Mother&Baby Indonesia
6 Minuman yang Bisa Bikin Kulit Bersih, Mulus, dan Cantik

6 Minuman yang Bisa Bikin Kulit Bersih, Mulus, dan Cantik

Memiliki kulit mulus, bersih, glowing, dan cantik tentu menjadi dambaan setiap wanita. Tak heran bila banyak wanita yang berusaha untuk rajin merawat kulit dengan menggunakan berbagai macam produk skin care yang banyak di jual di pasaran.

Meski banyak produk skin care yang menjanjikan bisa membuat kulit wanita lebih sehat dan cantik, namun sesungguhnya cara terbaik untuk mendapatkan kulit yang cantik, mulus, dan bersih adalah dengan merawatnya dari dalam tubuh. Karena apa yang masuk dalam tubuh kita tidak hanya akan memberikan manfaat pada kesehatan, namun juga pada kulit kita.

Dengan rajin mengonsumsi jenis minuman di bawah ini, Moms bisa mewujudkan kulit mulus, bersih, glowing, dan cantik seperti dambaan Anda.



1. Air Putih

Minum air putih penting untuk selalu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Air putih juga baik untuk kesehatan kulit Anda karena dapat membantu melidungi kulit dari gangguan atau masalah kulit dan kerutan, yang keduanya rentan terjadi saat Anda mengalami dehidrasi.

Meski tidak ada aturan terkait jumlah air yang harus diminum untuk membuat kulit Anda tampak bersih dan cantik, untuk orang dewasa, biasakan minum 8 gelas air putih per hari. Dengan membiasakan diri untuk rutin mengonsumsi air putih, ini tidak hanya membuat kulit Moms menjadi bersih, tetapi juga membuat kulit Anda tampak lebih sehat dan kenyal.

2. Teh

Ada banyak jenis teh yang dapat membantu membuat kulit Anda lebih sehat dan bersih. Teh melati dan teh rooibus biasa digunakan untuk membantu mengendalikan eksim dan jerawat. Teh hitam dan teh hijau yang keduanya mengandung antioksidan, baik untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Teh hitam juga memiliki sifat anti-inflamasi, seperti halnya teh jahe, yang dapat membantu kulit Moms terlihat awet muda serta dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan.

Bila Moms memiliki masalah dengan jerawat, Anda bisa mengonsumsi teh spearmint. Menurut sebuah penelitian, teh spearmint bisa membunuh bakteri dan jamur penyebab penyakit kulit. Berdasarkan studi American Academy of Dermatology, minum dua cangkir teh spearmint setiap hari dapat membantu mengurangi jerawat sebanyak 25%, sementara minum setelah tiga bulan jerawat berkurang sebanyak 51%.

3. Matcha

Matcha diketahui memiliki 137 kali lipat antioksidan dari teh hijau biasa atau standar. Bila Moms rajin mengonsumsi matcha, ini berarti Anda 'membanjiri' tubuh dengan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang bisa merusak sel kulit Anda, serta membantu mencegah penuaan dini.



4. Jus hijau

Sayur kale bisa menjadi salah satu bahan untuk membuat jus hijau dan memiliki manfaat super untuk kesehatan kulit Anda. Kale mengandung vitamin A yang sering ditemukan dalam krim anti penuaan. Ini juga bisa mendorong pertumbuhan sel, sehingga membantu menyingkirkan sel-sel kulit yang lebih tua dan kusam, dan membawa sel-sel kulit baru yang cerah. Kale juga kaya akan vitamin C, yang dapat menjaga kulit agar tetap kuat.

Moms juga bisa memanfaatkan mentimun untuk membuat jus hijau yang juga baik untuk kulit Anda. Karena mentimun kaya akan potasium, magnesium, dan silika, yang dapat membuat kulit Anda jadi bercahaya.

5. Jus lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi luka bakar akibat sinar matahari dan goresan, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kebersihan kulit. Mengonsumsi jus lidah buaya yang kaya akan antioksidan dan vitamin dapat membantu melindungi kulit, mengurangi frekuensi dan munculnya jerawat, serta dapat membantu mengurangi kambuhnya kondisi kulit tertentu seperti psoriasis dan dermatitis. Senyawa dalam lidah buaya juga telah terbukti dapat menetralkan efek kerusakan ultraviolet akibat sinar matahari, memperbaiki kulit, dan membantu mencegah garis-garis halus dan kerutan.

6. Anggur merah

Anggur merah diketahui mengandung flavonoid, resveratrol, dan tanin, yang merupakan antioksidan yang memiliki manfaat anti penuaan. Antioksidan ini dapat membantu menjaga kolagen dan elastisitas kulit Anda, sehingga membuat kulit tampak lebih muda.

Kandungan antioksidan serta sifat antiinflamasi dan antiseptik yang ada pada anggur merah juga dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan serta bintik hitam. Selain itu, ini juga bisa membantu membersihkan pori-pori kulit, membuat kulit bersih dan mengurangi kemungkinan munculnya jerawat di kemudian hari. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik) 



Tags: minuman,   nutrisi,   kulit,   minuman untuk kulit