Mother&Baby Indonesia
Ngidam 5 Makanan Ini saat Hamil Punya Arti Unik, Lho!

Ngidam 5 Makanan Ini saat Hamil Punya Arti Unik, Lho!

Sebagai ibu hamil, apa saja yang Moms rasakan hingga saat ini? Mungkin sebagian besar dari Anda pernah sangat menginginkan sesuatu dan harus segera dituruti. Alasan yang selalu dipakai adalah “Bawaan janin, sih!”, padahal ini adalah ngidam yang Anda inginkan sendiri.

Ngidam bisa mucul dalam banyak hal, seperti membeli suatu benda atau mengonsumsi makanan tertentu, yang mungkin sulit ditemukan oleh pasangan Anda. Tenang, Moms! Ini bukan sesuatu yang salah, justru wajar terjadi meski belum diketahui alasan ngidam yang Anda rasakan.

Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa ngidam bisa menjadi pesan dari otak mengenai apa yang Anda butuhkan. Hal ini pun berkaitan dengan kebutuhan nutrisi yang dapat menenangkan Moms dari stres atau kecemasan selama hamil. Lalu, makanan apa saja yang memiliki arti unik saat bumil ngidam mengonsumsinya?



Daging atau Es Batu

Zat besi menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh Moms selama kehamilan. Karena merasa kekurangan zat besi, maka tubuh merespons dengan membuat Anda ngidam makan daging. Selain itu, mungkin bumil juga merasa ingin mengunyah es batu yang dapat mengurangi peradagan pada mulut dan lidah. Kondisi ini juga diduga sebagai tanda anemia atau kekurangan zat besi yang mampu membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Makanan Asam

Ibu hamil paling banyak dan sering ngidam makanan yang bersifat asam, misalnya mangga muda atau jeruk yang sangat asam bisa jadi favorit selama hamil, meski sebelumnya Moms tidak menyukainya. Hal ini bisa dikaitkan dengan kondisi tubuh yang membutuhkan asupan vitamin C lebih. Tujuannya tentu untuk menjaga daya tahan tubuh dari paparan penyakit. Selain itu, bumil yang ngidam makanan asam biasanya karena ingin mengurangi rasa mual dan tidak nyaman saat hamil.

Makanan Asin

Menu makanan asin seperti keripik dan beberapa jenis gorengan juga yang paling sering diinginkan ibu hamil. Kondisi ini bisa berhubungan dengan kebutuhan sodium untuk menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Selain itu, mungkin juga Moms rindu dengan rasa asin dan kerenyahan dari makanan asin ini. Meski begitu, Anda tetap tidak boleh makan berlebihan untuk mengurangi risiko tekanan darah yang berujung pada preeklamsia dan dehidrasi akibat kekurangan minum air mineral.



Es Krim

Selain makanan asam dan asin, ngidam yang juga sering dirasakan bumil adalah ingin mengonsumsi es krim. Ini dianggap bisa menjadi pengganti susu yang mungkin tidak Moms sukai. Dengan begitu, kalsium yang dibutuhkan rasanya bisa terpenuhi. Selain teksturnya yang creamy, dingin, manis dan segar, es krim sendiri mengandung lemak yang juga dibutuhkan untuk menambah energi bumil.

Cokelat

Bumil juga sering ngidam cokelat. Aromanya yang khas dan rasa yang manis memang bisa memberi perasaan relaks. Selain itu, ngidam cokelat juga bisa berkaitan dengan kebutuhan magnesium dan vitamin B yang dirasa kurang oleh tubuh.

Jika Moms ngidam ragam makanan tersebut, usahakan untuk tidak selalu memenuhinya, sebab, bisa meningkatkan risiko kaki bengkak, kembung, hingga masalah pada pankreas. Coba ganti keinginan Anda dengan mengonsumsi buah-buahan segar yang tentu bisa mencukupkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh ya, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   ngidam,   kesehatan