Mother&Baby Indonesia
Pentingnya ASI Bernutrisi untuk Si Kecil

Pentingnya ASI Bernutrisi untuk Si Kecil

Mengapa ASI adalah makanan terbaik bagi bayi, terutama pada enam bulan pertama kehidupannya? Moms tentunya sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan ini. Ya, selain mengandung nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang Si Kecil, komposisi ASI atau air susu ibu juga lebih mudah dicerna oleh bayi.

Namun perlu diketahui, ibu menyusui bukan hanya perlu memastikan produksi ASI-nya lancar lho. Kualitas ASI juga perlu dijaga. Si Kecil memerlukan asupan ASI yang bernutrisi agar bisa optimal dalam menunjang tumbuh kembangnya. Ciri-ciri bayi Anda telah mendapatkan ASI bernutrisi, bisa dilihat antara lain dari:

1. Frekuensi Buang Air Kecil



Bayi yang mendapatkan ASI berkualitas akan buang air kecil setidaknya 6 kali dalam sehari sejak ia berusia 4 hari. Volume tiap kali bayi buang air kecil adalah sebanyak 45 mililiter atau sekitar 3 sendok makan penuh, dengan tampilan urine yang berwarna kuning jernih.

2. Kenaikan Berat Badan

Bayi yang mendapatkan ASI bernutrisi akan mengalami kenaikan berat badan. Secara umum, bayi usia 0-3 bulan akan mengalami kenaikan BB sebanyak 150-190 gram setiap minggu. Memasuki usia 4-6 bulan, kenaikan berat badan berkisar antara 90-120 gram setiap minggu.

3. Intensitas Buang Air Besar

Buang air besar juga dapat menggambarkan kualitas dan kecukupan ASI pada bayi. Biasanya, bayi yang mendapatkan ASI berkulitas dan bernutrisi akan buang air besar setiap hari dengan warna feses kuning serta cenderung cair. 

4. Bayi Tampak Kenyang

Bayi yang mendapatkan ASI yang bernutrisi biasanya akan tampak kenyang dan tertidur setelah sesi menyusui. Namun perlu diingat, terkadang bayi juga rewel atau sering menangis tapi bukan disebabkan karena ASI tidak berkualitas atau kurang. Bisa saja ia menangis karena hal lain, seperti popoknya penuh, merasa panas, kolik, atau sekadar ingin digendong. 



Bagaimana Cara Memproduksi ASI Bernutrisi?

Hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Moms hanya perlu mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan menjaga pola hidup sehat. Nah, masalahnya tidak mudah untuk mengukur apakah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu menyusui telah cukup atau belum.

Oleh sebab itu, Moms yang tengah menjalani proses menyusui memerlukan suplemen lengkap. Namun jangan asal pilih suplemen ya, Moms. Pastikan suplemen yang Anda konsumsi mengandung semua nutrisi yang diperlukan ibu dan Si Kecil, seperti Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold!



Di dalam Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold terkandung 17 nutrisi esensial, tinggi asam folat, zat besi, kalsium, omega-3/DHA, serta vitamin dan mineral lainnya. Sebagai catatan, zat besi yang terkandung dalam suplemen lengkap ini berasal dari besi fumarat sehingga tidak menimbulkan konstipasi. Sedangkan DHA-nya berasal dari odourless fish oil yang tidak menyebabkan mual. Oh ya, Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold terdiri dari tiga ukuran, yaitu yang berisi 60, 120, dan 180 kapsul.

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold merupakan suplemen lengkap yang disarankan untuk dikonsumsi sejak masa kehamilan. Selain untuk menunjang tumbuh kembang janin, Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold juga membantu persiapan Moms dalam menyusui sejak dini.

Jadi jangan lupa, konsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sejak masa kehamilan dan lanjutkan saat Moms menyusui agar dapat memberikan ASI bernutrisi bagi Si Kecil. ASI bernutrisi tentunya adalah asupan terbaik bagi tumbuh kembang buah hati Anda. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Blackmores)



Tags: bayi,   asi,   blackmores pregnancy & breast-feeding gold