Mother&Baby Indonesia
Gaya Parenting ala Sofa Kuning

Gaya Parenting ala Sofa Kuning

Beberapa waktu belakangan ini, setiap Sabtu sore jelang malam, saya dan putri saya, Naya, punya rutinitas baru yang menarik. Usai salat Magrib, kami menyetel tv dan menonton acara Sofa Kuning yang tayang di NET TV. Sofa Kuning sendiri sesungguhnya merupakan tayangan untuk anak yang dibuat oleh platform streaming berbayar Mola TV. Akan tetapi, Anda dan keluarga juga bisa menyaksikannya melalui NET TV setiap Sabtu sore pukul 18.30 WIB.

Acara yang dipandu oleh Aqi Singgih dan sang istri, Audrey Meirina, ditemani oleh kedua buah hati mereka yang lucu dan menggemaskan, Ruka dan Gaia, mengajak keluarga untuk bernyanyi dan bernostalgia bersama lagu anak-anak Indonesia yang sudah diaransemen ulang sehingga terdengar segar di telinga.




Saat mengobrol dengan M&B, Aqi dan Audrey bercerita bahwa Sofa Kuning dibuat karena kerinduan pada lagu anak-anak zaman dulu yang kita kenal dan pelajari di masa kecil. “Namun, kami mengaransemen lagu-lagu tersebut menjadi sesuatu yang ear-friendly dengan diberi sentuhan pop, jazz, atau dance, sehingga nyaman di telinga orang tua. Jadi, jika orang tua bisa menikmati lagu anak-anak tersebut sebagai ajang nostalgia dan menyukainya, mereka tentu akan senang mengajak anak-anaknya untuk ikut mendengarkan dan belajar mengenal lagu-lagu tersebut.” cerita Aqi.

Memang, saya pribadi menikmati lagu-lagu yang dibawakan Aqi dan Audrey, belum lagi melihat tingkah laku Ruka dan Gaia yang berjoget dan bergerak ke sana kemari mengiringi lagu yang dinyanyikan bapak dan ibu mereka. Begitu pun Naya, yang usianya bukan balita lagi, ia kadang ikut bernyanyi karena ingat dengan lirik lagu yang ia kenal semasa di preschool beberapa tahun silam. Ketika lagu "Nama-nama Hari" didendangkan, misalnya, kami berdua pun kompak ikut bernyanyi,

Senin, Selasa, Rabu, Kamis

Jumat, Sabtu, Minggu

Itu nama-nama hari…

Menariknya lagi, selain memberikan keseruan dengan ikut berkaraoke menyanyikan lagu anak-anak, acara ini juga ada kuis berhadiahnya lho, Moms! Dan Anda serta Si Kecil tentunya bisa ikutan juga!

Ya, para penonton bisa menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan lagu yang telah dimainkan sebelumnya. “Ada pertanyaan yang mudah, tapi ada juga pertanyaan yang lumayan sulit, sehingga orang tua dan anak bisa bekerja sama menjawab pertanyaan kuis tersebut. Jadi, selain berinteraksi dengan Sofa Kuning, Moms dan Dads juga berinteraksi dengan anak. Dan, selain belajar mengenal lagu, Si Kecil juga belajar tentang pengetahuan umum,” jelas Audrey.

Mau tahu jumlah hadiahnya? Total ada lebih dari 200 juta rupiah bagi 45 pemenang setiap minggunya. Untuk berpartisipasi, Anda perlu mengunduh aplikasi Mola TV terlebih dahulu sebelum bisa mengikuti kompetisinya.

Peran Musik sebagai Bagian dari Pengasuhan Anak

Ya, menonton Sofa Kuning memang bisa membantu mempererat ikatan orang tua dan anak, seperti saya dan Naya, contohnya. Terlepas dari itu, lagu anak-anak dan musik sendiri memang jadi bagian penting tumbuh kembang seorang anak, bahkan sejak kita kecil dulu ya, Moms dan Dads. Musik menjadi sesuatu yang sudah sangat familiar bagi anak. Bahkan sejak dalam kandungan, Si Kecil sudah mampu mengingat bunyi-bunyian, misalnya dari detak jantung, suara Anda, maupun lagu atau musik yang Anda dengar ketika itu.

Buat pasangan Aqi dan Audrey yang notabene berprofesi sebagai penyanyi, mereka sudah terbiasa membesarkan anak-anak dengan mengajak main sambil bernyanyi. “Mengenalkan musik ke anak sejak dini, buat kami sih, itu muncul secara alami aja. Sebenarnya di awal itu kita mencari tools paling mudah buat kita menenangkan anak-anak. Dan yang paling mudah buat kami berdua adalah bernyanyi, karena memang itu pekerjaan kita, hahaha…” ujar Aqi tertawa.


Musik memang punya segudang manfaat buat anak. Ada banyak penelitian yang melaporkan hal tersebut. Penelitian yang dilakukan di University of Toronto, Canada, misalnya, menunjukkan fakta bahwa seorang anak cenderung memiliki IQ lebih tinggi jika ia belajar musik dibandingkan dengan anak yang tidak belajar musik. Berlatih musik akan membantu membangun keseimbangan otak kiri dan otak kanan dengan baik.



Selain itu, bermain musik akan membantu anak melatih konsentrasinya dan meningkatkan proses berpikir, mengingat, serta menganalisis. Masih banyak lagi manfaat musik buat anak, antara lain meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi, melatih kreativitas, menstimulasi motorik, dan memberi mood positif.

Karena manfaatnya tersebut, bisa dibilang musik punya peran penting sebagai bagian dari gaya parenting atau pengasuhan anak. Selain memperdengarkan musik yang beragam, Moms juga bisa ajak Si Kecil bersenandung dengan mengikuti alunan musik yang ia dengar. Tidak hanya itu, kenalkan juga balita pada alat musik sederhana, misalnya gitar mainan atau marakas buatan sendiri dari beras yang dimasukkan ke dalam botol, lalu biarkan ia bermain dengan alat musik tersebut.

Gaya Parenting Aqi dan Audrey

Berbicara soal gaya parenting, Aqi dan Audrey juga punya style sendiri. “Style parenting kami jujur aja lumayan santai, ya. Kita enggak mau ada terlalu banyak aturan. Cuma yang paling kita ajarkan ke mereka adalah mereka harus tahu cara berterima kasih, kapan meminta maaf, mengucapkan kata tolong, dan sopan santun atau tata krama lainnya. Masalah perbedaan pengasuhan antara pasangan juga jadi bagian yang tidak bisa dihindarkan, namun kami selalu berusaha untuk mendiskusikannya. Intinya kami mencoba untuk mencari titik balance aja, sih,” jelas Aqi dan Audrey bergantian.

Kreativitas juga menjadi bagian dari gaya parenting pasangan ini, apalagi di masa pandemi ini, di mana anak-anak gampang merasa bosan. “Selama pandemi, kita mencoba melakukan berbagai macam aktivitas, seperti belajar menggambar, membuat berbagai macam prakarya seperti bikin pesawat kertas. Selain itu, di Mola TV kan ada berbagai macam acara anak yang edukatif, Kitchen Science, Backyard Science, itu bisa jadi ide buat kita melakukan aktivitas yang mendidik dan menarik buat anak,” cerita Aqi.


Harapan Aqi dan Audrey dengan Sofa Kuning

Sejak pertama kali tayang, acara ini memang mendapat banyak tanggapan positif. Banyak orang tua yang menonton dan mengajak anaknya ikutan nonton juga, seperti yang saya lakukan pada Naya. Ini tentunya menjadi kebanggaan buat keluarga Aqi dan Audrey.

Dengan adanya Sofa Kuning ini, mereka berharap bisa membangkitkan kembali lagu-lagu anak-anak Indonesia. Tak hanya orang tua bisa bernostalgia dengan lagu anak-anak semasa kecil dulu, mereka juga bisa mengenalkannya pada anak-anak mereka. Bahkan Aqi dan Audrey sudah memiliki rencana untuk memproduksi lagu anak-anak buatan mereka sendiri.

Selain itu, mereka ingin Sofa Kuning menjadi setitik kebahagiaan antara orang tua dan anak, sehingga bisa mempererat ikatan keduanya, tak hanya di saat tayang pada Sabtu sore, tapi juga di keseharian orang tua dan anak. Ya, seperti kebahagiaan saya melewatkan waktu bersama Naya menonton tayangan di Sabtu sore ini dan ikut menyanyikan lagu yang dibawakan berikutnya, "Layang-layang", sambil bernostalgia mengingat masa kecil bermain layang-layang,

Kuambil buluh sebatang

Kupotong sama panjang

Kuraut dan kutimbang dengan benang

Kujadikan layang-layang...

(M&B/SW/Dok. Mola TV)



Tags: keluarga,   pengasuhan anak,   parenting,   sofa kuning,   mola tv