Mother&Baby Indonesia
5 Bahaya Akibat Kelelahan yang Dialami oleh Ibu Hamil

5 Bahaya Akibat Kelelahan yang Dialami oleh Ibu Hamil

Saat hamil, banyak wanita yang merasa tubuhnya jadi lebih mudah lelah. Memang, tingkat lelah yang dirasakan tentu berbeda-beda. Ada yang merasa lelah di sepanjang kehamilan, ada yang merasa mudah lelah di beberapa trimester saja, namun ada juga yang hanya merasa lebih sedikit mudah lelah.

Menurut American Pregnancy Association, hampir semua ibu hamil merasa lebih mudah lelah, dan ini hal yang normal terjadi, Moms. Beberapa penyebab kondisi tersebut adalah adanya perubahan hormon dan janin yang semakin bertambah besar. Namun, meskipun hal ini normal, jangan sekali-kali menganggap remeh jika Anda mengalami kelelahan yang serius ya Moms, karena hal ini bisa berbahaya terhadap kondisi kehamilan dan janin Anda. Apa saja bahaya kelelahan yang dialami oleh bumil?

Baca juga: Kenapa Ibu Hamil Mudah Lelah? Ini Jawabannya!



1. Rentan Terjatuh dan Pingsan

Terlalu lelah bisa berdampak pada tubuh Anda menjadi lemas. Jika Anda merasa sangat lemas, Anda rentan terjatuh. Hal ini tentu saja akan membahayakan janin dalam kandungan Anda. Selain itu, banyak bumil yang mengalami anemia atau kurang darah. Jika kondisi ini ditambah dengan kelelahan yang dialami, bukan tidak mungkin Anda bisa pingsan lho, Moms! Dan ini sudah pasti berbahaya bagi kandungan Anda. Untuk mencegahnya, saat Anda merasa lelah, segera carilah tempat duduk dan istirahatkan sejenak tubuh Anda hingga sudah tidak terasa lelah lagi, barulah Anda lanjutkan aktivitas Anda kembali.

2. Mengalami Pembengkakan Kaki

Selama hamil, jumlah cairan dalam tubuh akan mengalami peningkatan dan menumpuk. Penumpukan cairan ini umumnya paling mudah terlihat di bagian kaki. Nah, jika kaki bumil sudah bengkak, kondisi ini akan bisa semakin parah saat Anda terlalu lama berdiri yang dapat menyebabkan kelelahan. Karena itu, usahakan untuk tidak berdiri terlalu lama ya, Moms.

3. Memicu Kontraksi Dini

Kelelahan tidak hanya timbul akibat aktivitas sehari-hari, tapi juga bisa karena terlalu berlebihan saat berolahraga. Meskipun olahraga memang bermanfaat untuk kehamilan Anda, olahraga yang berlebihan bisa membahayakan kehamilan Anda lho, Moms. Kelelahan, baik secara fisik maupun psikis, bisa memicu kontraksi sebelum waktunya, terutama jika kelelahan ini Anda alami di masa kehamilan trimester ketiga.



4. Muncul Flek dan Mengalami Perdarahan

Kelelahan yang dialami bumil, meskipun sedikit, misalnya saat baru pulang setelah melakukan perjalanan panjang atau bekerja selama seharian penuh, bisa menyebabkan keluarnya flek atau bercak darah dari organ intim, disertai dengan kram di perut. Jangan anggap remeh flek yang keluar ya, Moms. Jika tidak segera beristirahat, Anda berisiko mengalami perdarahan.

5. Berisiko Keguguran

Kontraksi dini dan perdarahan adalah 2 hal yang tidak boleh diabaikan karena bisa berakibat fatal pada bumil. Jika Anda sudah sangat lelah dan bahkan hingga mengalami salah satu kondisi tersebut, maka istirahat total adalah hal yang harus Anda lakukan. Jika bumil tetap memaksa melakukan aktivitas, keguguran merupakan risiko yang mungkin bisa terjadi akibat memforsir fisik dan mental saat hamil, Moms.

Baca juga: 5 Cara Atasi Kelelahan Saat Hamil

Karena itu, kenali kemampuan diri Anda, pastikan Anda mendapat cukup istirahat, batasi aktivitas Anda selama hamil, jangan memaksakan diri melakukan aktivitas berat, jaga pola makan sehat, jauhi pikiran dari hal-hal yang bisa mengakibatkan stres ya, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   kelelahan saat hamil,   ibu hamil lelah