Mother&Baby Indonesia
Ibu Hamil Konsumsi Nanas, Amankah untuk Kandungan?

Ibu Hamil Konsumsi Nanas, Amankah untuk Kandungan?

Saat hamil, Moms sebaiknya memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Memilih pola makan yang sehat tentunya akan memberikan banyak manfaat untuk Anda dan janin dalam kandungan. Nah, salah satu pola makan sehat yang bisa dilakukan oleh Anda, calon Moms, adalah dengan mengonsumsi buah.

Buah memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi penting, seperti vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan tumbuh kembang janin. Bumil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah antara 2-4 sajian per hari, dan setiap 1 sajian terdiri dari 1 buah berukuran sedang atau 1 mangkuk berisi buah potong.

Meskipun demikian, Moms mungkin sering mendengar berbagai nasihat dan pantangan dari orang-orang mengenai makan buah bagi bumil. Konon, tidak semua buah boleh dikonsumsi selama masa kehamilan Anda, salah satunya adalah nanas.



Memang, selama ini banyak yang mempercayai jika nanas adalah buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Faktanya, hingga kini, belum ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa nanas berbahaya untuk ibu hamil.

Nanas mengandung enzim bernama bromelain yang jika Anda konsumsi dalam jumlah banyak bisa melunakkan serviks dan meningkatkan risiko kontraksi dini pada kehamilan Anda sehingga risiko keguguran menjadi tinggi. Namun, bromelain dalam satu sajian nanas kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan pada kehamilan Anda.


Ini Manfaat Nanas untuk Ibu Hamil

Nanas mengandung vitamin C, B6, asam folat, zat besi, magnesium, dan berbagai nutrisi lain yang bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Ada banyak manfaat yang bisa Moms peroleh dengan mengonsumsi nanas, lho.

Buah nanas mempunyai kandungan serat dan vitamin C yang sangat tinggi. Serat tentunya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan pencernaan dan membantu mengatasi masalah konstipasi yang sering jadi gangguan umum buat bumil. Adapun vitamin C berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh, sehingga Anda tidak akan mudah sakit.  

Kandungan vitamin B6 yang ada dalam nanas juga bisa membantu mengurangi morning sickness lho, Moms. Selain itu, nanas juga bisa membantu mengatasi kecemasan yang sering dialami bumil, karena mengandung vitamin dan flavonoid yang dipercaya bersifat anxiolytic.




Yang Harus Diperhatikan saat Bumil Mengonsumsi Nanas

Walaupun demikian, hindari mengonsumsi nanas secara berlebihan, terutama pada ibu hamil yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Bagi bumil yang tidak tahan rasa asam, nanas bisa menimbulkan masalah pencernaan dan terkadang rasa mual. Hal ini dikarenakan kandungan asam dalam nanas bisa meningkatkan produksi asam lambung. Ada kemungkinan juga Anda mengalami reaksi alergi saat makan nanas, berupa gatal dan kemerahan pada kulit.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan di atas, nanas mengandung bromelain. Konsumsi buah ini dalam jumlah banyak dan berlebihan dikhawatirkan bisa berpengaruh melunakkan serviks dan meningkatkan risiko kontraksi dini pada kehamilan sehingga Anda rentan mengalami keguguran.

Oleh karena itu, jika Anda ingin makan nanas, usahakan tidak berlebihan. Lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengonsumsi buah satu ini ya, Moms.

Nah, agar dapat menikmati buah nanas dengan optimal, Moms perlu tahu cara memilih nanas yang baik. Ini yang sebaiknya diperhatikan untuk memilih buah nanas yang baik:

• Daunnya berwarna hijau gelap dan segar, menandakan nanas sudah matang.

• Sentuh buahnya, pastikan gemuk, kokoh, dan tidak lembek saat ditekan.

• Cium aroma nanas dari bagian bawahnya, bukan dari mahkota. Aromanya harus segar, harum, dan manis.

Ingat ya Moms, jika Anda ingin menikmati nanas saat hamil, pastikan untuk tidak mengonsumsinya banyak dan secara berlebihan! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   nutrisi ibu hamil,   nanas










Cover Mei-Juni-Juli 2020