Mother&Baby Indonesia
Hipersalivasi, Meningkatnya Air Liur saat Kehamilan

Hipersalivasi, Meningkatnya Air Liur saat Kehamilan

Banyak perubahan yang dialami oleh seorang wanita sejak ia dinyatakan positif hamil. Selain perubahan bentuk tubuh dan hormon, Anda juga akan mengalami sejumlah masalah yang akan membuat Anda merasa kurang nyaman. salah satunya adalah Anda jadi sering meludah dan mengiler saat tidur. Ini terjadi karena adanya peningkatan produksi air liur di mulut Anda. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Menurut dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, M.Kes., dari MRCCC Siloam Hospital, Semanggi, Jakarta, bumil memang sering merasa bahwa produksi air liurnya meningkat selama masa kehamilan. Kondisi ini disebut dengan pryalism atau sialorhea. Hal ini umumnya terjadi dan bisa dialami pada bumil yang menderita morning sickness parah atau hyperemesis gravidarum. Mual dapat memicu produksi air liur berlebih, sebab air liur yang tertelan dapat menetralisir asam lambung.

Selain itu, kondisi yang dikenal juga dengan hipersalivasi ini sering dikaitkan dengan rasa panas di dada. Hal tersebut dikarenakan kadar asam lambung yang meningkat dan kerap dialami ibu hamil yang menimbulkan sensasi terbakar hingga ke dada.



Ada beberapa penyebab hipersalivasi yang dialami bumil. Hal pertama tentunya karena terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan. Kemudian, refluks asam lambung yang dijelaskan sebelumnya, serta kemungkinan adanya infeksi atau radang pada gigi, gusi dan mulut.




Guna mengatasi hal ini, Moms disarankan untuk mengonsumsi biskuit atau permen agar menelan lebih sering. Jika meningkatnya produksi air liur membuat Anda sering meludah, maka perbanyaklah asupan cairan, juga jaga kesehatan gigi dan mulut dengan berkumur atau menyikat gigi lebih sering.

Tak hanya itu, mengisap jeruk nipis atau mengunyah buah yang krispi juga bisa membantu mengurangi kelebihan air liur. Tetapi apabila sudah sangat tidak nyaman, Anda bisa mengeluarkannya dengan menggunakan waslap atau menyiapkan wadah kecil khusus. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   air liur,   hipersalivasi










Cover April 2020