Mother&Baby Indonesia
6 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak Perempuan Sejak Dini

6 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak Perempuan Sejak Dini

Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban kita untuk mengajarkan banyak hal pada anak, apalagi jika ia sudah mulai mengenal dan mencoba memahami lingkungan sekitar. Semakin banyak yang perlu dipelajari oleh Si Kecil seiring bertambahnya usia anak.

Bagi Moms yang memiliki anak perempuan, Anda mungkin sudah paham bahwa Si Kecil dikenal cenderung lebih sensitif, meski tidak selalu begitu. Hal ini pun bisa memengaruhi banyak hal dalam hidupnya, termasuk dalam pergaulannya nanti.

Anak perempuan terkadang memiliki pemikiran yang lebih rumit dibandingkan anak laki-laki. Karenanya, Anda perlu mengajarkan Si Kecil untuk menjadi pribadi yang memiliki pesona dan mental yang kuat kelak. Untuk membantu Anda, simak hal-hal yang bisa diajarkan pada anak perempuan sejak dini berikut ini, Moms.



1. Menjadi Diri Sendiri

Konsep ini memang tidak ada panduan, bahkan Anda sendiri pun belum tentu bisa melakukannya. Namun, Anda bisa memberikan pemahaman pada anak bahwa ia bisa memilih apa yang ia mau dan itulah yang terbaik untuk dirinya sendiri. Tentu bukan dengan "tidak mendengarkan saran" sama sekali, melainkan tidak memaksakan diri untuk "tampak sama".

Untuk melakukannya juga butuh kepercayaan diri yang kuat. Maka setelah ia tahu kemauannya sendiri, Moms perlu menyakinkan bahwa itulah yang tepat baginya. Katakan pada Si Kecil bahwa ia berharga apa pun yang ia inginkan dan perbedaan yang ia miliki dibanding dengan anak lainnya. Dengan adanya dukungan dari Anda, maka ia pun akan semakin kuat dan mampu menjadi dirinya sendiri.

2. Menghargai Orang Lain

Setelah ia sudah cukup kuat untuk menjadi diri sendiri, hal lain yang perlu diajarkan adalah cara menghargai orang lain. Poin ini bisa dimulai dengan membiasakan ia mengucapkan tiga kata ajaib; "Tolong", "Maaf", dan "Terima kasih".

Terapkan hal ini di keluarga dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Si Kecil lebih mudah untuk memahami makna dan cara penggunaannya. Jadi, bukan hanya sekadar diucapkan, tapi Anda juga memberikan contoh cara menyampaikan dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan tiga kata ajaib tersebut.


3. Disiplin dan Mandiri

Hal berikutnya adalah soal kedisiplinan dan kemandirian. Anda bisa mengenalkan sifat disiplin dengan membuat jadwal dengan penerapan yang tepat. Hal ini akan membuat Si Kecil belajar untuk mampu bertanggung jawab pada tugas yang diberikan padanya.



Anak perempuan juga harus mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Salah satu cara mengajarkannya adalah dengan meminta ia merapikan mainannya atau meletakkan piring dan gelas yang ia pakai ke tempat cuci. Hal-hal kecil tersebut akan dapat mengajarkan anak untuk siap melakukan sesuatu seorang diri.

4. Miliki Pribadi yang Menyenangkan

Menjadi kuat bukan berarti sombong atau keras terhadap orang lain. Moms bisa mengajaknya untuk ramah terhadap orang lain dan tidak membedakan siapa pun dalam pertemanan. Jadi, Si Kecil dapat menjadi sosok yang disukai banyak orang, bahkan tanpa ia sadari.

Keterbukaan dan kejujuran juga bisa menjadi salah satu kunci yang membuat pribadi anak menjadi menyenangkan. Namun, tetap ingat untuk tidak memaksanya selalu terlihat selalu bahagia. Biarkan ia menunjukkan perasaan tidak nyaman atau sedih sesekali sebagai langkah menjaga kesehatan mentalnya.

5. Tanamkan Nilai Moral dan Religi

Selain hal-hal menyenangkan tadi, Moms juga perlu mengajarkan tentang etika dan sopan santun. Hal ini akan sangat berpengaruh pada sikap anak di depan orang lain yang berinteraksi dengannya. Nilai-nilai berdasarkan agama juga sudah bisa ditanamkan.

Satu hal yang tak boleh terlewat, bahwa setiap agama memiliki perbedaan nilai. Hal ini pun tidak sepatutnya untuk dibanding-bandingkan, namun ajak Si Kecil untuk bisa membuat perbedaan tadi menjadi selaras dan berdampingan dalam kehidupan.

6. “Kita Tidak Lemah”

Setiap orang boleh saja menangis, melawan, menolak, termasuk anak perempuan. Namun, hal ini sama sekali tidak menandakan bahwa perempuan itu lemah, melainkan menjadi pribadi yang berani, kuat, dan mampu berjuang untuk diri sendiri maupun orang lain.

Tentu tidak mudah untuk mengajarkan semua hal tersebut. Tapi seiring berjalannya waktu, tak hanya Si Kecil yang belajar, Moms yang merupakan contoh untuknya juga bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   anak perempuan