Mother&Baby Indonesia
Manfaat Kompres Pilis yang Dipakai Paula Verhoeven

Manfaat Kompres Pilis yang Dipakai Paula Verhoeven

Bagi Moms yang suka mengikuti berita-berita terbaru para selebriti, pasti sudah tahu ya, berita bahagia dari pasangan Paula Verhoeven dan Baim Wong. Ya, pasangan ini baru saja dikaruniai dengan lahirnya seorang bayi ganteng bernama Kiano Tiger Wong.

Bayi mungil yang sering disebut BaPau Junior oleh ibunya ini sontak langsung memiliki banyak penggemar, ini terbukti dari akun Instagram resmi @kianotigerwong yang langsung memiliki 347ribuan followers, padahal akun ini baru dibuat beberapa minggu lho, Moms.

Begitu banyak foto lucu Kiano yang diunggah Baim dan Paula, namun dari sekian banyak foto, ada satu foto Paula yang paling mencuri perhatian netizen. Itu adalah foto Paula saat mengenakan kompres hitam di keningnya. Netizen pun langsung penasaran, kompres apa sih yang dipakai Paula? Apa fungsinya? Apakah aman digunakan saat menyusui? Nah, kalau Moms penasaran dengan kompres yang dipakai, cari tahu infonya di bawah ini, yuk!




Kompres Pilis

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami ibu yang baru melahirkan adalah pusing dan pandangan kabur atau seperti berkunang-kunang. Nah, salah satu solusinya adalah menggunakan kompres pilis, seperti yang terlihat digunakan oleh beberapa celebrity-Moms, sebut saja Paula Verhoeven, Vicky Shu, dan Sarwendah.

Pilis adalah ramuan bahan-bahan alami yang terdiri dari kencur, kunyit, mint, kenanga, dan ganthi. Aromanya sangat kuat dengan rempah tradisional, dan bagi beberapa Moms aroma ini dirasa sangat menenangkan.

Moms bisa membeli bahan-bahan dasar pilis dan menumbuknya sendiri, atau bisa juga menggunakan cara praktis dengan membeli bubuk pilis yang kini sudah banyak dijual di pasaran. Beberapa toko atau toko online juga ada yang menjual pilis dalam bentuk kapsul, sehingga cukup dituang isinya, campurkan air hangat, aduk, dan bisa langsung dioleskan ke kening.



Cara pakai pilis tradisional juga mudah, Moms. Setelah semua bahan ditumbuk halus, dibungkus kain tipis, Moms bisa menempelkannya ke kening seperti kompres penurun demam. Namun jika Moms memilih pilis bubuk, maka bisa tinggal dioleskan saja ke kening, kemudian biarkan selama beberapa jam atau hingga mengering. Berapa lama sih, pilis ini digunakan? Umumnya ibu yang baru melahirkan menggunakan pilis selama 40 hari setelah bersalin.


Manfaat Pilis

Selain aromanya yang menenangkan, pilis juga diyakini bisa membantu meredakan pusing atau pening yang sering dialami ibu baru melahirkan, terutama di beberapa minggu pertama. Sensasi dingin pilis juga memberikan rasa tenang dan membuat Moms bisa berpikir dengan segar. Pilis juga efektif melancarkan peredaran darah, sehingga tubuh ibu pun terasa lebih bugar dan bertenaga. 

Ramuan pilis ini juga bisa menjaga kesehatan mata dan mencegah darah putih naik ke kepala lho, Moms. Nah, bagi Moms yang baru melahirkan dan ingin tubuhnya lebih cepat pulih dengan cara alami, tertarik menggunakan kompres pilis? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu melahirkan,   persalinan,   pilis,   kompres pilis








Cover Januari - Februari 2020