Mother&Baby Indonesia
5 Tips Memilih Pakaian Bayi untuk Musim Hujan

5 Tips Memilih Pakaian Bayi untuk Musim Hujan

Awas! Di musim hujan seperti sekarang, daya tahan tubuh bayi biasanya melemah. Kalau begini, Si Kecil jadi bisa mudah sakit nih, Moms. Maka, sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh Si Kecil tetap prima, mulai dari memberikan asupan bernutrisi, sampai memberikan pakaian yang tepat agar tubuh bayi tetap hangat di musim hujan seperti saat ini.

Nah, Moms mau tahu pakaian dan bahan seperti apa yang cocok untuk bayi di musim hujan seperti ini? Ikuti tips-tips di bawah ini, yuk!




1. Ekstra Satu Lapis

Jika Anda mengenakan satu lapis pakaian, maka di cuaca dingin Anda bisa memberikan Si Kecil satu lapis pakaian tambahan, seperti sweater, cardigan, atau kaus lengan panjang.


2. Lebih Baik Berlapis-lapis

Daripada mengenakan satu pakaian super tebal, lebih baik Anda memberikan pakaian berlapis-lapis untuk Si Kecil di musim hujan seperti saat ini. Tujuannya? Agar jika Si Kecil tiba-tiba gerah atau kedinginan, Anda bisa mengurangi atau menambah pakaian hingga suhu tubuh bayi kembali nyaman (tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas). Jadi kalau kurang hangat, tambahkan baju hangat, kalau mulai gerah, kurangi satu lapis pakaian.




3. Gunakan Penutup Kepala

Saat Anda harus mengajak Si Kecil keluar rumah di cuaca dingin atau bahkan hujan, pastikan Si Kecil tetap hangat dengan memberikan penutup kepala, seperti topi atau ponco dari jaketnya. Pastikan juga penutup kepala tersebut menutup telinga Si Kecil, karena kebanyakan panas tubuh keluar lewat kepala.

Jika cuaca semakin dingin, atau Anda sekeluarga pergi berlibur ke tempat bersalju misalnya, pastikan anak tidak hanya memakai penutup kepala, tetapi juga kaus kaki, sepatu, dan sarung tangan ya, Moms.


4. Jangan Dibedong Terlalu Tebal

Menjaga bayi tetap hangat memang penting, namun menjaganya tidak kepanasan juga penting lho, Moms! Anda tidak perlu membedong atau memberinya selimut terlalu tebal dan berlapis-lapis, karena ini justru membuat bayi akan merasa tidak nyaman.


5. Pilih Bahan Katun

Pemilihan pakaian berbahan dasar katun sepertinya selalu yang paling tepat untuk anak di segala musim. Bahan ini tidak hanya halus dan mudah menyerap keringat, tetapi juga nyaman karena tidak membuat anak kegerahan ataupun kedinginan. Pastikan juga pakaian anak selalu kering dan tidak lembap ya, Moms. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   bayi,   pakaian bayi,   musim hujan








Cover Maret 2020