Mother&Baby Indonesia
Bayi Suka Menendang-nendang saat Menyusu? Ini Alasannya

Bayi Suka Menendang-nendang saat Menyusu? Ini Alasannya

Moms, pernah enggak Anda mendapati bayi Anda melakukan gerakan menendang-nendang saat tengah menyusu? Anda mungkin bingung dan lama-kelamaan malah merasa kesal dengan kelakuan Si Kecil tersebut. Pasalnya, tingkah laku bayi yang menendang-nendang itu justru jadi merepotkan Anda untuk menyusuinya.

Sebenarnya, apa yang sedang dilakukan Si Kecil tersebut merupakan caranya untuk berkomunikasi dan mengekspresikan perasaannya. Jadi, tak usah bingung jika bayi Anda melakukan hal tersebut, karena ia punya pesan yang ingin ia sampaikan pada Anda, Moms. Ya, dengan menendang-nendang, ia berusaha untuk mengatakan sesuatu. Tapi apa sih, yang ingin Si Kecil sampaikan pada Anda dengan menendang-nendang saat tengah menyusu? Ini penjelasannya, Moms.

1. Tidak Nyaman dengan Posisinya

Alasan pertama bayi menendang-nendang saat menyusu adalah ia berusaha mengatakan pada Anda bahwa ia merasa tidak nyaman dengan posisinya ketika menyusu. Si Kecil mencoba menyampaikan pesan pada Anda bahwa ia ingin berganti posisi agar lebih nyaman. Namun jika Moms tidak peka dan mengubah posisinya, ia akan terus menendang-nendang saat menyusu.



Karena itu, jika Si Kecil melakukan ini, cobalah untuk memperbaiki posisinya ya, Moms. Jika Anda juga belum paham proses laktasi yang baik dan sesuai dengan posisi bayi, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dan menanyakan soal ini pada dokter atau pakar laktasi untuk mendapatkan solusi yang tepat.

2. Suplai ASI yang kurang

Gerakan menendang-nendang Si Kecil saat menyusu juga bisa menjadi pertanda bahwa ia masih merasa kurang dengan jumlah asupan ASI yang ia konsumsi. Gerakan tersebut bisa diartikan sebagai aksi protes Si Kecil karena kurang memperoleh ASI.

Untuk itu, Moms bisa memindahkan Si Kecil agar menyusu di payudara Anda yang satunya lagi, sehingga kebutuhan minum ASI-nya akan terpenuhi. Jika ia sudah merasa cukup dan nyaman, ia akan berhenti melakukan gerakan menendang-nendang tersebut, Moms. Untuk membantu memperlancar produksi ASI Anda, Moms bisa rutin mengonsumsi daun katuk, bayam, dan makanan pelancar ASI lainnya.

3. Tidak Menyukai Rasa ASI

Rasa ASI bisa berbeda lho Moms, bergantung pada makanan yang Anda konsumsi atau pengaruh dari obat yang Anda minum. Dan bayi bisa merasakannya melalui ASI yang ia isap. Karena itu, jika saat Anda susui Si Kecil menendang-nendangkan kakinya, mungkin saja itu berarti ia tidak menyukai rasa ASI yang keluar dari payudara Anda.



4. Masih Ingin Mengisap Payudara

Beberapa ibu menyusui dengan produksi ASI melimpah kadang bisa membuat bayi mengalami kesulitan saat menyusu. Hal ini terjadi karena aliran ASI yang lancar dan deras tidak bisa diimbangi dengan kemampuan isap Si Kecil. Alhasil, bayi Anda pun merasa frustrasi dan melakukan gerakan menendang-nendang sebagai tanda kekesalannya.

Kemungkinan lainnya adalah Si Kecil sudah cukup menyusu tapi ia masih ingin tetap mengisap payudara untuk mencari kenyamanan. Namun ia terganggu karena ASI selalu keluar setiap kali mengisap. Karena itu ia menendang-nendang untuk melampiaskan kekesalan dan emosinya tersebut, Moms.

5. Sakit atau Mengalami Tumbuh Gigi

Gangguan yang muncul di mulut bayi karena sakit tenggorokan atau infeksi di dalam mulutnya, seperti sariawan, bisa membuat Si Kecil jadi tidak nyaman saat menyusu dan membuatnya melakukan gerakan menendang-nendang sebagai pesan yang ditujukan pada Moms agar membantunya mengatasi masalah tersebut.

Sedangkan pada kasus tumbuh gigi, ada bayi yang jadi lebih rajin menyusu untuk mengurangi rasa tidak nyaman di gusinya, tapi ada juga yang tidak mau menyusu sama sekali, dan ketika Anda menawari ASI padanya, Si Kecil malah menendang-nendang sebagai tanda penolakan. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi menyusu