Mother&Baby Indonesia
Serba-Serbi Akupunktur untuk Bayi yang Perlu Diketahui

Serba-Serbi Akupunktur untuk Bayi yang Perlu Diketahui

Saat Moms atau Dads merasa lelah dan capek dengan rutinitas, biasanya Anda akan memilih untuk mendapatkan pijatan relaksasi. Pilihan lainnya adalah akupunktur, yang juga bisa melancarkan aliran darah sekaligus menyeimbangkan energi dalam tubuh.

Ya, Anda pasti sudah sering mendengar apa saja manfaat akunpunktur bagi kesehatan tubuh. Praktik yang satu ini memang sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu dan memiliki banyak penggemar. 

Akupunktur sendiri ternyata juga bisa dilakukan pada bayi lho, Moms! Manfaat yang didapatkan pun sama, seperti untuk relaksasi, melancarkan aliran darah, serta energi tubuh lebih seimbang. Agar tepat saat membiarkan Si Kecil mendapatkan akupunktur, berikut yang perlu Anda perhatikan.




Perbaiki Jaringan Syaraf

Teknik akupunktur sendiri merupakan pengobatan tradisional dari China. Alat yang digunakan adalah jarum, yang tentunya berbeda dengan jarum suntik. Ukuran jarum akupunktur lebih kecil dan halus. Khusus untuk bayi dan batita, umumnya jarum berukuran 0,20 x 15 mm atau 0,25 x 25 mm, yang tentu lebih kecil ukurannya daripada jarum yang digunakan untuk orang dewasa.

Penanganan akupunktur bayi pun pastinya berbeda dengan akupunktur pada orang dewasa. Prosesnya juga lebih cepat dan harus lebih hati-hati. Pada bayi, cukup hanya 1 detik saja! Di mana kulit bagian tubuh Si Kecil ditusuk dengan jarum, diputar sedikit, lalu segera dicabut.




Bisa Tanpa Jarum

Akupunktur untuk bayi tidak melulu pakai jarum. Dengan kemajuan teknologi, metodenya dapat dilakukan dengan laser therapy. Metode ini tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali dan aman untuk Si Kecil. Sinar laser ini diarahkan pada titik-titik akupunktur pada bagian tubuh yang bermasalah.

Namun, akupunktur pada bayi tidak bisa dilakukan secara sembarang. Si Kecil tetap perlu diperiksa oleh dokter terlebih dahulu. Setelah itu, dokter akan menentukan banyak titik yang bisa ditusukkan jarum, tergantung apakah ia hanya butuh lebih relaks atau terdapat suatu penyakit.

Perlu Anda ketahui, untuk satu seri terapi tusuk jarum adalah sebanyak 12 kali dengan jadwal seminggu dua kali. Jadi, Moms boleh memberikan akupunktur untuk bayi Anda. Tetapi, pastikan bayi mendapatkan akupunktur dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   akupunktur,   kesehatan








Cover Maret 2020