Mother&Baby Indonesia
Jangan Salah, Ini Bedanya Essential oil dan fragrance oil

Jangan Salah, Ini Bedanya Essential oil dan fragrance oil

Moms, apakah Anda penyuka aromaterapi? Aromaterapi sendiri merupakan terapi pemulihan dengan menggunakan minyak atsiri (essential oil) untuk meningkatkan kondisi kesehatan dan psikologis. Karena menggunakan essential oil, terapi ini juga kerap disebut dengan istilah essential oil therapy.

Nah, maraknya tren aromaterapi yang ada membuat banyak merek mengatasnamakan produk aromaterapi beredar. Nyatanya, banyak produk fragrance oil menggunakan istilah aromaterapi. Jika Moms termasuk pengguna essential oil dan fragrance oil, Anda sebaiknya perlu tahu perbedaan keduanya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 perbedaan antara essential oil dan fragrance oil:

1. Essential oil dari bahan natural, fragrance oil dari campuran senyawa sintetis

Dilihat dari bahan bakunya, essential oil bersifat lebih natural karena murni berasal dan terbuat dari ekstrak tumbuhan atau bagian tubuh tumbuhan maupun resin. Essential oil berwujud cair kental pada suhu ruangan namun bisa menguap dengan mudah.



Sedangkan fragrance oil berasal dari campuran senyawa sintetis atau bahan alam yang dilarutkan dalam minyak pembawa dan memiliki aroma yang biasanya diambil untuk bahan kosmetik. Biasanya essential oil juga digunakan sebagai bibit minyak wangi (fragrance oil) untuk membuat aroma tertentu.

2. Essential oil tidak dapat diaplikasikan ke kulit, fragrance oil bisa

Dilihat dari pemakaiannya, essential oil tidak dapat diaplikasikan langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Jika Moms ingin mengaplikasikannya ke kulit, Anda mesti mencampurkannya dengan bahan lain terlebih dulu. Sedangkan, fragrance oil biasa digunakan untuk berbagai keperluan kosmetik dan kecantikan. Selain itu, jenis ini dapat diaplikasikan ke kulit sebagai massage oil atau treatment oil

3. Essential oil punya efek aromaterapi, fragrance oil tidak

Dilihat dari fungsinya, essential oil memiliki kandungan alamiah tumbuhan yang memiliki sifat therapeutic. Sebagian besar essential oil memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antidepresan. Karena itu essential oil biasanya digunakan untuk menenangkan atau dijadikan sebagai aromaterapi. Sebaliknya, fragrance oil tidak memiliki sifat therapeutic. Fragrance oil sendiri hanya digunakan sebagai wewangian untuk keperluan kosmetik dan kecantikan tanpa memberikan efek terapi.



4. Essential oil punya aroma wangi terbatas, fragrance oil lebih beragam

Dibandingkan essential oil, aroma wangi yang dimiliki fragrance oil lebih beragam dan lebih menarik karena digunakan untuk memberi aroma wewangian pada kosmetik dan perawatan tubuh. Adapun essential oil punya aroma wewangian yang natural, seperti daun, kayu, dan herbal, sesuai dengan bahan pembuatannya yang murni terbuat dari 100 persen bahan alami.

5. Essential oil relatif lebih mahal dibandingkan fragrance oil

Dilihat dari harganya, essential oil cenderung lebih mahal dibandingkan dengan fragrance oil karena bahan baku pembuatannya dan sifatnya yang therapeutic. Bukan hanya sebagai aromaterapi, essential oil juga bisa dijadikan obat untuk berbagai masalah kesehatan. Sedangkan fragrance oil merupakan produk sintetis yang telah mengalami proses di laboratorium dan tidak memiliki sifat penyembuhan therapeutic.

Itulah perbedaan antara essential oil dan fragrance oil. Jadi kini Moms tidak akan salah lagi memilih saat hendak membeli produk tersebut. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   essential oil,   fragrance oil,   aromaterapi