Mother&Baby Indonesia
Jangan Panik! Ini Penyebab Gatal di Payudara Ibu Hamil

Jangan Panik! Ini Penyebab Gatal di Payudara Ibu Hamil

Ibu hamil punya banyak keluhan? Wajar saja karena selama masa kehamilan, banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh Moms, termasuk perubahan hormon maupun bentuk tubuh.

Nah, salah satu keluhan yang kerap dirasakan ibu saat tengah mengandung adalah soal payudara yang terasa gatal. Pada umumnya, payudara yang gatal bukan pertanda adanya masalah serius. Meski begitu, kondisi ini bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi ibu hamil.

Pemicu Gatal pada Payudara Ibu Hamil

Menurut situs American Association of Pregnancy, kehamilan bisa mengubah payudara Moms, mulai dari ukuran yang membesar, warnanya menjadi lebih gelap atau kekuningan, serta lebih sensitif. Sedangkan perubahan hormon dalam tubuh juga akan memicu rasa gatal di payudara.



Selain itu, kulit ibu akan mengalami peregangan seiring dengan pertumbuhan janin. Peregangan pada kulit ini kemudian memunculkan stretch mark yang bisa memicu rasa gatal, termasuk di area payudara.

Namun rasa gatal pada payudara tidak selalu disebabkan oleh perubahan hormon atau munculnya stretch mark. Dalam beberapa kasus, ibu hamil merasakan gatal pada payudara karena adanya masalah kulit seperti:

• Eksim atau peradangan kulit yang bisa terjadi kapan saja, termasuk saat ibu dalam kondisi hamil. Eksim bisa menyebabkan gatal pada kulit, yang disertai munculnya ruam, kulit mengelupas, atau adanya benjolan kecil. Pada dasarnya, eksim tidak dapat disembuhkan dan bisa terjadi berulang kali. Moms yang memiliki riwayat eksim disarankan untuk lebih menjaga kebersihan kulit dan menjauhi pemicu eksim.

Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPP). PUPP adalah penyebab gatal saat hamil yang juga bisa terjadi di payudara. Kondisi ini menimbulkan adanya benjolan kecil di kulit yang terasa gatal. Awalnya, benjolan kecil ini muncul di perut dan bisa menyebar ke sekitar payudara, paha, dan bokong.

• Prurigo atau penyakit kulit yang sangat umum terjadi pada ibu hamil. Penyebabnya adalah sistem kekebalan tubuh yang merespons adanya perubahan hormon selama masa kehamilan. Prurigo menyebabkan adanya benjolan kecil seperti gigitan serangga yang menimbulkan rasa gatal. Selain di area dada, benjolan kecil juga dapat muncul di area tubuh lain. Seiring waktu, benjolan bisa menyebar dan semakin banyak. Bahkan ada kasus, prurigo tetap muncul setelah bayi dilahirkan.

• Intertrigo yang biasanya terjadi karena kulit lembap, berkeringat, dan menerima banyak gesekan. Masalah ini kerap dialami oleh ibu yang tinggal di daerah bercuaca panas. Selain terasa gatal, intertrigo juga menimbulkan ruam kulit yang berwarna kemerahan atau kecokelatan.



Cara Mengatasi Gatal pada Payudara

Sebaiknya, rasa gatal pada payudara tidak digaruk secara berlebihan karena bisa memicu masalah lain, seperti infeksi. Selain itu, Moms juga bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

• Menggunakan losion yang mengandung vitamin E dan emolien secara rutin agar payudara tetap lembap saat gatal.

• Mengoleskan petroleum jelly yang bisa mengurangi rasa gatal.

• Kompres dengan es atau air dingin.

• Selain itu, Moms juga disarankan untuk mandi dengan sabun yang bebas parfum atau detergen guna mengurangi risiko terjadinya rasa gatal pada payudara. Pasalnya, selama hamil payudara akan lebih sensitif.

• Gunakan nursing bra yang berbahan lembut serta baju yang longgar agar payudara tidak mengalami iritasi. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   payudara gatal,   gangguan kehamilan