Mother&Baby Indonesia
Benarkah ILA Meringankan Sakit saat Persalinan Normal?

Benarkah ILA Meringankan Sakit saat Persalinan Normal?

T: Benarkah metode ILA (Intrathecal Labour Analgesia) bisa meringankan rasa sakit saat ingin melahirkan secara normal? Adakah efek sampingnya?

J: Banyak yang mengatakan bahwa melahirkan secara normal terasa sakit. Namun, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kedokteran, sudah ada banyak cara untuk mengatasi nyeri tersebut. Beberapa yang paling populer dan banyak digunakan adalah suntikan ILA.

Sebetulnya, sakit atau tidak itu tergantung pada kondisi psikologis Anda. Jika mental Anda sudah disiapkan untuk bersalin normal dan enjoy saat bersalin, nyerinya tidak akan begitu terasa.



Teknik ILA menjadi salah satu alternatif bagi ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal pervaginam, tapi ingin meminimalkan rasa nyeri kontraksi dan pembukaan. Teknik ini bisa dilakukan kepada bumil yang tidak ada kontra indikasi persalinan pervaginam.

Namun, terkadang bumil yang melakukan teknik ILA akan terganggu kontraksinya sehingga pembukaan mulut rahim sedikit melamban. Selain itu, pada saat pembukaan sudah lengkap, bumil yang menggunakan teknik ILA akan kesulitan untuk mengetahui seberapa kuat ia harus mengejan karena sensitivitasnya berkurang.



Jika kondisi ini terjadi, tak jarang dokter akan menggabungkan teknik ILA dengan induksi agar kontraksi tetap baik. Vakum ekstraksi juga akan dilakukan saat pembukaan sudah lengkap jika kepala bayi tidak kunjung lahir akibat bumil yang tidak mengejan secara optimal.

Dijawab oleh dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, M.Kes., dari MRCCC Siloam Hospital, Semanggi, Jakarta.

(M&B/Vonda Nabilla/ND/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   persalinan,   ibu melahirkan,   persalinan normal,   metode ila










Cover Mei-Juni-Juli 2020