Mother&Baby Indonesia
Musim Hujan di Tengah Pandemi? Hadapi dengan 5 Cara Ini!

Musim Hujan di Tengah Pandemi? Hadapi dengan 5 Cara Ini!

Moms, Anda mungkin perhatikan bahwa beberapa hari terakhir ini hujan turun mengguyur bumi. Sepertinya musim hujan tahun ini sudah mulai tiba ya, Moms. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri memprediksi datangnya musim hujan dimulai secara bertahap pada akhir bulan Oktober 2020 dan diperkirakan mengalami puncaknya pada Januari dan Februari 2021 di sebagian besar wilayah Indonesia.

Yang jadi masalah, musim hujan tahun ini berbarengan dengan masih adanya pandemi akibat wabah penyakit COVID-19 di Indonesia yang belum pasti kapan bakal usai. Cuaca yang cenderung dingin dan lembap saat musim hujan juga akan membuat penyakit seperti flu, pilek, dan batuk, lebih mudah menyerang Anda.

Di musim hujan, kelihatannya memang akan cukup sulit buat kita menjaga tubuh agar tidak mudah terserang flu. Sementara Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa kemungkinan besar flu akan menyebar bersama COVID-19.



Untuk itu, langkah pencegahan harus diterapkan guna menjaga diri agar terhindar dari risiko kedua penyakit tersebut. Merangkum dari berbagai sumber, ada 5 langkah pencegahan yang bisa diterapkan untuk melindungi diri dari flu di tengah pandemi COVID-19 ini, Moms.

1. Jaga Pola Hidup Sehat

Cobalah untuk makan makanan yang sehat dan teratur selama musim hujan untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh Anda. Variasikan menu makan harian yang mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat. Selain itu, lakukan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, cukup istirahat, kelola stres dengan baik, hindari rokok dan minuman beralkohol, dan jika perlu konsumsi suplemen vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

2. Selalu Jaga Kebersihan Diri

Sama seperti COVID-19, virus flu juga menyebar dan menular melalui droplets orang yang terinfeksi. Karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, mengenakan masker ketika berada di luar rumah, dan menerapkan jaga jarak.

Anda juga mesti menghindari menyentuh wajah, terutama area hidung, mulut, dan mata, sehingga virus yang mungkin menempel di tangan tidak masuk ke dalam tubuh. Membersihkan perabotan rumah yang sering disentuh juga perlu dilakukan secara rutin menggunakan disinfektan.



3. Mandi Setelah Hujan-hujanan

Air hujan bisa mengandung partikel-partikel virus dan bakteri yang terbawa oleh angin dan mungkin terhirup. Selain itu, genangan dari air kotor di musim hujan dapat mendaratkan virus dan bakteri ke kulit, sehingga Anda dianjurkan untuk segera mandi dengan bersih begitu sampai rumah setelah kehujanan di jalan.

4. Tanggap saat Merasa Kurang Enak Badan

Baik flu maupun COVID-19, keduanya punya gejala serupa, seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, dan sulit bernapas. Jadi, jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, jangan enggan untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Saat Anda merasa kurang enak badan, sebaiknya lakukan istirahat di rumah dan hindari aktivitas di luar rumah, sehingga Anda tidak tertular ataupun menularkan penyakit.

5. Lakukan Vaksin Influenza

Meskipun flu merupakan penyakit yang umum, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang parah bagi mereka yang punya daya tahan tubuh rentan seperti bayi, ibu hamil, orang lanjut usia, dan mereka yang punya sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Baca juga: Vaksin Influenza, Penting di Masa Pandemi COVID-19

Untuk itu, jika perlu, lakukan vaksin influenza, terutama di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Pemberian vaksin ini dipercaya merupakan langkah preventif yang mampu mengurangi risiko terjadinya gejala infeksi virus corona yang parah, namun bukan mengobati COVID-19. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   musim hujan,   pandemi,   covid-19