membantu Moms mengetahui perkembangan kesehatan janin setiap minggu. BukuBumil juga berisi tips kehamilan seperti artikel tentang makanan khusus ibu hamil, keluhan selama proses kehamilan sampai persiapan proses persalinan menurut Islam.

Tidak ketinggalan, aplikasi ini juga menyediakan playlist musik klasik agar Anda dapat membantu melatih kecerdasan otak calon bayi. Bila Anda seorang muslim, Anda dapat mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an dengan cara mengaktifkan Islamic Mode.



4. Diary Bunda

Diary Bunda merupakan aplikasi ibu hamil untuk Moms yang sedang dalam perencanaan kehamilan, sedang hamil, ataupun perawatan bayi dan anak pasca melahirkan. Aplikasi ini hadir dengan tips dan informasi seputar kehamilan yang tepercaya karena bekerja sama dengan dokter spesialis yang kredibel di bidangnya. Moms bisa mengecek kondisi kehamilan secara berkala dan tahu apa yang terjadi setiap hari, minggu, trimester hingga akhirnya melahirkan buah hati.

Tidak hanya memberikan solusi di masa kehamilan, Diary Bunda juga punya fitur pasca melahirkan agar tidak ada satu pun yang terlewat setelah melahirkan, seperti jadwal dokter anak, jadwal imunisasi dan vaksinasi, serta informasi parenting.

5. Ovia Pregnancy Tracker

Selama masa kehamilan, kondisi kesehatan Moms sangat berpengaruh pada kondisi janin yang dikandungnya. Untuk itu, Anda harus selalu dalam keadaan sehat, agar janin juga sehat. Melalui aplikasi ini, kita dapat menjaga kesehatan dengan mengatur makanan berdasarkan usia janin dan ibu hamil.

Aplikasi ini akan membantu penggunanya meraih hidup sehat, misalnya dengan menyarankan diet berdasarkan usia Moms, usia janin, dan berat badan Moms. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk mengecek tingkat kebugaran.

6. Pregnancy App & Baby Tracker

Di aplikasi ini, Moms, bisa menemukan berbagai fitur yang membantu mengetahui perkembangan janin. Fitur tersebut di antaranya bisa menjadi nama bayi, kalendar kehamilan, gambar perkembangan janin yang interaktif, video perkembangan bayi dalam kandungan, hingga video persalinan dan berbagai tips. Bahkan juga ada Bumpie Photo Diary, tools untuk foto perkembangan perut saat hamil dan mengubahnya menjadi video time-lapse yang bisa Anda share.

7. Pregnancy +

Di aplikasi ini, Moms dapat mengetahui berbagai hal, mulai dari kondisi janin, ukuran janin, juga gerakan janin. Terdapat juga fitur yang membantu mencatat kenaikan berat badan per minggu yang Anda alami selama hamil. Selain itu, ada juga fitur yang memberikan referensi nama untuk bayi Anda.

Nah, silakan Moms pilih aplikasi tersebut yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan selamat menjalani masa kehamilan yang lancar dan menyenangkan ya, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: rekomendasi,   kehamilan,   aplikasi kehamilan