Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Pemilihan Breast Pump Demi Sukses Meng-ASI-hi

Pentingnya Pemilihan Breast Pump Demi Sukses Meng-ASI-hi

Moms tentunya sudah mengetahui betapa pentingnya air susu ibu atau ASI bagi tumbuh kembang Si Kecil, terutama di enam bulan pertama kehidupannya. Selain kaya nutrisi, mulai dari vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak, komposisi ASI juga lebih mudah diserap oleh pencernaan bayi yang belum sempurna.

“Pertama, ASI itu lemaknya mudah dicerna. Lemak merupakan salah satu komponen yang penting bagi otak bayi. Proteinnya tidak memicu alergi, berbeda dengan susu sapi yang lebih banyak komponen kaseinnya yang sulit dicerna oleh usus bayi dan seringkali menimbulkan alergi,” jelas dr. I. G. A. N. Partiwi, Sp.A, MARS.

“Lalu di dalam ASI ada komponen karbohidrat yang bernama laktosa dan juga sangat penting bagi otak. Dan di dalam ASI juga terdapat banyak komponen antibodi yang menyempurnakan fungsi usus bayi yang memang belum sempurna,” lanjut wanita yang akrab disapa dr. Tiwi ini.



Cara utama untuk memberikan ASI kepada bayi tentunya dengan cara menyusui secara langsung. Tapi bagi Moms yang aktif atau bekerja di luar rumah, Anda tetap bisa meng-ASI-hi Si Kecil dengan memberikan air susu ibu yang sudah diperah atau ASIP. Kondisi ini mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri, mulai dari mengatur jadwal pumping atau memerah ASI, kondisi kantor yang mungkin kurang mendukung, hingga perlengkapan ekstra yang harus dibawa.

“Memang banyak tantangan yang dihadapi ibu bekerja dalam memberikan ASI bagi buah hatinya. Itulah alasan mengapa mereka sebaiknya sudah menyiapkan ASIP sekitar 1 bulan sebelum kembali bekerja. Namun harus diingat, proses menyusui harus baik terlebih dulu. Pastikan Si Kecil telah memiliki berat badan yang sesuai standar sebelum Moms mulai memerah ASI,” kata dr. Tiwi.

“Sebaiknya memerah ASI setiap 3 jam. Di sela 3 jam tersebut, Moms jangan lupa untuk menjaga asupan nutrisi dan cairannya. Gaya hidup sehat dan rajin berolahraga juga bisa membantu menjaga produksi ASI,” imbuhnya.

Pilih yang Ringkas

Nah, agar Moms yang aktif tidak perlu bersusah payah membawa banyak perlengkapan saat bepergian, Anda bisa memilih breast pump atau pompa ASI dengan bentuk ringkas dan ringan seperti GoMini Electric Breast Pump. Pompa ASI elektrik dari Pigeon ini memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak memenuhi tas Anda. Desainnya ringkas sehingga mudah digenggam dan dapat dioperasikan dengan hanya satu tangan.





Satu hal yang tak kalah penting, Moms tidak perlu panik ketika tiba waktunya untuk memompa ASI tapi tidak menemukan colokan listrik. Anda bisa pumping kapan saja dan di mana saja karena GoMini Eletric Breast Pump juga bisa menggunakan daya dari sumber listrik lain, misalnya power bank.

GoMini Electric Breast Pump memiliki isapan yang lembut. Pompa ASI ini memiliki 2 model pengisapan, yaitu Massage (1 level) dan Pemerahan (5 level). GoMini Eletric Breast Pump bisa digunakan bersama botol slim neck maupun wide neck.

GoMini Eletric Breast Pump sangat cocok digunakan oleh ibu yang aktif dan masih menyusui. Dengan memilih pompa ASI yang tepat, Moms bisa tetap aktif dan sukses memberikan ASI bagi bayi Anda. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Pigeon)



Tags: bayi,   ibu menyusui,   pigeon,   gomini electric breast pump,   breast pump,   pompa asi