Mother&Baby Indonesia
Ini yang Moms Perlu Tahu Soal 1000 Hari Pertama Kehidupan

Ini yang Moms Perlu Tahu Soal 1000 Hari Pertama Kehidupan

Moms pasti pernah dengar tentang 1000 hari pertama kehidupan atau periode emas, kan? Ini adalah periode di mana Si Kecil sedang berkembang sangat pesat, baik dari segi fisik, mental, maupun emosional.

Periode ini dimulai sejak Si Kecil terbentuk sebagai janin di dalam kandungan hingga ia berusia 2 tahun. Apa pun yang Si Kecil alami, lakukan, dan konsumsi sangatlah berpengaruh pada masa depannya. Maka, tak jarang pula periode ini disebut sebagai window of opportunities karena merupakan peluang untuk menetapkan fondasi kesehatan Si Kecil untuk jangka panjang.

Lalu, apa yang harus orang tua lakukan untuk mendukung 1000 hari pertama kehidupan? Tak perlu bingung Moms, karena hanya ada tiga pilar yang perlu Moms ingat yakni grow, play, dan love. Simak penjelasannya lebih lanjut di sini, Moms!



Grow, Kecukupan Gizi dan Kesehatan


Pada periode ini seluruh organ tubuh Si Kecil butuh gizi optimal agar dapat berkembang maksimal, terutama otaknya. Untuk mendukungnya, selama hamil Moms bisa menjalani pola makan lengkap seimbang, mengonsumsi suplemen jika dibutuhkan, serta menjaga kesehatan tubuh dan mental.

Setelah lahir, gizi terbaik di 6 bulan awal kehidupannya adalah ASI eksklusif. Seluruh kebutuhan gizi Si Kecil, mulai dari lemak, protein, mineral, hingga antibodi dipenuhi oleh ASI eksklusif. Tetap konsumsi pola makan sehat seimbang ya Moms, agar tubuh tetap sehat selama menyusui, serta ASI yang diproduksi berkualitas dan lancar. Pastikan Moms mengonsumsi cukup zat besi, yodium, folat, dan vitamin.

Saat Si Kecil sudah mulai MPASI hingga siap makan makanan biasa, Moms bisa berikan Si Kecil makanan yang bervariasi dan bergizi lengkap. Makanan tinggi zat besi serta lemak baik seperti omega-3 dan omega-6 sangat ia perlukan untuk perkembangan otaknya. Hindari zat kimia berbahaya serta gula dan garam berlebih ya, Moms.

Love, Dukungan dan Kasih Sayang


Support system sangatlah penting bagi perkembangannya selama periode ini. Untuk itu, relasi yang penuh kasih dan rasa aman perlu hadir sejak awal, karena melalui relasi inilah Si Kecil bisa belajar memahami, berkomunikasi, berekspresi, serta berperilaku. Maka dari itu, bonding bersama Si Kecil wajib dilakukan. Akan tetapi ini tak melulu hanya dilakukan oleh sosok ibu, karena kehadiran Dads sama pentingnya bagi pertumbuhan Si Kecil.

Moms dan Dads bisa mulai dengan bercerita atau menyanyi untuk Si Kecil saat ia berusia 5 bulan di dalam kandungan. Di usia ini Si Kecil sudah bisa mulai mendengar Anda sehingga membantunya merasa aman setelah lahir karena familiar dengan suara Moms dan Dads. Perasaan aman ini mendukungnya untuk bisa berkembang optimal.

Seiring pertumbuhannya di 1000 hari pertama kehidupan, Moms dan Dads bisa bonding bersama Si Kecil dengan bermain, bernyanyi, membaca, dan mengobrol bersama. Tak usah repot merencanakan quality time keluarga ke luar negeri, karena kegiatan sehari-hari pun bisa dimanfaatkan menjadi momen bonding spesial, seperti saat Si Kecil mandi atau makan. Sebisa mungkin buat suasana rumah menjadi penuh kasih, aman, dan menyenangkan.

Play, Stimulasi Tepat




Di rentang usia ini, bermain adalah satu-satunya metode belajar utama baginya. Tapi tak boleh asal mainan, ya. Maude Le Reoux, OTR/L, SIPT, RCTC, IMC, expert trainer DIR, mengatakan bahwa rangsangan sensori yang tepat bisa mendukung pertumbuhan sistem saraf pusat dengan optimal.

Contohnya, Moms dan Dads bisa mengobrol atau menyanyikan Si Kecil saat ia masih di dalam kandungan. Tak sekedar bonding, hal ini dapat menstimulasi perkembangan indra-indra dan otaknya. Mainan pun tak perlu mahal.

Mainan sederhana dari barang-barang di sekitar Anda atau kegiatan sehari-hari dapat menjadi mainan yang tepat. Moms bisa berikan Si Kecil beras dan biji-bijian untuk mendorong rangsangan sensori indra perabanya.

Selain itu, jangan lupa untuk memijat atau memeluk Si Kecil, Moms. Pasalnya, selain sebagai bonding, sentuhan skin-to-skin merupakan stimulasi sensori yang penting dalam pertumbuhannya. Sebuah studi pada tahun 2010 yang dimuat di jurnal Pediatr Child Health menyatakan bahwa bayi yang mendapat stimulasi taktil atau sentuhan 20 menit setiap hari selama 10 minggu memiliki skor penilaian pertumbuhan yang lebih tinggi, dibandingkan dengan yang tidak.

Joyful Bonding Moment

Zwitsal mengerti bahwa bonding moment dengan Si Kecil selama 1000 hari pertama sangatlah penting. Maka, ada berbagai produk Zwitsal yang bisa Moms dan Dads gunakan untuk sarana bonding dengan Si Kecil.

Di momen pandemi seperti ini tentu Moms ingin menjaga kebersihan dan kesehatan Si Kecil dengan optimal. Untuk itu, Moms bisa sempurnakan momen bonding saat memandikan Si Kecil dengan Zwitsal Antibacterial Hair & Body Baby Bath. Mampu melawan hingga 99,9% kuman dan lembut bagi kulitnya, produk ini bisa menjadikan momen mandi Si Kecil semakin bermakna dan menyenangkan.


Moms juga bisa menciptakan momen berkualitas sekaligus penuh stimulasi sensori yang dibutuhkan Si Kecil dengan memijat Si Kecil menggunakan Zwitsal Minyak Telon Plus. Tidak hanya itu, produk ini juga bisa menjaga Si Kecil tetap hangat dan nyaman dengan maksimal.

Jangan terlupa untuk menciptakan dan menjaga suasana yang nyaman dan menyenangkan ya, Moms. Hal ini bisa dimulai dengan mood yang bahagia. Nah, Zwitsal Body Mist bisa membantu Moms dan Dads rileks dan ceria dengan keharuman lembut bayi khas Zwitsal. Khusus untuk orang dewasa, pastinya Zwitsal Body Mist bisa membuat mood Moms dan Dads jadi makin happy!



Selain itu, Zwitsal juga menginisiasi “Zwitsal 1000 Hari”, yaitu suatu rangkaian acara yang akan membahas tuntas seputar pentingnya 1000 hari pertama Si Kecil, bersama para ahli dari Mother&Baby Indonesia, Rumah Dandelion, dan Hallo Bumil. Berbagai acara yang akan dilakukan antara lain IG Live, Kulwap, Playful Class, dan Virtual Soiree. Wah, seru ya! Pastinya Moms sudah tak sabar, kan? Nantikan informasinya lebih lanjut melalui akun Instagram @zwitsal_id, @motherbabyind, @rumah.dandelion, dan @hallobumil_id ya, Moms! (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik, Zwitsal)



Tags: bayi,   1000 hari pertama kehidupan,   zwitsal