Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Lho, Tempat-tempat Asyik untuk Berburu Tanaman

Moms, Ini Lho, Tempat-tempat Asyik untuk Berburu Tanaman

Memelihara tanaman menjadi tren baru di masa pandemi ini. Apakah Moms juga termasuk yang ‘mendadak’ suka bercocok tanam sebagai aktivitas kala di rumah saja? Jika ya, maka tempat-tempat berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda untuk berbelanja tanaman baru dan melengkapi koleksi Anda.

Taman Anggrek Ragunan

Berlokasi sangat dekat dengan Taman Margasatwa Ragunan, Taman Anggrek Ragunan kabarnya telah ada sejak tahun 1970-an. Meski bernama Taman Anggrek, pedagang yang berjualan di lokasi ini juga menjual berbagai macam tanaman hias lainnya, mulai dari anthurium hingga kaktus. Tidak sedikit pecinta tanaman yang datang ke Taman Anggrek Ragunan karena koleksinya tanaman hiasnya tergolong lengkap dan harganya pun bervariasi.

Sentra Tanaman Hias Katulampa

Jika ingin berburu tanaman hias sekaligus berjalan-jalan ke Bogor, Anda bisa mampir ke Sentra Tanaman Hias Katulampa. Dibandingkan dengan beberapa sentra penjualan tanaman hias seperti di Jalan Dadali dan Jalan Semeru, Sentra Tanamanan Hias Katulampa memang belum terlalu lama beroperasi. Namun penjual tanaman di wilayah ini disebut-sebut paling banyak dibandingkan dengan wilayah lainnya di Bogor. Diperkirakan ada sekitar 100 penjual tanaman hias di kedua sisi jalan Achmad Sham. Dengan banyaknya jumlah penjual, pilihan tanaman dan harganya pun bisa lebih bervariasi.



Sentra Flona Semanan

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jakarta Barat, Anda bisa mengunjungi Sentra Flora dan Fauna (Flona) Semanan di Jl. H. Asenih, Semanan, Kalideres. Di kawasan seluas 2,9 hektare ini Anda bisa berburu berbagai jenis tanaman. Bukan hanya tanaman hias, Sentra Flona Semanan juga menjual tanaman produktif seperti pohon mangga, rambutan, dan lain sebagainya. Selain berjualan tanaman, sebagian pedagang di wilayah ini juga menjual hewan peliharaan, seperti burung dan ikan.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari merupakan agrowisata terpadu. Selain membeli bibit tanaman hias dan tanaman produktif, Anda juga bisa memetik langsung buah-buahan yang ada di area wisata Taman Buah Mekarsari. Menariknya, buah dan tanaman yang dijual di Mekarsari sebagian tergolong langka. Selain menjadi sentra tanaman, Taman Buah Mekarsari juga menyediakan arena bermain bagi Si Kecil.



Taman Anggrek Indah Permai

Taman Anggrek Indah Permai (TAIP) terletak tak jauh dari lokasi wisata Taman Mini Indonesia Indah. Sesuai dengan namanya, TAIP fokus dalam penjualan berbagai jenis anggrek. Perlu diketahui, TAIP tidak hanya berfungsi sebagai sentra jual-beli anggrek. TAIP juga memiliki unit laboratorium yang mengembangkan bibit anggrek hingga berusia 1,5 tahun untuk kemudian menyerahkannya kepada para pedagang di area tersebut untuk diperdagangkan. Karena telah melalui penelitian dan pengembangan secara intensif, tanaman anggrek yang dijual di TAIP biasanya memiliki kualitas yang baik. 

Kelapa Gading Area Plant Market

Berlokasi di Jalan Pelepah Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, area ini merupakan salah satu pusat penjualan tanaman hias yang paling sering disambangi pecinta tanaman. Harga tanaman yang dijual di sini tergolong murah dan jenisnya bervariasi, termasuk anggrek dan bonsai. Selain menjual tanaman hias, penjual di kawasan Kelapa Gading Area Plant Market juga menawarkan burung dan ikan untuk melengkapi kebun indah di rumah Anda. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: tanaman hias,   hobi,   tempat membeli tanaman