Mother&Baby Indonesia
5 Tips Mengatasi Varises saat Kehamilan Trimester Kedua

5 Tips Mengatasi Varises saat Kehamilan Trimester Kedua

Ketika masa kehamilan, tentu akan banyak masalah yang dialami ibu hamil, baik masalah yang berhubungan dengan psikis atau mental hingga fisik. Salah satunya adalah timbulnya varises selama masa kehamilan. Varises memang selalu muncul selama masa kehamilan, terutama saat masuk trimester kedua. Perubahan bentuk tubuh pada ibu hamil akan menyebabkan pembengkakan dan juga pelebaran pembuluh darah vena pada bagian kaki akibat dari penumpukan darah. Pembuluh vena akan terlihat keluar di bagian kaki, dan biasanya memiliki warna biru atau ungu.

Memang, varises ini tidak menimbulkan rasa sakit. Namun Moms pasti tidak akan menyukai hal ini karena ini akan mengganggu dari sisi penampilan. Selain kehamilan, ada faktor lain seperti obesitas, orang yang mengandalkan tenaga untuk bekerja hingga faktor keturunan yang menjadi penyebab munculnya varises. Jika Moms tidak ingin mengalami varises saat hamil trimester kedua, berikut ini tips ampuh dan sederhana dari M&B sebagai tindakan pencegahan. 




1. Gunakan stocking antivarises

Untuk menyamarkan varises, Moms bisa menggunakan stocking antivarises. Meskipun demikian, sebagian ibu hamil mungkin akan merasa tidak nyaman ketika menggunakan stocking ini karena biasanya akan menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal.

Meski ada efek sampingnya, jenis stocking ini ternyata bisa diandalkan untuk membantu mencegah terjadinya varises pada bagian kaki. Kenapa demikian? Cara kerja dari stocking ini akan memberi tekanan ke pembuluh di bagian kaki supaya mencegah terjadinya pelebaran pembuluh arah.

Jadi Moms, untuk penggunaannya Moms bisa cari informasi lebih detail dan lengkap. Jika masih ragu, bisa konsultasi ke dokter agar lebih yakin. 

Baca juga: Tips Tangani Varises saat Masa Kehamilan


2. Coba perbaiki posisi duduk

Tips pencegahan ini diperuntukkan bagi ibu hamil yang bekerja. Pastikan Moms mengukur tinggi kursi untuk menyesuaikan dengan tinggi kaki. Tujuannya adalah guna menghindari kaki menggantung selama Moms beraktivitas di kantor.

Duduk dengan kaki yang menggantung akan membuat darah bertumpuk di bagian kaki. Jika Moms beraktivitas dengan posisi duduk di lantai, maka pastikan kaki bisa dengan mudah diluruskan. Siapkan penyangga untuk membuat kaki nyaman dan tidak cepat merasa kram. 

Baca juga: Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Duduk Terlalu Lama




3. Stop gunakan high heels saat hamil

Faktor ini yang mempercepat terjadinya varises, Moms. Bukan hanya ibu hamil, wanita yang selalu menggunakan high heels akan berisiko varises karena kerap menggunakan jenis sepatu hak tinggi tersebut. Selain varises, penggunaan high heels setiap hari akan membuat kaki Moms cepat lelah dan pegal. Ingat Moms, Anda tidak harus melulu menggunakan high heels untuk mempercantikan penampilan. Banyak tips dan trik dalam mempercantik penampilan untuk ibu hamil tanpa harus menggunakan high heels.


4. Hindari pijat jika terjadi varises

Banyak yang salah paham, jika memijat bagian tubuh khususnya bagian kaki akan mengobati varises. Sebaliknya, menekan atau bahkan memijatnya justru bisa memperparah pembuluh vena. Akibatnya bisa fatal, mulai dari tambah melebar atau justru akan menjadi pecah.

Jika Moms datang dan berkonsultasi dengan dokter, maka tindakan yang diambil adalah melakukan operasi penutupan pembuluh vena. 

Baca juga: Sakit, Lelah dan Pegal, Bolehkah Pijat saat Hamil?


5. Tetap olahraga untuk membantu cegah varises saat hamil

Untuk pecegahan varises sedini mungkin, sebaiknya Moms melakukan olaraga secara rutin sejak awal masa kehamilan. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah yoga atau senam kehamilan guna membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih lentur. Meskipun perubahan akan pasti terjadi selama kehamilan, dengan rutin berolahraga perubahan tersebut akan berjalan dengan alami, termasuk perubahan berat badan yang menjadi faktor penyebab terjadinya varises saat hamil. So, jaga berat badan Moms supaya tidak terjadi obesitas selama hamil.

Nah Moms, itulah 5 tips sederhana yang bisa diupayakan untuk mencegah varises saat kehamilan trimester kedua. (Hafif Rahman/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   varises,   varises saat hamil,   gangguan kehamilan








Cover Maret 2020