Mother&Baby Indonesia
Ini Alasan Bayi Suka Menggigit Puting Payudara saat Menyusu

Ini Alasan Bayi Suka Menggigit Puting Payudara saat Menyusu

Moms, pernahkah Si Kecil menggigit puting payudara Anda saat ia menyusu? Atau hal ini justru kerap terjadi? Mendapat gigitan pada puting payudara saat menyusui Si Kecil sederhananya bisa terjadi karena Si Kecil merasakan perubahan kenyamanan saat ia menyusu, atau bisa pula disebabkan karena ia sedang tumbuh gigi. Ketika Si Kecil mulai tumbuh gigi, ia mungkin akan merasa tidak nyaman karena gusinya membengkak atau mengalami iritasi.

Ada pula yang beranggapan bahwa sebenarnya bayi tidak bermaksud untuk menggigit payudara ibunya saat menyusu untuk mengeluarkan ASI, melainkan mereka mengisapnya dengan meletakkan bibirnya pada puting ibu dan menyedotnya agar ASI bisa diminum oleh Si Kecil.

Selain beberapa alasan di atas, masih banyak hal lain yang mungkin mendasari mengapa Si Kecil gemar menggigit payudara Anda saat menyusu, di antaranya:



1. Perlekatan Menyusui yang Buruk

Ketika Si Kecil mulai tumbuh gigi, rahang bagian atas maupun bawahnya mulai mengubah bentuk mulutnya. Gigi bawahnya memberikan dampak lebih besar karena rahang bawah merupakan satu-satunya bagian yang bergerak pada mulutnya, dan akan menjadi jauh lebih sulit bagi Si Kecil untuk bermanuver jika Moms masih mempertahankan posisi menyusui yang sama seperti saat ia belum mulai tumbuh gigi.

2. Bayi Merasa Bosan atau Mengantuk

Meski jarang terjadi, rasa bosan atau pengaruh cuaca bisa menjadi alasan mengapa Si Kecil menggigit puting payudara Anda saat sedang menyusu. Bisa pula ia merasa lelah, sehingga fokusnya terganggu dan pikirannya goyah sehingga tak sengaja menggigit puting payudara Anda.

3. Sedang Rewel

Saat Si Kecil rewel, ia cenderung mengeluarkan tenaganya dengan cukup besar demi mendapatkan apa yang ia inginkan. Energinya yang cukup berlebih tersebut bisa membuatnya melakukan hal apa pun, termasuk menggigit puting payudara Anda saat menyusu baik secara disengaja maupun tidak.

4. Bayi Mengalami Infeksi Telinga atau Flu Berat

Kedua hal tersebut bisa menyebabkan Si Kecil merasa tidak benar-benar tahu apakah ia melakukan perlekatan atau latch on dengan benar atau tidak. Maka dari itu, bayi menggigit puting payudara Anda saat menyusui untuk memastikan ia memiliki perlekatan yang baik guna mendapatkan semua ASI yang ia butuhkan saat menyusu.



5. Si Kecil Sangat Lapar

Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa menjadi sangat rakus apalagi saat ia kelaparan. Sayangnya saat ia merasa sangat lapar, bayi tidak benar-benar memberikan isyarat bahwa ia menginginkan hal lebih, selain lewat tangisan yang keras ataupun gigitan pada puting payudara ibunya saat menyusu.

6. Mencari Perhatian Anda

Saat Si Kecil sedang menyusu tetapi Anda fokus pada hal atau orang lain, Si Kecil bisa saja merasa cemburu karena ia tidak dijadikan objek perhatian Anda. Karena alasan itulah mungkin ia menggigit puting payudara Anda saat menyusu demi mengalihkan perhatian Anda dan bisa melakukan kontak mata dengannya.

7. Menyenangkan bagi Si Kecil

Bila sebelumnya Anda bereaksi dengan berteriak, menjerit, atau menahan tawa saat Si Kecil menggigit puting payudara Anda, mungkin ia akan melakukannya lagi hanya karena ia senang dan ingin melihat reaksi Anda yang ia anggap lucu.

8. Si Kecil Mencoba Mengatasi Let Down Reflex

Terkadang saat ASI Anda berlebih dan mengalir deras atau disebut let down reflex, Si Kecil merasa mulutnya dibanjiri oleh ASI saat ia menyusu. Maka untuk mengatasinya, ia mencoba menggigit puting payudara Anda dengan harapan dapat menghentikan gelombang pasang ASI yang membuatnya kewalahan saat menyusu. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi menyusu