Mother&Baby Indonesia
Suami Suka Curhat Masalah Pernikahan Di Media Sosial

Suami Suka Curhat Masalah Pernikahan Di Media Sosial

T: Suami suka ‘curhat’ masalah pernikahan kami dengan menulis status di media sosial. Bagaimana cara tepat menghadapinya?

J: Komunikasikan secara baik dengan suami, sampaikan bahwa yang ia lakukan membuat Anda tidak nyaman. Utarakan secara jelas, apa yang membuat tidak nyaman dan apa yang dikhawatirkan. Jika suami merasa yang ia lakukan baik-baik saja, ya sampaikan saja bahwa tidak demikian dengan Anda.

Dalam menjalani rumah tangga, suami dan istri harus berperan sebagai satu tim. Dua individu yang bekerja sama menjalani rumah tangga ke arah dan tujuan yang sama. Artinya, suami dan istri harus berada di pihak yang sama dan saling mendukung.



Hal ini dapat memperkuat ikatan rumah tangga Anda berdua, sehingga tercipta ‘kekuatan’ untuk menghadapi hal-hal di luar rumah tangga. Dengan begitu, masing-masing bisa melihat bahwa kelebihan pasangannya adalah kelebihan dirinya, dan kekurangan pasangan adalah kekurangan dirinya juga.

Artinya, jika suami atau istri membuka kekurangan pasangannya kepada orang lain, sama saja dengan membuka kekurangan dirinya sendiri. Begitu juga sebaliknya. Jika ia membuka kekurangan dirinya sendiri, apalagi sampai memunculkan penilaian negatif orang lain terhadap dirinya, berarti ia juga memberikan penilaian negatif terhadap pasangan.



Coba berikan pemahaman ini kepada suami, bahwa sebaiknya apa yang terjadi di dalam rumah tangga, tidak untuk diumbar keluar. Hal ini semata-mata untuk kebaikan keluarga sendiri kok, Moms.

Dijawab oleh Dessy Ilsanty, M.Psi, Psikolog. (M&B/TW/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   pernikahan,   suami istri,   media sosial