Mother&Baby Indonesia
7 Hal yang Perlu Dikenalkan pada Anak Laki-laki Sejak Dini

7 Hal yang Perlu Dikenalkan pada Anak Laki-laki Sejak Dini

Sebagai orang tua, Moms dan Dads menjadi tempat pertama anak-anak untuk belajar tentang banyak hal. Tak hanya soal kecerdasan otak, tapi juga pelajaran hidup untuk bekal mereka di masa depan. Berbeda dengan yang diajarkan pada anak perempuan, ada beberapa hal yang juga penting dikenalkan pada anak laki-laki. Apa saja poin penting dalam kehidupan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Sopan Santun

Sejak kecil, anak sudah perlu diajarkan untuk beretika dan sopan saat berinteraksi dengan seseorang. Sikap ini menjadi dasar saat ia berkomunikasi dengan orang tua, saudara, anggota keluarga lain, bahkan teman. Baik dari gaya berbicara, menghormati, menghargai, hingga mengucapkan kata terima kasih, tolong, dan maaf.

2. Tanggung Jawab

Walau masih anak-anak, Si Kecil sudah perlu dikenalkan dengan sikap bertanggung jawab. Hal ini bisa diajarkan dari sesuatu yang sederhana, seperti memintanya untuk merapikan mainan kembali ke tempat penyimpanan setelah selesai. Cara lainnya, Anda bisa mengarahkannya untuk membuang sampah di tempat sampah dan membersihkan lantai setelah ia menumpahkan minuman, baik disengaja ataupun tidak.



3. Bebas Berekspresi

Anak laki-laki memang lebih sulit mengekspresikan perasaannya secara nyata. Maka, Anda perlu melatihnya untuk bisa menunjukkan perasaan sayang, bahagia, marah, atau sedih pada Si Kecil. Jika ia sayang dan perhatian, biarkan ia memeluk dan mencium Anda. Apabila ia takut, marah, atau sedih, tak apa untuk menangis sebagai cara meluapkan emosi yang ia rasakan.

4. Berjuang

Si Kecil akan sangat membutuhkan daya juang yang tinggi untuk mencapai impiannya. Maka, Anda perlu jelaskan bahwa setiap keinginan membutuhkan usaha yang keras untuk bisa diwujudkan. Meskipun gagal atau berat, ajarkan anak laki-laki Anda untuk bertahan dan tidak mudah menyerah. Contohnya, ketika Si Kecil ingin suatu mainan, ajak ia untuk menabung hingga mendapatkan sejumlah uang yang bisa dipakai untuk membeli mainan tersebut.




5. Jujur

Setiap anak, terutama anak laki-laki, tentu harus diajarkan untuk bisa jujur. Meski kejujuran tidak selamanya indah, namun ini merupakan hal yang benar untuk dilakukan. Sampaikan pada Si Kecil untuk selalu jujur, baik melalui perkataan maupun perbuatan.

6. Menghargai Wanita

Berbeda sedikit dengan sopan santun pada orang lain, anak laki-laki juga perlu diajarkan untuk bisa lebih menghargai seorang wanita. Sebagai aksi nyata, Dads bisa contohkan sikap ini pada Moms dengan tidak berlaku kasar di hadapan Si Kecil. Dengan hal sederhana tersebut, anak akan belajar menghargai ibunya sendiri dan wanita secara umum di masa depan.

7. Menjadi Pemimpin

Jiwa kepemimpinan anak tentu sudah bisa dibentuk sejak dini. Hal ini akan mengantar anak untuk berani berpendapat serta mengambil keputusan dalam setiap pilihan di hidupnya. Dengan arahan yang tepat dari orang tua, khususnya sang ayah, anak bisa belajar dan bersikap layaknya seorang pemimpin kelak.

Tentu tidak mudah untuk mengajarkan semua hal tersebut. Tapi seiring berjalannya waktu, tak hanya Si Kecil yang belajar, Dads yang merupakan contoh untuknya juga bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   anak laki-laki