Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Ibu Hamil Minum Kunyit Asam?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kunyit Asam?

Bagi para wanita Indonesia, minuman tradisional seperti jamu kunyit asam memang sangat digemari ya, Moms. Minuman dengan rasa asam dan segar ini memang dikenal banyak khasiatnya bagi perempuan, mulai dari mengusir bau kurang sedap di tubuh, hingga melancarkan menstruasi. Selain banyak manfaatnya bagi kesehatan, rasa dari jamu kunyit asam ini juga enak, apalagi jika disajikan dingin. Wah, pasti sangat sulit untuk menolaknya ya, Moms.

Namun bagaimana jika ibu hamil mau minum jamu kunyit asam? Bolehkah? Amankah untuk ibu dan janin? Untuk mengetahui jawabannya, baca infonya di bawah ini, Moms.




Memicu Kontraksi


Saat hamil, mengonsumsi makanan atau minuman yang asam memang sangat menggoda ya, Moms. Namun sebaiknya bumil tidak mengonsumsi jamu kunyit asam terlalu banyak terlebih dahulu, karena minuman yang satu ini dikhawatirkan bisa memicu kontraksi.

Kontraksi saat hamil memang wajar terjadi, terutama di trimester akhir atau menjelang waktu persalinan. Namun jika terjadi sebelum itu, dikhawatirkan kontraksi bisa memicu persalinan prematur atau bahkan keguguran. 




Manfaat Kunyit bagi Bumil

Kunyit memang jenis rempah yang tak hanya digunakan untuk bahan minuman, tetapi juga sering digunakan sebagai bumbu dasar berbagai masakan khas Indonesia. Sebut saja kari, opor, nasi kuning, ikan bakar, dan berbagai makanan lainnya.

Melansir Parents, seorang pakar nutrisi Lizzy Swick, MS, RDN, mengatakan kunyit bermanfaat untuk meredakan bengkak dan lebam pada wanita hamil. Kunyit juga bisa meredakan sakit punggung dan nyeri sendi lho, Moms.

“Kunyit juga baik untuk mencegah konstipasi dan melancarkan saluran cerna. Kunyit juga meningkatkan sistem imun tubuh, yang membantu bumil terhindar dari flu dan alergi saat hamil,” jelas dokter Lizzy pada Parents. Lebih lanjut, ia pun menjelaskan bahwa kunyit juga baik untuk menyeimbangkan kadar gula darah saat hamil.

Walau banyak manfaatnya, namun kandungan kurkumin dalam kunyit bisa menimbulkan berbagai masalah bagi bumil jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Beberapa masalah tersebut adalah persalinan prematur dan keguguran. Maka jika bumil mengalami pusing dan mual setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kunyit, sebaiknya jangan makan atau minum itu lagi ya, Moms. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   kunyit asam,   minuman ibu hamil








Cover Januari - Februari 2020