Mother&Baby Indonesia
5 Cara Menyemangati Anak yang Mudah Menyerah

5 Cara Menyemangati Anak yang Mudah Menyerah

Gigih berjuang dan optimistis meraih semua hal yang diimpikan. Sikap anak pantang menyerah seperti itu tentu menjadi harapan para orang tua ya, Moms. Karakter seperti ini bagaikan ‘modal’ yang kelak berguna bagi kehidupan anak, baik di sekolah maupun di dunia bekerja.

Sayangnya, tidak semua anak gigih berjuang, ada juga anak yang mudah menyerah. Sekali gagal, ia akan langsung merasa terpuruk dan sulit untuk bangkit lagi. Apakah anak Moms salah satunya? Jangan khawatir dulu, karena Anda bisa menyemangati anak yang mudah menyerah dengan beberapa langkah di bawah ini.

Puji Usahanya

Ketika ia merasa gagal, puji usahanya. Begitu juga ketika anak merasa menang, jangan puji kemenangannya melainkan kerja kerasnya. Anak harus tahu kalau usaha yang optimal akan memberikan hasil yang optimal juga. Maka saat usahanya belum berhasil, artinya ia harus lebih semangat lagi berusaha meraih segala harapan. Jangan lupa untuk memuji usaha anak yang sedang berusaha untuk bangkit dari kekalahan ya, Moms. Ingatkan anak kalau tak ada usaha yang sia-sia.



Jangan Dibantu Terus

Orang tua memang cenderung ingin memberikan berbagai kemudahan bagi anaknya. Padahal, kemudahan-kemudahan yang Anda berikan justu akan membuatnya tidak mandiri, tidak percaya diri, dan kurang terlatih mencari solusi. Stop membanjiri anak dengan kemudahan dan biarkan anak mengasah kemampuannya untuk meraih yang ia impikan. Ini akan membantu mengasah kemampuan anak untuk tidak mudah menyerah lho, Moms.

Ajarkan Optimisme

Kenalkan konsep optimisme pada anak, agar ia tahu kalau "menyerah" adalah kata yang perlu dicoret dari kamusnya. Anak harus tahu kalau semua orang pernah melakukan kesalahan, pernah gagal, dan pernah kalah. Namun semua orang bisa bangkit lagi dan berusaha lebih keras meraih kemenangan, dan itulah yang disebut optimisme.



Jadilah Contoh

Pengalaman orang terdekat dalam bangkit dari kegagalan adalah inspirasi terbaik bagi anak. Jadilah contoh yang baik bagi Si Kecil. Jadilah orang yang bisa ditiru anak dalam hal pantang menyerah.

Beri Tantangan

Agar anak tak mudah menyerah, tak ada salahnya menantang anak untuk mencoba lagi hal yang pernah mengecewakannya. Tidak perlu diberi iming-iming materi ya, Moms. Lebih baik bantu anak untuk membuat to-do-list untuk bangkit dari kegagalan dan selalu beri semangat untuk meraihnya.

Puji segala usahanya dan minta ia untuk menantang diri sendiri dengan tak menyerah. Jika ia bilang ia tidak bisa, Moms bisa memberinya semangat dengan mengatakan, “Kamu belum bisa, dan akan segera bisa kalau kamu berusaha lebih keras lagi. Ayo, kamu bisa, Nak!” (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   karakter anak,   anak mudah menyerah,   menyemangati anak