Mother&Baby Indonesia
Posisi Tidur Suami Istri & Maknanya pada Hubungan Pernikahan

Posisi Tidur Suami Istri & Maknanya pada Hubungan Pernikahan

Saling berhadapan, saling membelakangi, berubah-ubah? Posisi tidur suami istri ternyata bisa menyiratkan hubungan rumah tangga lho, Moms. Tanpa Anda sadari, suasana keharmonisan rumah tangga turut memengaruhi posisi tidur Anda dan suami. “Tidur sangat penting untuk kesehatan, dan posisi tidur Anda sama pentingnya dengan kualitas tidur, kesehatan tubuh, dan hubungan rumah tangga Anda dan pasangan,” ujar dr. Diana Gall dari Doctor4U.co.uk.

Menurut dr. Diana, posisi tidur bisa menggambarkan betapa bahagianya suatu pasangan, atau bahkan betapa bermasalahnya pasangan tersebut. Seperti apa posisi tidur Anda dan artinya? Melansir Healthline, ketahui makna di balik posisi tidur Anda dan pasangan yuk, Moms.

Berhadapan, Saling Menyentuh


Posisi tidur dengan kepala sejajar, tubuh saling berhadapan dan bersentuhan, menunjukkan pasangan ini sangat dekat dan menjalani hubungan bahagia dan menyenangkan. Namun di lain sisi, ini bukan posisi tidur yang sehat, karena saling menghirup udara yang dikeluarkan dari hidung. Menurut penelitian 2014 dari University of Hertfordshire, sekitar 4 persen pasangan tidur dengan posisi seperti ini.

Saling Memunggungi, Ada Sentuhan


Posisi ini juga sering disebut dengan ‘back kissing’ di mana pasangan tidur saling membelakangi, namun tetap ada bagian tubuh yang saling bersentuhan. Posisi nyaman ini bisa menunjukkan kedekatan hubungan, dan lebih sering dilakukan oleh pasangan yang telah menikah selama setahun.

Sedangkan jika saling membelakangi dan tidak ada sentuhan, bisa diartikan pasangan tersebut saling terhubung dan ingin kebebasan dalam menjalankan rumah tangga.

Berjauhan


Pasangan ini tidur dengan posisi saling berjauhan, bahkan kakinya bisa keluar dari tempat tidur. Posisi yang sering disebut ‘cliffhanger’ ini mengindikasikan ada masalah serius pada hubungan rumah tangga mereka. Sebuah survei pada 1.000 orang di 2014 lalu menguak fakta bahwa semakin berjauhan posisi tidur pasangan, semakin buruk hubungan mereka.

Pelukan Kaki


Walau tubuh tidak saling bersentuhan, namun kaki Anda saling berpelukan erat. Ini mengindikasikan pasangan tersebut saling mencari keintiman dan ingin menjaganya, tanpa saling mengekang. Namun jika pelukan kaki ini hanya dilakukan oleh satu orang, maka ada sedikit ketidakseimbangan dalam hubungan mereka.

Saling Tengkurap


Selain ini posisi tidur paling tidak sehat, posisi saling tengkurap juga menandakan hilangnya rasa saling percaya. Posisi saling tengkurap ini juga bisa menunjukkan kerapuhan rumah tangga lho, Moms.

Berubah-ubah


Posisi ini diawali dengan saling berpelukan, dan perlahan terbuka pelukannya hingga masing-masing bisa tidur dengan posisi tidur ternyaman mereka. Ini lebih sehat dari terus-menerus berpelukan sampai pagi. Setengah intim, dan setengah bebas. Begitu juga dengan kehidupan rumah tangga mereka.

Bintang Laut


Posisi tidur ini merentangkan kedua tangan dan kaki seperti bintang laut, yang membuat Anda bangun tidur lebih segar. Posisi ini juga bisa mengurangi sakit punggung, karena mendistribusikan berat badan dengan imbang, sehingga tulang punggung berada dalam posisi netral. Namun ini bisa menambah masalah mendengkur dan sleep apnea, dan jika dilakukan oleh salah satu pasangan bisa mengindikasikan keegoisan. (Tiffany/SW/Dok. Freepik & Healthline)



Tags: rumah tangga,   pernikahan,   suami istri,   posisi tidur