Mother&Baby Indonesia
Ini Alasan dan Efek Ngidam Makanan Pahit saat Hamil

Ini Alasan dan Efek Ngidam Makanan Pahit saat Hamil

Ngidam merupakan salah satu hal yang lumrah terjadi di awal kehamilan. Hal ini disinyalir karena perubahan hormon pada tubuh ibu hamil sehingga membuat indra penciuman dan perasanya menjadi lebih sensitif.

Selama menjalani kehamilan, ibu hamil biasanya merasakan ngidam yang berbeda-beda. Ada yang ngidam makanan serba manis, ada yang tiba-tiba suka makan makanan yang asam, bahkan ingin sekali makan makanan yang pedas. Tapi bagaimana ya, bila Anda malah ngidam makanan yang memiliki rasa pahit? Apakah Anda mengalami hal yang sama seperti bintang Bollywood, Kareena Kapoor, yang ngidam makan karela atau pare saat hamil?




Kenapa Ibu Hamil Ngidam Makan Makanan Pahit?

Meski pare merupakan salah satu sayuran yang paling sehat, tampaknya ngidam makan makanan pahit seperti pare ini jarang terjadi pada wanita hamil. Tetapi perlu diingat Moms, mendambakan makanan pahit saat hamil bukanlah hal yang buruk.

Mungkin makanan pahit terkesan tidak menggugah selera Anda, namun melansir laman Times of India, menginginkan makan makanan pahit saat hamil bisa menjadi cara tubuh untuk bertindak menghadapi gangguan hormonal, mengontrol kolesterol, atau membantu memperlambat proses pencernaan. Hal tersebut diketahui juga berlaku saat Anda ngidam makan makanan asam.

Selain itu, ngidam makanan pahit saat hamil juga merupakan cara alami tubuh untuk menyeimbangkan rasa ngidam makanan manis berlebih yang mungkin Anda alami di awal-awal kehamilan. Lebih dari itu, ngidam makanan sehat seperti sayuran hijau dan makanan pahit seperti pare, juga bisa memberikan banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan untuk bayi yang sedang tumbuh di dalam kandungan. Tak heran bila menginginkan makan makanan pahit saat hamil merupakan ngidam yang paling sehat.



Adakah Efek yang Membahayakan saat Ngidam Makan Makanan Pahit?

Segala macam makanan yang Anda makan secara berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh dan kesehatan Anda. Sama halnya saat Anda mengonsumsi makanan pahit termasuk pare. Sebaiknya konsumsi makanan pahit dalam jumlah sedikit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan pare secara berlebihan dapat menyebabkan defisiensi glucose-6-phosphate dehydrogenase (G6PD) atau favisme. Ini bahkan bisa menyebabkan kekurangan zat besi dan merusak sel darah merah yang baik dalam tubuh.

Molekul yang terdapat pada kulit pare, yang disebut vicine, diketahui cukup sensitif bagi beberapa wanita sehingga bisa menyebabkan mulas, keracunan, mual, kelelahan otot. Risiko yang sama juga bisa terjadi saat Anda mengonsumsi jus dan biji pare.

So Moms, meski makanan pahit dan sayuran hijau baik untuk kesehatan, tetapi sama seperti saat Anda ngidam makanan lainnya, sebaiknya konsumsilah dalam jumlah yang tidak berlebihan. Untuk kehamilan yang sehat, ibu hamil perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Ingatlah, saat Anda ngidam makanan yang itu-itu saja untuk waktu yang cukup lama, ini bisa berarti Anda mengalami defisiensi nutrisi yang tentunya hal ini perlu diperhatikan. Maka usahakan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau ahli gizi untuk mengatasi ngidam dan kondisi kehamilan Anda dengan cara yang lebih baik. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   ngidam,   kesehatan