Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Alasan dari Kebiasaan Aneh yang Dilakukan Bayi

Moms, Ini Alasan dari Kebiasaan Aneh yang Dilakukan Bayi

Kehadiran bayi di tengah keluarga tentu bisa membuat Anda tersenyum setiap saat. Apalagi, ketika ia sudah mulai bertingkah dengan kelucuan dan keanehannya. Tak sedikit dari tingkah laku bayi yang mampu memunculkan senyum dan tawa karena rasa gemas.

Dan beberapa hal mungkin akan membuat Moms heran hingga khawatir saat melihat Si Kecil melakukan kebiasaan aneh tersebut. Namun, ini bisa menjadi tanda bahwa ia melalui fase tumbuh kembang yang baik. Berikut sejumlah tingkah laku aneh bayi dan alasan Si Kecil melakukannya, Moms.

1. Semua Masuk ke Mulut

Bayi, terutama yang sudah mulai tertarik dengan makanan, akan memasukkan benda yang ia temukan ke dalam mulutnya. Hal ini dilakukannya untuk mencari informasi, baik dari tekstur, rasa, hingga bunyi yang dikeluarkan. Untuk itu, Moms perlu lebih ekstra, terutama saat Si Kecil mulai merangkak dan mengeksplorasi ruang di sekitarnya. Jaga agar ia tidak memasukkan benda atau makanan yang bisa melukai area mulut dan membuatnya tersedak, serta jaga kebersihan di area tersebut.



2. Terus Menjatuhkan Benda

Saat ada suatu benda di depannya, kemudian Si Kecil akan menjatuhkan atau melemparnya begitu saja, Moms mungkin akan langsung mengambilnya. Respons ini ternyata menarik Si Kecil untuk terus melakukan hal tersebut, guna terus mendapat perhatian dari Anda.

Agar kebiasaan ini tidak terjadi setiap saat dan berkepanjangan, Moms bisa diamkan benda yang jatuh tersebut sambil mengabaikannya. Setelah beberapa saat, ambil benda itu tanpa memberi reaksi berlebihan. Meski begitu, bayi akan mulai berhenti melakukan kebiasaan ini saat memasuki usia 15 bulan kok, Moms.

3. Makan Sampai Berlepotan

Masih berhubungan dengan makanan, Si Kecil mungkin bisa makan hingga noda makanan menutupi area mulut dan mengenai bajunya. Hal ini dilakukannya karena makan dianggap sebagai hiburan untuk Si Kecil, sambil ia merasakan tekstur makanan. Meski mengesalkan, sebenarnya perilaku ini baik untuk mengasah koordinasi serta kemandirian Si Kecil. Setidaknya, ada kabar baik bahwa bayi Anda sudah belajar makan sendiri, lho!




4. Suka Menyentuh dan Menendang

Perkembangan otot dan saraf bayi memang membuatnya jadi semakin aktif dari hari ke hari ya, Moms. Maka, ia akan jadi sulit untuk diam saat berbaring dan berganti pakaian, hingga suka menyentuh area tubuhnya termasuk organ genital. Gerakan ini tentu akan berkurang seiring bertambahnya umur Si Kecil, jadi Moms tidak perlu terlalu khawatir. Untuk lebih aman, coba gantikan pakaian anak di lantai atau alas datar dengan pelindung di samping tubuh Si Kecil.

5. Sering Menangis hingga Terkejut

Bayi yang belum mampu mengucapkan apa yang ia rasakan mungkin akan menyampaikannya melalui ekspresi. Saat ia takut atau panik ketika Anda tinggalkan sesaat, bayi akan menangis hingga wajahnya memerah.  Selain itu, Si Kecil juga mungkin sering tampak terkejut saat ia tenang atau tertidur. Hal ini terjadi karena adanya refleks moro atau mekanisme bertahan bawaan yang dirancang untuk melindungi bayi. Hal ini juga akan berkurang saat anak semakin besar.

6. Cegukan

Mungkin Moms beberapa kali atau sering melihat Si Kecil cegukan dan langsung mencoba untuk meredakannya. Perlu dipahami bahwa hal ini normal terjadi pada bayi karena beberapa alasan, seperti makan (menyusu) terlalu cepat, atau kontraksi dari diafragma yang disebabkan oleh iritasi atau stimulasi otot. Sebagai langkah awal, Anda bisa mengelus punggung bayi secara perlahan sambil menggendongnya. Namun, jika kondisi ini dan kebiasaan aneh lainnya terjadi dalam waktu lama pada Si Kecil, coba konsultasikan kepada dokter anak untuk mencari solusinya ya, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kebiasaan bayi,   tingkah laku bayi