Mother&Baby Indonesia
Mudah, Ini 10 Cara Alami untuk Mengatasi Perut Kembung

Mudah, Ini 10 Cara Alami untuk Mengatasi Perut Kembung

Walau tergolong kondisi yang umum dan tidak berbahaya, perut kembung dapat membuat Anda jadi tidak nyaman saat melakukan berbagai aktivitas, bahkan saat sekadar duduk sekali pun. Selain itu, kembung juga membuat perut tampak lebih besar atau buncit. Perut yang kembung atau terasa begah biasanya disebabkan oleh menumpuknya gas pada sistem pencernaan, seperti usus. Untungnya, terdapat banyak cara alami dan mudah bagi Anda untuk mengatasi perut kembung. Hmm, apa saja, ya?

1. Mengurangi Makanan Tinggi Gas

Beberapa makanan tinggi serat, seperti kacang-kacangan atau kol, dapat mendorong produksi gas pada perut. Moms bisa buat jurnal makanan untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa membuat Anda kembung.

2. Jangan Makan Terlalu Banyak

Hindari makan terlalu banyak porsi dalam sekali makan, walau Anda sedang lapar sekalipun. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan perut menjadi begah serta kembung. Selalu jaga porsi makan secukupnya saja ya, Moms.



3. Hati-hati Alergi

Alergi makanan dan intoleransi adalah beberapa penyebab umum kembung. Saat Anda mengonsumsi makanan yang tidak bisa ditoleransi oleh tubuh, maka makanan itu bisa mendorong produksi gas berlebih sehingga menyebabkan kembung.

4. Minum Teh Chamomile

Secangkir (atau dua cangkir) teh chamomile mampu memberikan sensasi nyaman pada perut dan membantu mengeluarkan gas pada sistem pencernaan. Jika Moms termasuk orang yang mudah kembung, maka minum secangkir teh chamomile sebelum makan dan sebelum tidur dapat membantu mengurangi gejala perut kembung.

5. Berjalan Ringan

Gerakan fisik dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, termasuk mendorong melepaskan gas tubuh serta kotoran. Berjalan ringan mengelilingi rumah sudah cukup untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuang gas yang ada di dalam perut Anda.

6. Pijat Perut

Saat kembung, Moms bisa memijat perut untuk membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Melansir Medical News Today, memijat perut sesuai dengan letak dan arah usus besar sangat ampuh untuk mengatasi perut kembung. Letakkan tangan di atas tulang pinggang, lalu pijat dengan gerakan memutar ke arah tulang belikat kanan menuju tulang belikat kiri, kemudian secara perlahan pijat menuju tulang pinggang kiri.



7. Yoga

Beberapa posisi yoga dapat membantu menggerakkan otot-otot perut untuk mengeluarkan gas berlebih pada saluran sistem pencernaan. Child’s pose, happy baby pose, dan squat dapat membantu mengeluarkan gas perut dengan cepat.

8. Mandi Air Hangat

Berendam air hangat dapat membantu meredakan perut yang begah. Selain itu, perasaan rileks akibat mandi air hangat juga bisa mengurangi stres sehingga mendorong sistem pencernaan berfungsi lebih optimal dan mengeluarkan gas tubuh yang berlebih.

9. Jaga Pola Makan Sehat

Jaga asupan garam harian secukupnya untuk menghindari retensi air pada tubuh dan sensasi kembung pada perut. Selain itu, Moms juga bisa coba diet rendah kalori fermentasi atau FODMAP (fermentable oligo-, di-, mono-saccharides and polyol). Makanan yang termasuk FODMAP terkenal mampu memicu gejala perut kembung. Beberapa contoh makanan FODMAP antara lain adalah gandum, bawang putih, bawang merah, susu, yoghurt, keju lembut, mangga, madu, blackberry, leci, dan xylitol.

10. Hindari Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi mengandung gas yang dapat menumpuk pada perut. Karbondioksida yang membuat minuman jadi bersoda juga bisa menyebabkan perut kembung. Gula berlebih dan pemanis buatan pada minuman bersoda juga dapat menyebabkan gas pada perut menumpuk. Oleh karena itu, kurangi asupan minuman bersoda dan ganti dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih atau teh chamomile hangat. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: perut kembung,   sakit perut,   kesehatan