Mother&Baby Indonesia
Berhubungan Seks Tak Nikmat? Ini 17 Kemungkinan Penyebabnya

Berhubungan Seks Tak Nikmat? Ini 17 Kemungkinan Penyebabnya

Gairah seks dapat dipengaruhi oleh banyak hal dan dapat berubah-ubah sesuai dengan pengalaman hidup serta lingkungan. Jadi, normal jika Moms merasakan bingung jika hubungan intim terasa tidak nikmat sewaktu-waktu. Tapi daripada bingung, berikut ini ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan momen berhubungan seks tidak menyenangkan. Melansir Insider, berikut pendapat dari para ahli:

1. Belum Terangsang

Mungkin, tubuh Anda belum cukup terangsang. “Foreplay mendorong darah mengalir ke alat kelamin dan membantu lubrikasi serta klimaks saat berhubungan seks,” ujar Michael Ingber, MD, ahli di bidang Urology and Female Pelvic Medicine & Reconstructive Surgery di Center for Specialized Women’s Health.

2. Belum Siap secara Emosional atau Mental

Selain fisik, mental dan emosi juga perlu disiapkan. Melissa Coats, psikoterapis dan pemiliki Coats Counseling, LLC, mengatakan bahwa jika Anda pulang bekerja dengan perasaan lelah dan marah, maka Anda cenderung tak bisa merasakan gairah dan kenyamanan saat bercinta.

3. Gelisah Terhadap Penampilan

Berhubungan seks adalah momen yang sangat terbuka dan rentan, jadi jika Moms tak nyaman dengan tubuh sendiri, maka seks juga tak terasa menyenangkan. “Agar bisa menikmati seks, kita harus bisa percaya diri dengan tubuh kita. Jika Anda gelisah terhadap tubuh Anda, maka pikiran Anda juga tidak akan menikmati segala sensasi yang tubuh rasakan,” kata Melissa.

4. Pengalaman Tidak Menyenangkan

Trauma masa lalu atau khawatir pengalaman seks yang berbeda bisa menyulitkan Moms untuk menikmati hubungan seks. Mengomunikasikan hal ini dengan pasangan bisa membantu mengatasi kendala tersebut, Moms.

5. Tidak Nyaman Bersama Pasangan

Berhubungan seks membutuhkan keintiman tersendiri, jadi jika Moms tak benar-benar merasa nyaman dengan pasangan Anda, maka hubungan seks juga dapat terasa tidak menyenangkan.

6. Merasa Malu

Stigma seringkali menghambat kenikmatan seks. Menurut Melissa, rasa malu akibat stigma tertentu tentang seks dapat melukai identitas seseorang. “Perasaan terluka atau diserang oleh pikiran sendiri atau orang lain membuat Anda merasa tak aman dan tak ingin melakukannya,” ujar Melissa.

7. Informasi Negatif

Tak diragukan lagi bahwa ada banyak mitos atau informasi yang salah seputar seks, dan hal ini dapat memengaruhi kenyamanan Anda saat berhubungan intim dengan pasangan.

8. Menjalani Pengobatan

Medikasi tertentu bisa memengaruhi gairah seksual. Obat kontrasepsi, obat anti gelisah, obat tekanan darah, serta obat alergi adalah beberapa contohnya. Dokter Michael menyebutkan bahwa beberapa medikasi tak hanya memengaruhi libido, tapi juga pengalaman seks pada pria dan wanita.

9. Memiliki Kondisi Medis

Jessa Zimmerman, terapis seks dan penulis Sex Without Stress, menyatakan bahwa ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan sakit atau iritasi saat berhubungan seks. “Kondisi kulit, gangguan autoimun, saraf yang terlalu sensitif, endometriosis, dan vaginismus adalah beberapa contoh yang bisa membuat seks terasa tak nikmat,” kata Jessa.

10. Salah Posisi

Posisi seks yang salah dapat membuat hubungan intim menyakitkan dan tak nyaman. Menurut dr. Michael, setiap orang memiliki preferensi gaya seks yang berbeda.

11. Gaya Hidup yang Buruk

Melissa mengatakan, “Fisik, mental, emosi, serta kesehatan seksual saling berkaitan. Jadi jika salah satunya terabaikan, maka faktor lainnya juga tak dapat berjalan dengan optimal.” Tidur yang cukup, makan makanan sehat, serta rajin olahraga dapat membantu menyeimbangkannya.

12. Tak Tahu yang Diinginkan

Sekali lagi, preferensi seks bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Maka, Melissa menyatakan bahwa mengetahui apa yang membuat Moms terangsang dan nyaman dapat membantu momen berhubungan intim bersama pasangan menjadi lebih menyenangkan.

13. Dehidrasi

Dehidrasi memengaruhi libido dan bisa membuat hubungan seks terasa menyakitkan. Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan, serta iritasi sehingga membuat hubungan seks tidak nikmat.

14. Persalinan

Dokter Yvonne Bohn, spesialis kebidanan dan ginekolog di Los Angeles Obstetricians & Gynegologists, mengatakan bahwa persalinan dapat menyebabkan hubungan seks menjadi menyakitkan. Ia menyarankan untuk tidak berhubungan intim minimal selama 6 minggu atau lebih pasca persalinan.

15. Takut Penyakit

Melissa menyatakan bahwa ketakutan terhadap penyakit tertentu atau kehamilan yang tidak terencana dapat memengaruhi seseorang dalam menikmati hubungan seksual.

16. Stres

Energi mental sangatlah penting untuk kenikmatan saat berhubungan seks. “Segala tekanan ini akan memengaruhi kemampuan untuk rileks, terangsang, lubrikasi, serta mempersiapkan tubuh untuk hubungan intim,” kata dr. Yvonne.

17. Tidak Tertarik

Jika bukan semua daftar di atas, mungkin Moms memang sedang tidak tertarik saja untuk melakukannya. Hal ini normal menurut Melissa. Moms bisa perdalam dan perbanyak informasi agar tahu apa yang bisa membuat Anda tertarik untuk berhubungan seks. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: seks,   pernikahan,   suami istri