Mother&Baby Indonesia
Kapan Bayi Boleh Konsumsi Makanan dan Minuman Manis?

Kapan Bayi Boleh Konsumsi Makanan dan Minuman Manis?

Anak-anak hingga orang dewasa tentu menyukai makanan dan minuman dengan rasa manis. Mulai dari puding, permen, es krim, hingga minuman bersoda. Setelah memakannya, tubuh terasa lebih berenergi dan jadi makin semangat menjalani aktivitas.

Namun sebagai orang tua, Moms mungkin masih ragu dengan waktu yang pas untuk memberikan Si Kecil makanan manis tersebut. Sebab meski sudah bisa makan MPASI, menu yang disajikan tidak boleh sembarang, termasuk untuk urusan makanan manis.

Hal ini perlu diperhatikan karena sistem pencernaan bayi yang belum berkembang dengan sempurna bisa terganggu. Karenanya, Moms perlu mengetahui usia yang tepat untuk memberikan Si Kecil makanan atau minuman manis ini berikut ini.



1. Puding

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Stanford Children’s Health, puding bisa diberikan pada bayi yang berusia 8-10 bulan. Namun, pastikan bahwa puding yang akan diberikan menggunakan bahan-bahan yang diolah sendiri, misalnya dengan membuat puree dari buah-buahan segar.

Moms juga bisa menambahkan ASI atau susu formula untuk membuat puding memiliki tekstur yang lembut. Jangan berikan puding instan yang sudah dikemas dan dijual secara umum ya, Moms. Sebab, di dalamnya terkandung juga zat kimia hingga pengawet yang bisa berbahaya bila dikonsumsi bayi.

2. Permen

Permen dalam bentuk apa pun memiliki kalori yang cukup tinggi, karena dibuat dari bahan dasar gula, air, dan sirup fruktosa. Maka, American Heart Association (AHA) menyarankan agar bayi sebaiknya tidak diberikan permen hingga ia berusia di atas 2 tahun.



Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko gigi berlubang dan obesitas sedini mungkin. Permen sendiri tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan bayi. Rasanya yang sangat manis pun bisa mengubah perasa di lidahnya hingga ia jadi enggan untuk makan menu lain yang ia anggap berbeda dan menurutnya tidak enak.

3. Es Krim

Seperti diketahui, es krim mengandung susu dengan tambahan pengawet, pewarna makanan, gula tambahan, dan lemak. Bahan-bahan tersebut bisa menimbulkan masalah pada pencernaan hingga infeksi lain pada tubuh Si Kecil. Maka, Moms dianjurkan baru boleh memberikan es krim saat anak telah berusia 1 tahun.

4. Soda

Air soda merupakan salah satu minuman yang yang disebut juga air berkarbonasi. Minuman ini dibuat dengan menambahkan karbondioksida di bawah tekanan. Bayi berusia di bawah 2 tahun tentu tidak dibolehkan mengonsumsi minuman bersoda.

Anak yang dibiarkan minum minuman bersoda terus-terusan, lama-kelamaan bisa membuat Si Kecil berisiko obesitas. Tapi, Moms masih boleh membiarkan Si Kecil berkenalan dan mencicipi air bersoda, dengan tetap memastikan bahwa ia tidak meminumnya terlalu banyak hingga malah jadi ketagihan. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   makanan manis,   minuman manis,   mpasi