Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Alasan Anda Perlu Dampingi Anak Bereksplorasi

Moms, Ini Alasan Anda Perlu Dampingi Anak Bereksplorasi

Dunia anak adalah dunia bermain. Berlari, melompat, dan menari adalah bagian dari eksplorasi yang dilakukan Si Kecil terhadap lingkungan di sekitarnya.

Eksplorasi merupakan bagian penting bagi tumbuh kembang anak. Eksplorasi adalah cara Si Kecil untuk memuaskan rasa penasarannya terhadap berbagai hal. Banyak manfaat yang bisa didapat saat Moms membiarkan anak bereksplorasi, antara lain:

• Melatih kemampuan motorik anak.



• Melatih kemampuan persepsi.

• Memahami hubungan sebab dan akibat.

• Mengenal ragam bentuk dan bunyi.

• Belajar memahami proses.

• Mengembangan panca indra.

Manfaat Mendampingi Anak Bereksplorasi

Eksplorasi di masa pandemi? Kenapa tidak? Eksplorasi juga bisa dilakukan di rumah lho, Moms. Caranya bisa beraneka ragam, mulai dari menggambar, membangun sesuatu dengan balok-balok kayu, atau bermain peran. Namun satu hal yang tak kalah penting, Moms perlu mendampingi Si Kecil ketika ia bereksplorasi. 

“Dalam menemani anak bereksplorasi dan berekspresi, orang tua harus memahami apa saja yang terjadi di tiap tahapan tumbuh kembang anak. Selain itu, orang tua juga harus mempelajari apa saja yang menjadi materi bermain dan stimulasi yang harus dipersiapkan. Dan yang terpenting adalah diperlukannya konsistensi dari orang tua dalam mendampingi proses tumbuh kembang anak-anak mereka,” jelas psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, Psikolog, dalam siaran virtual bersama PZ Cussons Indonesia (9/10).

Nah, mendampingi anak bereksplorasi juga memiliki banyak efek positif. Selain meningkatkan bonding antara Moms dan Si Kecil, Anda juga bisa terus memantau secara langsung sejauh mana perkembangan kemampuan motorik serta sensorik sang buah hati.

Eh, tapi ada juga lho, manfaat lain mendampingi anak bereksplorasi. Moms bisa sekalian mengabadikan momen seru eksplorasi Si Kecil dan mengikutsertakannya dalam ajang Cussons Bintang Kecil (CBK) 9 dengan tema “Eksplorasi Dunianya”. Sebagai catatan, CBK 9 resmi dibuka pada 9 Oktober 2020 dengan menampilkan Naura sebagai bintang tamu.




Menggali Minat dan Potensi

Dengan menggelar CBK 9, PZ Cussons Indonesia memahami betul betapa pentingnya bagi orang tua untuk ikut menyelami dunia imajinasi anak. Hal ini berguna untuk membentuk dan meningkatkan kreativitas Si Kecil yang bertujuan untuk perkembangan mental, sosial, serta emosinya.

CBK 9 ini akan menjadi sarana yang tepat bagi orang tua dalam memberikan ruang gerak anak yang bersifat edukatif sesuai dengan usianya, sekaligus menjaga mood anak agar tetap gembira saat di rumah saja selama masa pandemi COVID-19.

Moms ingin mendaftarkan Si Kecil untuk mengikuti ajang ini? Langsung saja mengunjungi situs www.cbk9.co.id dan mengisi data diri Si Kecil secara lengkap. Apabila sudah terdaftar, maka peserta dapat mengunggah berbagai foto dan video seru Si Kecil saat bereksplorasi.

CBK 9 terdiri atas 3 kategori, yaitu:

• Baby Category untuk usia 0-<2 tahun.

• Toddler Category untuk usia 2-4 tahun.

• Kids Category untuk usia 4-8 tahun.


Ajang CBK 9 berlangsung selama periode 9 Oktober 2020 hingga 9 Januari 2021. PZ Cussons Indonesia sudah menyiapkan total hadiah senilai 1 miliar rupiah, lho! Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera daftarkan dan unggah video eksplorasi Si Kecil, Moms!

Oh ya, bagi para Moms, PZ Cussons Indonesia juga akan menggelar serangkaian workshop berskala kecil dan besar melalui platform Instagram Live dan YouTube. Anda bisa menimba ilmu tentang sejumlah tema yang berhubungan dengan eksplorasi anak serta memaksimalkan tumbuh kembang mereka.

“Cussons selalu hadir untuk keluarga Indonesia serta berkomitmen kuat untuk senantiasa mendampingi proses tumbuh kembang SI Kecil,” ungkap Alifa Nisfiyani, Sr. Brand Manager Cussons Baby. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Cussons)



Tags: anak,   balita,   anak bereksplorasi,   cussons bintang kecil