Mother&Baby Indonesia
7 Penanganan Tepat saat Anak Terkena Ulat Bulu

7 Penanganan Tepat saat Anak Terkena Ulat Bulu

Awas, kena ulat bulu! Binatang kecil yang sering menempel di pohon ini memang sering membuat momen menikmati alam jadi agak mendebarkan ya, Moms. Bagaimana tidak, sedang asyik bermain riang dengan keluarga di taman, tiba-tiba Si Kecil mengeluh gatal karena terkena ulat bulu. Walaupun ulatnya kecil, rasa tidak nyaman yang tidak ditimbulkan bisa sangat besar! Rasanya bukan hanya gatal, tapi juga perih, panas, dan bentol (yang semakin digaruk semakin membesar dan meluas bentolnya).

Rasa tersebut terjadi ketika kulit terserang racun dari bulu-bulu ulat, yang merupakan sistem pertahanan alami si ulat bulu. Racunnya masuk ke dalam kulit dan bisa dengan cepat menyebar ke tubuh. Bagaimana cara mengatasinya dengan tepat? Jangan digaruk! Ikuti langkah-langkah mudah ini saja jika Si Kecil terkena ulat bulu ya, Moms.

1. Jangan Digaruk

Ya, pastinya akan sangat sulit untuk menahan diri tidak menggaruk area tubuh yang bentol terserang racun ulat bulu. Namun, mengutip Verywellhealth, menggaruk justru malahan akan bisa menyebarkan racun ulat bulu dan meningkatkan risiko terkena infeksi.



2. Hilangkan Bulu

Mungkin sulit untuk mengambil bulu yang menempel di kulit anak, terlebih rasa gatalnya membuat anak enggak akan bisa diam. Agar cepat dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain, ambil selotip atau plester luka, tempelkan di kulit yang terkena ulat bulu, cabut perlahan hingga sisa bulu terangkat.

3. Cuci Bersih

Gunakan air mengalir dan sabun untuk mencuci bersih area tubuh Si Kecil yang terkena ulat bulu, kemudian keringkan dengan cara menepuk-nepuk, bukan diseka.

4. Oleskan Krim

Setelah dicuci bersih, Moms bisa mengoleskan krim steroid, krim antihistamin, atau krim pengurang gatal lainnya (bisa juga dengan calamine lotion).



5. Kompres dengan Es Batu

Jika racun ulat bulu membuat Si Kecil merasakan panas yang menyengat, Anda bisa memberinya kompres es batu di area yang dikeluhkan. Umumnya kompres selama 10-15 menit sudah cukup untuk meredakan sensasi panas yang dirasakan Si Kecil.

6. Usapkan Garam

Sudah melakukan cara-cara di atas, namun gatal dan panas menyengat masih terasa? Coba usapkan garam kasar dan gosok-gosok selama 5 menit. Ini akan membantu menghilangkan racun dan bulu yang masih menempel lho, Moms. Namun pastikan gosoknya perlahan saja, ya, agar tidak perih dan infeksi.

7. Oleskan Soda Kue

Bahan dapur yang satu ini memang banyak manfaatnya, termasuk meredakan serangan racun ulat bulu. Caranya, campurkan satu sendok makan soda kue dengan air hangat (gunakan perbandingan 1:1) hingga teksturnya seperti pasta. Kemudian oleskan di area yang gatal, ratakan, dan diamkan beberapa saat.

Segera ke Dokter Jika…

Anak mengalami reaksi anafilaksis atau reaksi alergi ekstrem. Reaksi ini bisa menyebabkan bengkak hebat dan mengganggu saluran pernapasan secara mendadak. Walau jarang terjadi, namun anak dengan riwayat alergi bulu binatang bisa mengalami anafilaksis. Segera bawa anak ke dokter jika ia terlihat mulai kesulitan bernapas setelah terkena ulat bulu ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   ulat bulu,   anak kena ulat bulu,   gatal,   bentol