Mother&Baby Indonesia
Serunya Belajar Digital Parenting di #MYBABYMomversity

Serunya Belajar Digital Parenting di #MYBABYMomversity

Moms, di situasi pandemi ini, rasanya ruang gerak kita dibatasi ya, karena harus mengurangi aktivitas di luar dan tetap tinggal di rumah saja. Hal ini pun juga dirasakan oleh Si Kecil sehingga bisa membuatnya menjadi anak yang kurang kreatif karena rasa bosan yang dialami.

Kondisi ini tampaknya menjadi tantangan tersendiri bagi Moms sebagai orang tua untuk berperan dalam membentengi Si Kecil agar bisa memanfaatkan teknologi dengan bijak guna berinteraksi dengan media digital tentunya.

Tak dipungkiri, kini anak-anak tumbuh di era digital yang menawarkan berbagai kemudahan yang berlimpah bagi mereka dalam mengakses pengetahuan, informasi, dan hiburan, kapan pun dan dimana pun, tanpa ada batasan waktu. Di samping segala kemudahan dan dampak positif tersebut, hal ini juga memberikan dampak negatif bagi anak, baik dari aspek psikologi maupun kesehatan.



Menyadari hal tersebut, MY BABY didukung oleh Mother&Baby kembali menggelar Inspiring Webinar Class ke-3 dari #MYBABYMomversity 2020 dengan tema Digital Parenting 101 For Mom yang membahas "Membesarkan Anak di Era Digital" pada Sabtu, 10 Oktober 2020 lalu.

Pada kesempatan Webinar Class yang dipandu oleh Nucha Bachri ini, MY BABY turut mengundang Novita Tandry, seorang psikolog anak, remaja, dan keluarga, serta Donita Nugroho, aktris cantik sekaligus mom influencer untuk berbagi tips, solusi, dan informasi edukatif mengenai membesarkan anak di era digital.

Teknologi Berubah, Namun Tahapan Tumbuh Kembang Anak Selalu Sama

Membesarkan anak di era digital memang tidak mudah. Apalagi bila Si Kecil termasuk generasi alfa yang merasa bisa mendapatkan apa pun dari teknologi. Novita Tandry mengatakan, sebagai orang tua, Moms perlu bijak menggunakan teknologi untuk kebaikan agar anak bisa mendapatkan manfaatnya.

Namun, tak lupa pemanfaatan teknologi ini juga perlu disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak. Meskipun teknologi berubah, Moms perlu ingat bahwa tahapan tumbuh kembang anak selalu sama, dan tidak ada anak yang tumbuh secara instan.

Pada usia 0-2 tahun, perkembangan anak sangat sensitif, di mana pada saat ini sebenarnya anak tidak perlu memiliki screen time atau mengakses gadget. Maka, sebaiknya orang tua aktif memberikan stimulasi dengan hal-hal yang positif.

Sementara itu pada usia 14 tahun, Novita mengatakan, otak manusia akan mengalami pruning, yang diibaratkan anak bisa menghapus hal-hal repetitif yang negatif maupun positif yang diberikan sampai ia berusia 14 tahun. Maka hal yang sama perlu Anda lakukan, yaitu menanamkan hal-hal positif dalam kehidupan anak.

Novita juga mengatakan bahwa di masa pandemi yang membuat kita memiliki waktu secara kualitas dan kuantitas bersama anak, sebaiknya Moms bisa memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya. Namun jangan lakukan itu sampai kebablasan, karena teknologi memang dapat membantu kita dalam membesarkan atau mendidik anak, tapi jangan sampai teknologi menggantikan posisi kita sebagai orang tua.

“Berikan anak-anak sesuatu yang tidak bisa diberikan oleh teknologi, yaitu daya juang, integritas, dan etika. Ajarkan pula anak Anda berbagai life skill sehingga ia tidak menjadi generasi instan dan tergantung dengan teknologi,” ujar Novita.

Tips Mendampingi Anak dalam Mengakses Gadget

Meski memiliki perbedaan prinsip dengan sang suami soal memberikan akses penggunaan gadget untuk anak-anaknya, artis sekaligus mom influencer, Donita Nugroho, mengaku bahwa dengan memanfaatkan teknologi ia sedikit banyak merasa terbantu saat membesarkan Si Kecil. Apalagi di saat pandemi di mana anak-anak mulai sekolah secara daring.

Namun saat memberikan akses untuk menggunakan gadget, ia berusaha untuk selalu mendampingi anak. Ia pun membagikan beberapa tips pada peserta #MYBABYMomversity mengenai tips mendampingi anak dalam mengakses gadget seperti:

• Pilih tontonan yang akan diberikan pada anak.



• Batasi waktunya sesuai aturan screetime yang disarankan.

• Jadikan bermain gadget sebagai reward dari perbuatan baik yang mereka lakukan.

• Selalu mendampingi Si Kecil saat sedang bermain gadget.

Soal waktu bermain gadget, tak lupa ibu dari Svarga dan Parva ini mengatakan bahwa bila kita ingin mengurangi waktu anak bermain gadget maka kita harus mencontohkan. “Orang tua tidak boleh terlalu sering pegang gadget juga,” imbuhnya.

Lewat Inspiring Webinar Class ke-3 dari #MYBABYMomversity, diharapkan para Moms atau peserta yang berpartisipasi bisa menjadi cerdas dan selektif dalam pengasuhan anak di era digital dan dapat menyeleksi semua informasi yang harus diterima anak sesuai dengan umurnya.


Yuk, Jadi Duta Ibu Cerdas, Moms! 

Moms, setelah Anda mendapatkan informasi yang edukatif dari #MYBABYMomversity, Anda juga bisa mengikuti Writing Competition #TipsIbuCerdasMYBABY untuk menjadi Duta Ibu Cerdas MY BABY 2021 dan menangkan hadiah total ratusan juta rupiah!


Caranya, tulis #TipsIbuCerdasMYBABY dari Anda yang berkaitan dengan tema dan topik Momversity. Lalu, submit tulisan Moms ke microsite MY BABY Momversity. Anda juga bisa mengirimkan lebih dari 1 tips lho, Moms.


Nantinya, sebanyak 30 ibu yang terpilih akan memenangkan total hadiah ratusan juta rupiah dan menyandang gelar Duta Ibu Cerdas MY BABY 2021. Jangan lupa periode Writing Competition: Agustus-Oktober 2020. Info selengkapnya, kunjungi www.mybaby.co.id/momversity. (Vonda Nabilla/SW/Dok. MYBABY)



Tags: keluarga,   digital parenting,   mybabymomversity 2020