Mother&Baby Indonesia
Jangan Dipaksa, Ini 6 Cara Mudah agar Anak Mau Minum Obat!

Jangan Dipaksa, Ini 6 Cara Mudah agar Anak Mau Minum Obat!

Minum obat adalah salah satu hal yang paling dibenci anak, khususnya balita. Hal ini biasanya dikarenakan kebanyakan obat memiliki rasa yang pahit. Meskipun saat ini sudah banyak obat sirup yang memiliki beragam rasa, seperti rasa jeruk, stroberi, ataupun rasa lainnya, tetap saja terkadang anak masih menolak untuk minum obat.

Saat Si Kecil menolak untuk minum obat, tak sedikit dari Moms yang merasa kesal dan cukup kewalahan menghadapinya. Namun beberapa trik berikut mungkin bisa membantu Anda untuk membuat Si Kecil mau minum obat dengan mudah. Simak ya, Moms!

1. Hancurkan Menjadi Bentuk Bubuk

Ini mungkin menjadi cara paling mudah untuk membuat Si Kecil mau minum obat. Moms bisa menghancurkan obat dalam bentuk tablet sampai berubah tekstur menjadi halus seperti bubuk dan biarkan Si Kecil meminumnya dengan ditambah sedikit air. Meski mungkin rasanya akan tetap pahit, namun obat tersebut akan lebih mudah meluncur ke tenggorokan Si Kecil.



2. Samarkan Bentuk Obat

Menyamarkan bentuk asli sebuah obat mungkin bisa menjadi trik untuk membujuk Si Kecil agar mau minum obat. Moms bisa menyatukan obat yang harus ia konsumsi dengan makanan kesukaan, misalnya digabungkan dengan jus favoritnya atau makanan lainnya.

3. Tambahkan Rasa

Selain menyamarkan obat ke dalam makanan favoritnya, Moms mungkin bisa menambahkan rasa manis yang disukai Si Kecil saat ia hendak meminum obatnya. Moms bisa menaruh beberapa tetes cokelat atau sirup stroberi ke dalam sendok yang ada obat Si Kecil, dan biarkan ia meminumnya. Namun sebelum melakukan hal ini, ada baiknya Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak Anda, ya.



4. Coba Berakting

Hal satu ini rasanya bisa membantu mengelabui Si Kecil agar ia mau minum obat. Cobalah sedikit berakting seolah-olah Moms sudah mencoba obat tersebut dan menunjukkan wajah yang meyakinan bahwa obat tersebut memiliki rasa yang enak. Setelah itu minta Si Kecil untuk segera meminum obatnya. Hal ini bisa membuat Si Kecil memiliki sedikit waktu untuk merasakan enak atau tidaknya obat yang ia konsumsi.

5. Buat Jeda Waktu Minum Obat

Bila Si Kecil diharuskan mengonsumsi 2 sampai 3 obat, sebaiknya Anda memberikan jeda waktu 5 sampai 10 menit untuk pemberian obat tersebut. Hal ini di karenakan menelan obat sekaligus dalam satu waktu tentu menjadi hal yang sulit bagi anak-anak. Maka dengan memberikan interval atau jarak waktu bisa menjadi pilihan yang mudah yang akan membantu Si Kecil meminum obatnya.

6. Janjikan Hadiah

Menjanjikan sebuah hadiah meski tidak selalu berupa benda, bisa menjadi cara lainnya supaya Si Kecil mau minum obat. Moms bisa menjanjikannya dengan memberi camilan favoritnya, memberikan waktu untuk bermain video game, atau menikmati makanan pilihannya sendiri ketika ia berhasil menelan obat yang harus ia minum. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   minum obat,   anak minum obat