Mother&Baby Indonesia
Manfaat Menggunakan Stocking Kompresi di Masa Kehamilan

Manfaat Menggunakan Stocking Kompresi di Masa Kehamilan

Saat hamil, tubuh Moms mengalami banyak perubahan. Meskipun perubahan pada tubuh tersebut terkait dengan persiapan Anda untuk melahirkan dan membesarkan anak, tetap saja perubahan tersebut dapat memberikan efek yang cukup membuat kenyamanan Anda terganggu. Tak heran bila Moms mungkin mengeluhkan beberapa hal selama masa kehamilan.

Selain morning sickness, mood swing, nyeri pada pinggang, pada trimester tiga kehamilan, biasanya tak sedikit ibu yang mengeluhkan kelelahan, lesu, kaki terasa sakit atau nyeri, sampai kaki yang membengkak. Secara keseluruhan, hal tersebut tentunya dapat memengaruhi aktivitas Anda sehari-hari.

Untuk mengatasi keluhan atau pembengkakan pada kaki saat hamil, selain disarankan untuk banyak minum air putih, melakukan relaksasi pada bagian kaki, atau mengompres dingin area yang bengkak, Moms juga bisa menggunakan stocking kompresi yang disinyalir dapat membantu mengatasi berbagai keluhan pada kaki saat hamil.



Apa Itu Stocking Kompresi?

Stocking kompresi merupakan jenis kaus kaki terapeutik yang elastis, dirancang untuk memberikan efek kompresi atau menekan kaki Anda dengan tujuan menciptakan sirkulasi darah yang lancar. Stocking kompresi bekerja secara efektif untuk mengurangi pengumpulan darah di satu area (misalnya pada kaki), yang pada akhirnya meningkatkan aliran darah yang sehat ke seluruh tubuh.

Melansir laman Find Your Mom Tribe, stocking kompresi mendistribusikan gaya kompresi secara bertingkat dengan sesuai dan memberikan tingkat kompresi yang diperlukan pada area tubuh tertentu. Diketahui, tekanan maksimum ada pada pergelangan kaki (100%), dan secara bertahap akan berkurang ke arah lutut (60%) dan pinggul (40%). Dengan tingkat kompresi yang sesuai ini, maka aliran darah pun menjadi normal, dan pembengkakan serta nyeri pada bagian kaki Anda saat hamil dapat mereda.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Stocking Kompresi saat Hamil?

Selain efektif mengatasi masalah terkait pembuluh darah (contohnya pembengkakan kaki saat hamil), stocking kompresi ini juga bermanfaat untuk:

• Membantu meringankan beban yang meningkat pada kaki.

• Mencegah varises.

• Menurunkan risiko penyakit trombosis vena dalam atau deep vein thrombosis.

• Mengurangi pembengkakan dan risiko penggumpalan darah.



• Meningkatkan aliran darah dan suplai oksigen ke otot serta mendukung pergerakan tubuh.

• Meredakan nyeri dan mengurangi kram otot.

• Membantu membentuk tubuh dan membuat wanita hamil memiliki kepercayaan diri untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

• Menjaga kaki tetap hangat.

Kapan Sebaiknya Ibu Hamil Menggunakan Stocking Kompresi?

Stocking kompresi ini sebenarnya baik digunakan selama kehamilan, bahkan sejak kehamilan di usia trimester pertama. Namun sebelum Moms memutuskan untuk menggunakan stocking kompresi guna mengatasi masalah pada kaki saat hamil, sebaiknya Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mengetahui stocking kompresi terbaik yang sesuai dengan kondisi atau kebutuhan tubuh Anda.

Perlu diketahui bahwa sejak awal bulan keempat, biasanya tanda-tanda stagnasi darah sudah dapat terlihat, ibu hamil mulai merasa sering kelelahan, pembengkakan pada pergelangan kaki dan daerah tungkai bawah terlihat, serta sensasi tarikan di daerah betis diperkuat di pengujung hari. Penggunaan stocking kompresi bisa mencegah perkembangan varises dan menghindari komplikasi lainnya.

Moms juga bisa menggunakan stocking kompresi ini secara teratur selama kehamilan, karena hal ini dapat bermanfaat di semua tahap kehamilan. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   stocking kompresi