Mother&Baby Indonesia
Tanda-Tanda Keguguran Dini yang Harus Anda Waspadai

Tanda-Tanda Keguguran Dini yang Harus Anda Waspadai

Kehamilan merupakan suatu hal yang membahagiakan. Tak heran, saat hamil, setiap wanita berusaha untuk menjaga kehamilannya sebaik mungkin, karena tak dimungkiri bahwa ada kalanya ibu hamil mencemaskan kehamilan atau khawatir dengan risiko keguguran yang bisa saja terjadi.

Melansir laman Women’s Health, sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology menemukan bahwa 41% wanita yang pernah mengalami keguguran percaya bahwa alasan mereka mengalami keguguran dikarenakan mereka membuat kesalahan, seperti mengangkat benda berat atau sangat stres saat hamil.

Pada kenyataanya, keguguran yang menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) terjadi pada sekitar 10% dari kehamilan yang diketahui, disebabkan oleh kelainan kromosom yang tidak dapat dicegah. Sedangkan pada wanita yang mengalami keguguran berulang kali, hal ini bisa disebabkan cacat genetik atau kondisi kronis lainnya.



Tentunya setiap wanita tidak ingin mengalami keguguran dalam kehamilannya. Namun tak ada salahnya bila Anda mengenali tanda-tanda keguguran dini yang bisa Anda waspadai berikut ini, Moms.

1. Mengalami Perdarahan Hebat

Perdarahan memang bisa menjadi tanda keguguran. Namun ini tergantung pada jenis perdarahan yang Anda alami. Bila hanya muncul bercak saja mungkin ini pertanda normal. Karena saat sel telur yang telah dibuahi masuk atau tertanam di dalam rahim, Anda mungkin akan melihat beberapa bercak darah.

Namun saat Anda mengalami perdarahan hebat dan terlihat darah berwarna merah cerah, ini bisa menjadi hal yang patut diwaspadai. Bila kehamilan tetap berlanjut setelah terjadi beberapa kali perdarahan, bisa saja keguguran mengancam kehamilan Anda, dan perlu dipantau oleh dokter kandungan Anda.

2. Muncul Gumpalan Darah dan Jaringan Sangat Besar

Meskipun beberapa kondisi perdarahan atau bercak dianggap normal selama kehamilan, namun penggumpalan darah dalam bentuk apa pun perlu Anda waspadai. Sama halnya dengan segala sesuatu yang keluar dari vagina, misalnya cairan berwarna merah muda terang, yang sebaiknya segera Anda periksakan ke dokter Anda.



3. Nyeri dan Kram Perut

Rasa nyeri dan kram memang tak jarang dirasakan para wanita ketika ia sedang menstruasi. Namun perlu diwaspadai bahwa nyeri dan kram tersebut bisa menjadi tanda keguguran dini, di mana kram tersebut berasal dari kontraksi rahim, yang diibaratkan bisa menyebabkan kelahiran. Perdarahan dan kram juga bisa menjadi tanda masalah kehamilan lainnya, seperti kehamilan ektopik. Jadi, saat Anda mengalami pendarahan dan kram saat hamil, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ya, Moms.

4. Sakit pada Punggung

Selain kram di perut, ketika Anda merasakan sakit pada punggung bagian bawah dari intensitas ringan hingga parah, ini bisa menjadi tanda keguguran dini. Meski sebenarnya hal tersebut normal dirasakan saat kehamilan, tak ada salahnya untuk memeriksakan segala hal yang membuat Anda tak nyaman selama hamil dengan dokter Anda.

5. Anda mengalami Chemical Pregnancy

Chemical pregnancy merupakan keguguran yang terjadi pada awal masa kehamilan. Chemical pregnancy ini terjadi ketika sel sperma berhasil membuahi sel telur dan terjadi pembuahan yang menyebabkan hasil test pack positif, namun sel telur tidak dapat bertahan dan akhirnya mengalami keguguran. Menurut American Pregnancy Association, Chemical pregnancy memengaruhi kasus keguguran mencapai 50 hingga 75%.

6. Dokter Tidak Menemukan Detak Jantung Janin Anda

Sebenarnya ini bukanlah tanda pasti dari keguguran dini. Dalam situasi lain wanita dapat mengalami kehamilan yang gagal berkembang, terutama pada trimester pertama, dan tak ditemukannya detak jantung saat pemeriksaan USG menjadi salah tanda dari kehamilan yang tidak berkembang tersebut. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: keguguran,   kehamilan,   ibu hamil