Mother&Baby Indonesia
Amankah Memberikan Anggur untuk MPASI Bayi Anda?

Amankah Memberikan Anggur untuk MPASI Bayi Anda?

Anggur memang buah berbentuk mungil, tapi rasanya sangat menyegarkan, dan terutama kaya manfaat serta tinggi nutrisi. Buah ini kerap dianggap sebagai buah para raja. Pada zaman Yunani Kuno, anggur yang rasanya manis memang sering dihidangkan untuk kaum bangsawan dan para raja.

Saat ini anggur bisa dibeli di mana saja, termasuk di supermarket maupun pasar. Kandungan nutrisi anggur cukup lengkap, mulai dari vitamin A, C, B1, B2, niacin, folat, magnesium, hingga zat besi. Karena alasan ini pula, anggur merupakan salah satu buah yang bisa Anda jadikan sebagai menu makanan pendamping ASI atau MPASI Si Kecil.

Manfaat Anggur untuk Anak

Untuk Si Kecil, anggur memiliki sederet manfaat, seperti:



1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang sering dialami bayi. Nah, anggur bisa membantu Moms untuk mengatasi masalah tersebut karena mengandung serat yang bisa melancarkan proses pergerakan makanan di dalam usus.

2. Melindungi anak dari infeksi pernapasan

Seperti dilansir situs Parenting, memberikan anggur sebagai menu MPASI bisa mengurangi risiko anak terkena penyakit saluran pernapasan seperti bronkitis dan asma.

3. Kaya antioksidan

Pada buah anggur terkandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan tersebut bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. 

4. Melindungi sistem saraf



Sistem saraf bayi dan balita berkembang dengan sangat pesat. Dalam jaringannya akan membentuk koneksi baru serta menciptakan neuron yang lebih banyak. Pada periode ini, perlindungan menyeluruh dibutuhkan agar kerusakan dapat dicegah dan guna menjaga fungsi otak. Dalam buah anggur terkandung unsur yang bisa melindungi otak dengan efektif.

5. Mendukung tumbuh kembang

Pada buah anggur terkandung vitamin C yang cukup tinggi, yang berperan penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Vitamin ini diperlukan untuk pertumbuhan jaringan tubuh anak pada masa pertumbuhannya. Selain itu, anggur juga kaya kalsium yang akan membantu menguatkan tulang Si Kecil.

Yang Perlu Diperhatikan saat Memberikan Anggur sebagai Menu MPASI

Moms tentunya bisa memberikan anggur dalam menu MPASI Si Kecil. Anggur pada dasarnya bukanlah buah yang berpotensi menimbulkan alergi. Akan tetapi, anggur bisa menyebabkan bayi tersedak karena bentuknya yang bulat dan memiliki kulit yang licin.

Anda bisa mulai memberikan anggur pada bayi setelah berusia 8 bulan. Sebaiknya Moms tidak menyodorkan anggur pada Si Kecil dalam bentuk utuh meski tangannya sudah bisa menggenggam dengan baik.

Sebagai perkenalan, Anda dapat mengolah anggur sebagai campuran puree. Seiring dengan bertambahnya kemampuan mengunyah Si Kecil, Anda bisa memberikan buah anggur sebagai camilan tapi dengan dipotong kecil dan dibersihkan bijinya terlebih dahulu.

Anda pun perlu memilih jenis anggur yang rasanya manis dan dalam kondisi baik (tidak lembek di beberapa bagian). Pastikan juga Anda telah mencuci buah anggur dengan bersih sebelum diberikan kepada Si Kecil ya, Moms. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anggur,   mpasi