Mother&Baby Indonesia
Lidah Bayi Putih? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lidah Bayi Putih? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Moms mungkin pernah melihat Si Kecil sedang menguap atau membuka mulutnya setelah menyusu. Dan jika diperhatikan, tampak adanya lapisan putih di lidah bayi yang tidak biasa. Kondisi ini sebenarnya wajar terjadi, namun bisa menjadi gejala anak Anda terpapar jamur di area mulutnya. Untuk itu, Anda harus bisa membedakan kondisi yang ia alami dan waktu yang tepat untuk memeriksakannya ke dokter.


Penyebab Lidah Putih

Kemunculan lapisan putih pada lidah bayi umumnya terjadi setelah menyusu. Hal ini sangat wajar, terutama pada bayi baru lahir dan bukan sesuatu yang berbahaya. Lidah putih bisa membuat Si Kecil merasa tidak nyaman, hingga tidak nafsu makan (menyusu) serta lebih rewel. Kondisi tersebut juga akan menghilang dengan sendirinya.



Namun, bayi mengalami lidah putih bisa juga dikarenakan adanya jamur Candida albicans di area mulutnya. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuhnya masih belum berkembang sempurna, sehingga membuat tubuh belum dapat melawan infeksi akibat adanya jamur tersebut.

Jamur ini bisa muncul di peralatan bayi yang kurang steril (dot atau teether). Selain itu, apabila Moms sedang mengonsumsi antibiotik, maka hal ini juga bisa menjadi faktor terjadinya infeksi tersebut. Ini dikarenakan antibiotik tak hanya mematikan bakteri jahat, tapi juga bakteri baik.

Ketika Anda mengonsumsi antibiotik, maka tubuh juga akan terpengaruh dengan mengurangi kadar bakteri. Hal ini pun berefek pada bayi ketika menyusu, di mana bakteri baik khususnya di area mulut juga ikut mati dan membuat daya tahan tubuhnya menurun, sehingga lebih mudah terinfeksi.

Kondisi yang juga dikenal dengan oral thrush ini tidak berbahaya dan mudah diobati. Biasanya, akan muncul bercak putih yang terlihat di bagian lain dari mulutnya. Lapisan ini mungkin tampak seperti dadih yang sulit untuk dibersihkan.

Perasaan tidak nyaman saat menyusu pun bisa timbul, hingga membuat bayi berhenti dan melepas isapan dari payudara Anda karena merasa sakit akibat kondisi ini. Maka, tak jarang ia akan menjadi lebih rewel dan nafsu makannya juga berkurang.




Cara Mengatasinya


Pencegahan terjadinya lidah putih pada bayi tentu bisa dilakukan sedini mungkin. Di antaranya adalah dengan mensterilkan dot, botol, serta perlengkapan menyusu lainnya. Kemudian, pastikan juga bahwa mainan, juga teether yang biasa dipakai Si Kecil harus steril dan bebas dari kuman atau bakteri apa pun.

Selain itu, rawat juga area payudara Moms, terutama selama masa menyusui. Sebab, jika tidak dirawat dengan baik dan tepat bisa menimbulkan jamur yang nantinya menyerang bayi tanpa disadari. Pastikan juga untuk membersihkan lidah serta mulutnya setelah menyusu dengan menggunakan kasa atau lap bersih.

Namun, apabila infeksi berlangsung dan semakin parah, maka Anda perlu membawa Si Kecil ke dokter. Nantinya, ia akan diberikan dua obat sebagai anti-jamur, yang perlu dioles serta diteteskan ke area lidah dan mulut bayi untuk mengobati kondisi tersebut. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kesehatan,   lidah putih,   oral thrush








Cover Maret 2020